5 Pengertian Pusat Sumber Belajar Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Diposting pada

Pusat Sumber Belajar Menurut Para Ahli

Pusat sumber belajar atau yang lebih dikenal dalam dunia pendidikan PSB pada dasarnya dilakukan karena memiliki misi dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran melalui pengembangan sistem yang intruksional.

Hal ini dilaksanakan dengan menyediakan berbagai macam pilihan untuk menyokong kegiatan pembelajaran sehingga mampu mendorong penggunakan cara belajar yang efektif dan baru sehingga mampu mencapai tujuan semua program pendidikan yang telah direncanakan lainnya.

Pusat Sumber Belajar

Pusat sumber belajar dapat diartikan sebagai lembaga yang menyediakan berbagai sumber belajar yang telah diorganisasikan kedalam sistem pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan pendidik dan yang dididik (murid). Dengan demikian sederhannya, Pusat Sumber Belajar (PSB) akan menjadi suatu sistem pendukung dalam proses pendidikan.

Pengertian Pusat Sumber Belajar Menurut Para Ahli

Adapun definisi pusat sumber belajar menurur para ahli, antara lain;

  1. F. Persifal dan H. Elington

Memberikan pengertian bahwa pusat sumber belajar adalah tempat atau bangunan yang dirancang khusus yang difungsikan sebagai menyimpan, merawat, mengembangkan, dan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang ada, baik dilakukan untuk kebutuhan belajar individual maupun kelompok

  1. Ricard N. Tuker

Memberikan pengertian bahwa PSB sebagai media center, yaitu suatu tempat yang banyak memberikan fasilitas pendidikan, pelatihan, dan pengenalan dalam upaya memaksimalkan pemberian layanan dalam penunjang pembelajaran.

  1. Merril dan Drop

Memberikan pengertian bahwa pusat sumber belajar adalah segala bentuk kegiatan yang terorganisir yang berhubungan dengan kurikulum pendidikan dan pengajaran pada suatu lembaga pendidikan.

  1. Peterson

Memberikan pengertian bahwa pusat sumber belajar adalah lembaga yang terdiri dari pengembangan sistem instruksional, perpustakaan, ruangan yang mampu memaksimlkan lembaga pendidikan.

  1. Bambang Warsita

Memberikan pengertian bahwa pusat sumber belajar adalah segala sesuatu yang terpusat pada peserta didik sehingga mampu mengembangkan kepribadiannya untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran pendidkan.

Fungsi Pusat Sumber Belajar

Fungsi pusat sumber belajar pada dasarnya memiliki 5 fungsi, yaitu;

  1. Fungsi Pengembangan Sistem Intruksional.
  2. Fungsi Pelayanan Media.
  3. Fungsi Produksi.
  4. Fungsi Administrasi.
  5. Fungsi Pelatihan.
Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat dikatakan bahwa pusat sumber belajar adalah segala sesuatu diluar kurikulum pendidikan akan tetapi dilakukan guna menunjang kurikulum pendidikan sehingga memperudah untuk mencapai tujuan pendidikan yang dilakukan tersebut.

Demikianlah untuk ulsan mengenai pengertian pusat sumber belajar menurut para ahli dan fungsi yang adanya pusat sumber belajar, semoga dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang mencari referensi mengenai pusat sumber belajar.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.