3 Pengertian Sumber Sejarah Menurut Para Ahli, Sifat, dan Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Sumber Sejarah Menurut Para Ahli

Sumber Sejarah pada hahikatnya menjadi bahasan yang paling menarik dalam ilmu sejarah maupun ilmu sosial lainnya. Dimana untuk seseorang yang mengambil kosentrasi dalam Ilmu Sejarah tentusaja memahami tentang apa yang dimaksud dengan sumber sejarah tersebut. Oleh karena alasan itulah maka dalam tulisan ini secara lengkap akan menguraikan terkait dengan materinya.

Sumber Sejarah

Sumber Sejarah secara umum dapat diartikan sebagai bagian catatan pada masa lampau yang bisa dijadikan bahan dalam arti literasi mengenai penelitian, pengetahuan, dan wawasan di jaman sekarang. Sumber sejarah dalam bentuk umumnya bisa berupa tulisan, harta benda, dan lain sebagainya.

Pengertian Sumber Sejarah Menurut Para Ahli

Adapun definisi sumber sejarah menurut para ahli, antara lain;

  1. Muh. Ali

Pengertian sumber sejarah adalah  segala yang bisa dijadikan sebagai bahan penelitian untuk menambah wawasan dan pengetahuan, baik dari zaman purba sampai sekarang.

  1. Muhammad Yamin

Menurut ahli ini lebih singkat mengenai pengertian sumber sejarah, yakni kumpulan benda-benda yang mengandung unsur sejarah dan dijadikan sebagai penelitian.

  1. Zidi Gozalba

Dalam pandangannya, sumber sejarah adalah suatu bentuk warisan lisan, visual, ataupun dalam bentuk tertulisan yang dibuat pada masa lampau.

Sifat Sumber Sejarah

Secara umum untuk sifat sumber sejarah terbagi menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut;

  1. Kedekatan sumber sejarah dengan peristiwa yang terjadi dalam dunia penelitian atau pengetahuan.
  2. Berdasar Wujudnya, merupakan sifat sumber sejarah yang berupada lisan, tulisan, beda, ataupun berupa rekaman.

Jenis Sumber Sejarah

Adapun macam bentuk sumber sejarah. Antara lain;

  1. Sumber Primer, yaitu suatu sumber sejarah yang berasal dar informasi dan diperoleh secara langsung dari pelaku atau saksi sejarah. Sehingga, sumber sejarah ini di dapatkan dari data di dapat dengan wawancara.
  2. Sumber Sekunder, yakni suatu sumber sejarah yang bersal dari informasi perantara (tidak langsung) akan tetapi sumber tersebut sangat erat hubungannya dengan peristiwa yang biasanya selalu di dapatkan dari sumber tertulis.
  3. Sumber Tersier, yakni uatu bentuk informasi yang di dapatkan dari penututan pihak yang ketiga atau bahkan bisa lebih.
  4. Sumber Sejarah Lisan, yakni Informasi di dapatkan langsung dari pelaku atau saksi (melalui wawancara)
  5. Sumber Sejarah Tertulis, yakni sumber sejarah yang tertulis, atau sezaman setempat tertulis sezaman tidak setempat, dan tertulis setempat tidak sezaman.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian sumber sejarah menurut para ahli. Semoga dengan adanya bahasan dari kami ini dapat memberikan wawasan dan juga pemahaman bagi segenap pembaca untuk menggali lebih dalam tentang “Ilmu Sejarah”.

5/5 - (1 vote)