12+ Pengertian Karakter Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

pengertian karakter

Pengertian Karakter Menurut Para Ahli

indonesiastudents.com– Pengertian karakter barangkali menjadi aspek terpenting dalam pehamaman atas pertanyaan “Apa sih itu karakter?”. Meskipun penulis akui dalam mendefinisikan karakter ini sulit untuk dipahami, oleh karena itulah melalui beberapa pengertian karakter menurut para ahli dibawah ini akan mempermudah kita dalam memahami tentang karakter.

Pengertian Karakter Menurut Para Ahli


Soemarno Soedarsono

Pengertian karakter adalah suatu nilai yang terpatri dalam diri kita melalui pendidikan, pengalaman, percobaan, pengorbanan dan pengaruh lingkung, di padukan dengan nilai nilai dalam diri manusia menjadi semacam nilai intrinsik yang wujud dalam sistem daya juang melandasi pemikiran, sikap dan prilaku. Baca Juga: 7 Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli Lengkap

Imam Al-Ghajali

Definisi karakter atau akhlak adalah sifat yang tertanam menghujam di dalam jiwa dan sifat itu seseorang akan secara spontan dapat dengan mudah memancarkan sikap, tindakan, serta perbuatan .

Drs. Hanna Djumhana Bastaman, M.Psi

Arti karakter merupakan aktualisasi diri dalam dan internalisasi nilai nilai moral dari luar menjadi bagian kepribadiannya

Prof. Dr. H.M. Quraish Shihab

Menurutnya, karakter adalah himpunan pengalama tentang pendidikan, sejarah yang dapat mendorong suatu kemampuan di dalam diri, sehingga bisa menjadi alat ukur atau sisi seorang manusia dalam mewujudkannya, baik dalam pemikiran, sikap, dan prilaku termasuk karakter atau akhlak mulia dan budi pekerti.

Kemedikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional)

Menurut Kemdnikbud (dalam Ditjen Mandikdasmen), pengertian karakter adalah suatu bentuk cara berpikir dan juga berperilaku seseorang yang kemudian menjadi ciri khasnya.

W.B. Saunders (1977)

Menurutnya, karakter adalah sifat individu yang nyata dan berbeda dari orang lain, yang biasanya sikap tersebut ditunjukkan melalui atribut, prilaku, kegiatan, yang dapat diamati pada oleh orang lain.

Gulo W (1982)

Menurutnya, karakter adalah kepribadian seseorang yang ditinjau dari moral yang dilakukannya,

Kamisa (1997)

Menurutnya, karakter berkaitan erat dengan sifat kejiwaan yang biasa dikenal akhlak atau budi pekerti sehingga menjadi tabiat atau watak.

Wyne

Menurutnya, karakter adalah kepribadian yang dilakukan oleh seseorang secara terus menerus sehingga berimplikasi pada tindakan yang dilakukannya.

Alwisol

Menurutnya, karakter adalah tingkah laku yang menonjolkan kebaikan dan keburukan sehingga dapat dinilai oleh lingkungan yang bersangkutan.

Maxwell

Karakter adalah tingkah laku, perkataan,, dan tindakan yang sesuai pilihan dan dilakukan secara terus menerus.

Doni Kusuma

Arti karakter yang bisa dilihat dari seseorang dapat dilakukan dengan merekam segala gaya, sifat, atau tindakannya yang dilakukan secara terus menerus (konsisten).

Dari beberapa pengertian karakter menurut para ahli di atas, dapat dipahami bahwa karakter tidak tumbuh dengan sendirinya, melainkan karakter harus di untuk, kita tumbuh kembangkan secara sadar dan sengaja. Dengan di wujudkan melalui nilai nilai moral yang di tanamkan yang akan mempengaruhi sikap dan prilaku.

Penanaman karakter dan etika yang baik sejak dini akan mempengaruhi tumbuh kembang anak hingga ia dewasa. Jika sejak kecil anak-anak tersebut tidak diberi asupan karakter dan etika yang baik maka bisa jadi hal-hal buruk akan dilakukan bila ia sudah dewasa nanti.

Demikianlah pengertian karakter menurut para ahli, semoga dengan adanya pengertian ini dapat memberikan pemahaman serta pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari referensi mengenai “Karakter”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

 

12+ Pengertian Karakter Menurut Para Ahli Lengkap
Rate this post