10 Daftar Pondok Pesantren di Lampung Terbaik dan Favorit

Diposting pada

Pondok pesantren adalah istilah yang tidak asing lagi bagi masyarakat Lampung, sebab pondok pesantren dari zaman dahulu sampai sekarang telah banyak melahirkan para cendekiawan yang ahli agama. Dimana untuk kemampuan lulusan pesantren tidak dapat dipandang sebelah mata, karena lulusan dari sistem pengajaran pondok pesantren membuktikan jika kiprahnya dalam memajukan dan mencerdaskan umat selalu ada setiap waktunya.

Karena begitu pentingnya pesantren bagi masyarakat dalam artikel ini akan membagikan tentang daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Provinsi Lampung.

Daftar Pondok Pesantren di Lampung
Daftar Pondok Pesantren di Lampung

Pondok Pesantren di Lampung

Pondok Pesantren yang ada di Lampung ini terdiri dari pondok pesantren dengan pengajaran modern dan pondok pesantren salafyah. Dimana sampai saat ini pondok pesantren yang akan disebutkan menjadi yang terbaik dan terfavorite bagi masyarakat.

Acuan menjadi yang terbaik dan terfavorit diantarnya dilihat dari jumlah santri, pendaftar setiap tahun, bagunan, dan Usia Pondok Pesantren tersebut.

Disisi lainnya, tujuannya dibuatkan daftar ini selain untuk membantu mempublikasikan sejarah pondok pesantren juga bisa menjadi literasi bagi pembaca agar mengetahui prihal informasi Pondok Pesantren mansaja di Lampung yang sejatinya menjadi terbaik dan terfavorit yang ada disetiap Kabupaten di Provinsi Lampung, baik Kabupaten Tulang Bawang, Pesawaran, Lampung Tengah, Tulang Bawang Barat, Mesuji, Way Kanan, Lampung Utara, Lampung Barat, Pesisir, Bandar Lampung, Metro, Lampung Timur, ataupun Lampung Selatan.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Lampung

Adapun untuk daftar nama-nama yang masuk dalam pondok pesantren di Lampung. Antara lain;

  1. Darussalammah Way Jepara

Pondok Pesantren Darussalammah (PPDS) Desa Brajadewa, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur bisa dibilang sebagai Pondok Pesantren tertua di Provinsi Lampung. Pondok pesantren yang masuk dalam wilayah Lampung Timur ini diasuh oleh di dirikan oleh almarhum K.H. Ahmad Sodiq salah satu tokoh Provinsi Lampung yang saat ini menjadi Mursyid Tarekat Al-Qodiriyah wa al-Naqshobandiyah sekaligus beliau pernah menjadi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

Alumni Pondok Pesantren Darussalammah ini sudah tersebar diseluruh penjuru nusantara, bahkan Presiden Republik Indonesia Ke-4, yakni K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) selama hidupnya seringkali datang atau soan di Pondok Pesantren ini.

Adapun jumlah santri yang tinggal di Pondok Pesantren Darussalammah totalnya ada puluhan ribu santri, terlebih ketika Hari Ulang Tahun atau imtihan di Pondok Pesantren Darussalammah keramain tersebut akan sangat terlihat.

  1. Pondok Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung

Pondok pesantren Al-Hikmah terletak di Kota Bandar Lampung. Meskipun berkembang di Perkotaan Pondok Pesantren ini masih tetap meletarikan metode pendidikan salafyah.

Bahkan sampai saat ini Pondok Pesantren Al-Hikmah memiliki ratusan santri, selain santri Pondok Pesantren Al-Hikmah juga menyelenggarakan pendidikan formal dari tingkatan RA, SD, MTs, dan MA. Maka tak khayal kondisi tersebut memberikan gambaran bahwa Pondok Pesantren terbaik di Bandar Lampung adalah Pondok Pesantren Al-Hikmah.

Adapun alamat Pondok Pesantren Al-Hikmah terletak di Jalan Sultan Agung Gang Raden Saleh Raya No.23, Kelurahan Way Halim, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung.

Proses pendaftaran di Pondok Pesantren Al-Hikmah dibuka setiap tahunya, khusus untuk mahasiswa Pondok Pesantren ini tidak menerima kecuali mahasiswa tersebut sebelumnya telah sekolah di Madrasah Aliah (MA) Al-Hikmah atau lulusan MA Al-Hikmah.

  1. Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum

Yang termasuk pondok pesantren terbaik lainnya di wilayah Lampung Timur maupun Provinsi Lampung adalah pondok pesantren Riyadlatul Ulum yang juga dikenal dengan PPRU. Untuk tempatnya sendiri berada di Kecamatan Batanghari, dekat dengan IAIN Metro, Universitas Muhammdyah, MAN 1 Lampung Timur, dan MAN 1 Metro.

  1. Pondok Pesantren Darul Huffaz Pesawaran

Pondok Pesantren terbaik di Lampung selajutnya adalah Pondok Pesantren Darul Huffaz yang terletak di Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran. Pondok Pesantren ini ini dibagung dan dipimpin langsung oleh Uts. Yusuf Mansur.

Adapun tujuan dibagunnya Pondok Pesantren Darul Huffaz adalah mencetak genrasi muda yang cinta dan penghafal Al-Qur’an sehingga dengan rasa cintanya tersebut nantinya mampu menjadi do’a paling mujarab bagi orangtua untuk melangkah ke surga. Apabila para orangtua ingin memiliki anak yang haffal Al-Qur’an barangkali  Pondok Pesantren Darul Huffaz Pesawaran bisa menjadi rekoemendasi.

  1. Pondok Pesantren Modern Darussallam Gontor 9 Lampung Selatan

Nama Pondok Pesantren Gontor memang tak asinglagi bagi masyarakat yang ada di Indonesia, Pesantren Gontor sampai saat ini terus menerus ikut mencerdaskan masyarakat di Indonesia. Salah satunya yakni mendirikan Pondok Pesantren Modern Darussallam Gontor 9 di Kabupaten Lampung Selatan.

Adapun alamat lengkap Pondok Pesantren Modern Darussallam Gontor 9 Lampung Selatan terletak di Kubu Panglima, Tajimalela, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Sebagai Pondok Pesantren Modern bisa dibilang bahwa pondok pesantren ini adalah terbaik dan terfavorit di Provinsi Lampung.

  1. Darussaadah Lampung Tengah

Daftar lengkap nama pondok pesantren terbaik lainnya yang berada di Provinsi Lampung adalah Pondok Pesantren Darussaadah Kabupaten Lampung Tengah. Bahkan pondok ini juga pada tahun 2021 lalu menjadi lokasi terselenggarakan Mukhtamar NU. Adapun untuk jumlah santrinya ada ribuan dan tersedia juga pendidikan formalnya.

  1. Pondok Pesantren Darul A’mal di Kota Metro

Pondok Pesantren terbaik selanjutnya adalah Pon Pes Darul A’mal atau yang lebih dikenal dengan PPDA beralamat di Jln Pesantren Mulyojati 16 B, Kelurahan Mulyojati, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro, Provinsi Lampung.

Jumlah santri di pondok ini totalnya ada ribuan santri yang berasal dari seluruh daerah yang ada di Provinsi Lampung bahkan yang ada di Indonesia. Untuk pendidikan formal yang terselenggara di Pondok Pesantren Darul A’mal ada MI, MTs, MA, dan SMK Darul A’mal.

  1. Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an di Kota Metro

Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an adalah salah satu ondok terbaik dan terfavorit di Provinsi Lampung. Hal ini dikerenakan dari seluruh jumlah santri yang terdaftar di pondok ini ada ribuan santri yang berasal dari seluruh daerah yang ada di Lampung, diantranya santri dari Raudlatul Qur’an ada yang berasal dari Kabupaten Tulang Bawang, Pesawaran, Lampung Tengah, Tulang Bawang Barat, Mesuji, Way Kanan, Lampung Utara, Lampung Barat, Pesisir, Bandar Lampung, Metro, Lampung Timur, ataupun Lampung Selatan.

Alumni dari Raudlatul Qur’an juga tersebar dimana-mana, adapula beberapa alumni dari pondok ini yang mendapat beasiswa kuliah di luar negri, seperti di Mesir, dan lain sebagainya.

  1. Pondok Pesantren Darussa’adah Kiai Haji Asyikin

Alamat pondok pesantren terbaik yang ada di Kota Bandar Lampung adalah Ponpes Darussa’adah Kiai Haji Asyikin yang letaknya berada di Jalan Punawirawan 7 Gg. H. Abdul Latif, Kelurahan Gunung Terang. Gedung di pondok pesantren ini ada untuk santri putri dan santri putra. Namun yang pastinya, banyak dari mahasiswa Universitas Lampung, UIN Raden Intan, maupun Umitra Lampung tinggal sekaligus menetap di pondok pesantren ini.

  1. Pondok Pesantren Roudlotussholihin di Lampung Tengah

Pondok pesantren terbaik di Provinsi Lampung selanjutnya terletak di Desa Purwosari Kecamatan Padangratu Kabupaten Lampung Tengah. Sejak berdiri sampai dengan sekarang pondok Pesantren Roudlotussholihin tetap menjadi idaman, bagi sebagaian besar masyarakat di Provinsi Lampung.

Demikiaanlah ulasan tentang beberapa pondok pesantren di Lampung yang terbaik dan tervaorit, meskipun demikian jumlah ini masih dibilang sedikit dibandingkan dengan jumlah pesantren lainnya yang juga sama-sama memiliki ratusan santri.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.