Unsur-Unsur Administrasi Publik Beserta Penjelasannya

Posted on

unsur unsur administrasi

Memahami dan mengkaji unsur-unsur yang terkandung dalam administrasi publik sangatlah penting bagi setiap mahasiswa atau akademisi yang sedang mengkaji disiplin ilmu administrasi publik. Alasan penting memahami unsur adminitrasi publik bagi seseorang karena ternyata unsur ini telah menjadi pedoman bagi disipilin ilmu administrasi publik. Adapun untuk unsur-unsur administrasi sejatinya ada 9 unsur, semuanya adalah kesatahuan yang tidak dapat dipisahkan. Unsur administrasi, khususnya dalam adminitrasi publik tersebut adalah sebagai berikut:

Administrasi

Adminitrasi dapat diberi pengertian sebagai kerjasama yang dilakukan oleh dua orang ataupun lebih untuk bersatu di dalam mencapai tujuan yang diinginkan, kerjasama ini tentusaja mempergunakan organisasi dan managemen yang baik agar apa yang diterima sesuai dengan planing yang direncanakan sebelumnya.

Unsur Administrasi

  1. Organisasi
  2. Managemen
  3. Komunikasi
  4. Kepegawaian
  5. Perbekalan
  6. Keuangan
  7. Ketatausahaan
  8. Komunikasi

Unsur-Unsur Administrasi Publik

Penjelasan mengenai berbagai unsur yang ada dalam adminitrasi tersebut, antara lainnya adalah sebagai berikut;

Organisasi

Organisasi alam unsur administrasi publik dapat diartikan sebagai rangkaian kegiatan yang menjadi kerangka bagi segenap masyarakat atau pemerintah untuk melakukan kegiatan dengan cara mengelompokkan pekerjaan. Sehingga dapat diartikan bahwasanya organisasi ini menjadi sistem kerjasama sekelompok secara formal untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan atau direncanakan sebelumnya.

Manajemen

Manajemen dalam unsur administrasi publik dapat diartikan sebagai upaya penataan dengan menggerakan orang atas dasar organisasi, sehingga dengan begitu seseorang akan tergerak dan dapat membagi tugsanya antara satu dengan yang lainnya. Selengkapnya, baca; 7 Prospek Kerja Manajemen

Komunikasi

Komunikasi dalam unsur administrasi publik dapat diartikan sebagai kegiatan penataan yang berupa penyampaian warta dari komunikator ke komunikan dalam kerjasama sehingga mencapai tujuan tertentu yang dihasilkan dalam bentuk kerjasamanya tersebut.

Kepegawaian

Kepegawaian dalam unsur administrasi publik dapat diartikan sebagai bentuk kegiatan penataan berupa penghimpunan, pencatatan, pengolahan, penggandaan, pengiriman, penyimpanan, pemeliharaan, penyusutan, dan pemusnahaan informasi antara satu dengan yang lainnya.

Perbekalan

Perbekalan dalam unsur administrasi publik dapat diartikan sebagai aktifitas untuk menyangkut pautkan terhdap peralatan, sehingga pembekalan akan menjadi suatu usaha karja sama antara organisasi yang berupa proses pengadaan, penyimpanan, sampai kepada penyingkiran barang-barang yang sudah tidak dipergunakan lagi.

Keuangan

Keungan dalam unsur administrasi publik dapat diartikan sebagai upaya mengatasi masalah pembiayaan yang berkenaan dengan bentuk penataan dan pengelolaan dari segi-segi pembiayaan baik dalam perkantoran ataupun di dalam perusahaan.

Ketatausahaan

Ketatusahaan dalam unsur administrasi publik dapat diartikan sebagai kegiatan pelayanan terhadap penyelenggaraan usaha kerjasama, yang meliputi kegiatan pencatatan keluar masuknya barang, pengiriman dan penyimpanan bahan keterangan.

Hubungan Masyarakat

Hubungan masyrakat dalam dalam unsur administrasi publik dapat diartikan sebagai “public relation“. Dimana public relation menjadi kegiatan usaha kerja sama untuk menciptakan hubungan baik dengan masyarakat secara suka rela menerima segala keputusan yang ada. Selengkapnya, baca; Pola Hubungan Antar Kelompok Sosial Manurut Para Ahli dan Penjelasannya

Demikilah pembahasan tentang unsur-unsur administrasi publik atau adminitrasi negara berdasarkan berbagai literatur yang ada. Semoga dengan adanya penjelasan secara lengkap ini dapat memberikan pengertian administrasi publik atau menawah wawasan bagi seseorang yang sedang atau akan mengkaji tentang disiplin ilmu admnistrasi publik.

 

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *