4 Perkara Yang Membatalkan Wudhu Beserta Penjelasannya Menurut Kitab

Diposting pada

Yang Membatalkan Wudhu– Pengatahuan mengenai perkara-perkara yang membatalkan wudhu sudah seharusnya diketahui oleh setiap umat manusia, khusunya mereka yang beragama Islam. Alasan hal ini penting untuk diketahui karena wudhu menjadi syarat sholat kita dikterima atau tidak.

Baca: Rukun Wudhu Beserta Penjelasannya Menurut Kitab

Oleh karena itulah, pada artikel ini indonesiastudents.com akan mengulas serta membahas tentang perkara yang mematalkan wudhu, perkara-perkara tersebut jumlahnya ada 4, sebagimana diterangkan dalam Kitab Sulamut Taufiq. Berikut perkara-perkara yang membatalkan wudhunya seseorang muslim.

Yang Membatalkan Wudhu


4 hal yang dinilai membatalkan wudhu antara lain sebagai berikut;


  1. Segala sesuatu yang keluar dari salah satu lubang, lubang depan atau belakang selain air mani. Meskipun yang keluar dari dua lubang itu jarang terjadi, misalnya adalah cacing, biji-bijian, atau yang lainnya. Perkara tersebut dapat membatalkan wudhu.

  2. Menyentuh (menjamah) kubul (kelamin) manusia dari lubang dalam duburnya dengan telapak tanggannya tanpa penghalang, meskipun kelamin yang dipoting lepas dari pangkalnya, kevuali kolfak (kulup), yang sudah dipotong seperti potongan pada saat khitanan (sunatan). Dan batal seseorang berwduhu apabila menyentuh bizru wanita, yang daging kcil berada di atas fajri (kelilit)
  3. Bersentuh kulit laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim serta sama besar, yaitu di atas usia 7 tahun. Kalau salah seseorang diantranya baru berada di di usia 6 tahun, tanpa disertai dengan syahwat maka tidak batal.
  4. Hilang akal sebab gila atu mabuk, namun tidak membatalkan wuhdu apabila tidur sambil duduk dan letak pantatnya tidak bergerak (tetap), meskipun sambil bersandar tidur dengan duduk tersebut dapat menghindari keluar kentut atau yang lainnya.

Demikianlah 4 hal yang membatalkan wudhu menurut kitab, yang menjadi rujukan dalam tulisan ini. Yaitu Kitab Sulamut Taufiq, karya salah seorang ulama, yaitu Syeh Nawawi Al-Bantani. Semoga bermanfaat bagi para pembaca yang sedang mencari referensi tentang hal-hal yang membatalkan wudhu.

Sebagai penegasan dari ulasan perkara yang menbatalkan wudhu dia atas berikut akan dirangkum mengenai contoh perkara yang membatalkan wudhunya seseorang.

Contoh Perkara Yang Membatalkan Wudhu

1.    Kentut
2.    Buang Air Besar (BAB)
3.    Kecing
4.    Menyentuh kelamin
5.    Bersentuhan dengan lewan jenis yang sama-sama balig atau dewasa
6.    Dan lain sebagainya

Trimakasih, baca juga artikel lainnya;