9 Tujuan Penelitian Eksplanasi dan Manfaatnya

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Penelitian Eksplanasi

Diakui ataupun tidak, adanya metode penggunaan dalam arti penelitian eksplanasi akan mampu untuk memberikan rincian lebih lanjut dari dasar penelitian yang telah ditetapkan pada tahap sebelumnya khususnya untuk mencari hubungan antar variabel penelitian.

Sehingga metodologi ini sendiri bisa dikatakan bahwa tujuan dan manfaat utama penelitian eksplanasi adalah untuk menjelaskan mengapa fenomena terjadi dan untuk memprediksi kejadian di masa depan.

Penelitian Eksplanasi

Penelitian eksplanasi yang juga dikenal dengan eksplanatif dalam Bahasa Inggris explanatory research ialah metode penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara dua variabel dengan lebih mengedepankan pada pengujian hipotesis penelitian terkait dengan relevannya ataupun tidak.

Tujuan Penelitian Eksplanasi

Adapun untuk tujuan menjalankan metode penelitian eksplanasi antara lain;

  1. Mengembangkan dan menemukan teori

Penelitian eksplanasi dilakukan guna menemukan sekaligus mengembangkan teori, sehingga hasil ataupun produk penelitiannya mampu dalam menjelaskan kenapa atau mengapa, khususnya korelasi antara variabel anteseden apa saja yang mempengaruhi terkait dengan gejala atau kenyataan sosial tertentu.

  1. Berusaha memahami topik penelitian lebih dalam

Metode pengumpulan data primer yang paling populer dalam penelitian dengan desain penelitian eksplanasi mampu untuk menjadikan seorang peneliti memiliki ide atau telah mengamati sesuatu dan berusaha untuk lebih memahaminya. Sehingga dibandingkan dengan penelitian deskriptif dan ekploratif riset ini dianggap lebih berat untuk dijalankan.

Manfaat Penelitian Eksplanasi

Fungsi utama dari desain penelitian eksplanasi, diantaranya:

  1. Mengkaji masalah secara lebih mendalam

Penelitian eksplanasi dapat membantu peneliti untuk mengkaji masalah secara lebih mendalam dan memahami fenomena secara efisien, sehingga dalam melaksanakan penelitian, perlu adanya penyesuaian terhadap temuan dan pengetahuan baru tentang pokok bahasan.

Meskipun tidak mungkin untuk mendapatkan suatu kesimpulan, tapi penelitian eksplanasi memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi variabel dengan lebih mendalam.

  1. Memungkinkan peneliti merancang teori pengujian suatu topik

Penelitian eksplanasi sejatinya sangatlah memungkinkan peneliti untuk menjadi akrab dengan topik yang akan diselidiki dan merancang teori untuk mengujinya. Alasannya karena kedalaman atas hasil penelitiannya memberikan penjelasan sekaligus solusi yang di tawarkan.

  1. Memungkinkan penggunaan sumber yang lebih fleksibel

Penelitian eksplanasi memiliki sifat yang fleksibel dalam penggunaan sumber data yang digunakan, mulai dari diskusi kelompok fokus, berbagai studi literatur, survei, penelitian lapangan, wawancara mendalam, dan masih banyak lagi.

  1. Memungkinan proses yang lebih fleksibel

Penelitian eksplanasi memiliki fleksibilitas juga dalam hal proses atau konfigurasinya, alasannya karena dapat dilakukan setelah penelitian eksplorasi atau tanpa perlu penelitian eksplorasi, serta sebelum atau setelah penelitian deskriptif.

  1. Memungkinkan dalam mencapai tingkat validitas internal yang lebih tinggi

Penelitian eksplanasi dapat memberikan kemungkinan bagi setiap peneliti untuk menciptakan tingkat validitas internal yang lebih tinggi karena adanya proses pemilihan mata pelajaran yang sistematis, logis, dan objektif dalam memandang suatu bentuk permasalahan.

Contoh Penelitian Eksplanasi

Adapun untuk contoh riset yang mempergunakan penelitian eksplanasi misalnya saja;

  1. Masalah Sosial

Topik penelitian yang bisa dijalankan dengan mengedepankan metode eksplanasi misalnya saja telaah tentang adanya faktor-faktor yang melatarbelakangi pelajar di Indonesia dalam menggunakan narkoba. Hal ini bisa mengangkat latar belakang permasalahan atas tingginya penggunaan narkoba, sekaligus disertai dengan data primer dan sekunder. Yang akhirnya, nantinya ditemukan solusi atas permasalahan tersebut bisa terjadi.

Nah, demikinalah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya tujuan dan manfaat dari penggunaan metode penelitian eksplanasi beserta contohnya. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian semuanya.

Rate this post