6+Pengertian Koperasi Simpan Pinjam Lengkap

Diposting pada

pengertian koperasi simpan pinjam

Koperasi menurut sejarahnya berasal dari pemikiran Bung Hatta, Bung Karno, dan Ki Hajar Dewantara. Ketiga pahlawan nasional tersebut pada akhirnya mengamanatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia di dalam Pancasila dan UUD 1945 meskipun amanat yang disampaikan tersebut secara eksplisit. Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut, perlu dipahami bahwasanya bentuk koperasi ini bermacam-macam. Salah satu bentuk koperasi yang kita lazimnya kita kenal ialah koperasi simpan pinjam. Apa sih yang dimaksud pengertian koperasi simpan pinjam tersebut?. Berikut penjelasannya;

Pengertian Koperasi Simpan Pinjam

Pengertian koperasi simpan pinjam adalah kegiatan pengkoperasian yang  dilakukan oleh pihak-pihak tertentu untuk  menghimpun dana dan menyalurkannya  kepada masyarakat melalui  kegiatan  usaha  simpan  pinjam, baik untuk anggota  koperasi  yang bersangkutan,  calon  anggota  koperasi, atau koperasi lain yang membutukan pinjaman dana.

Koperasi simpan pinjam ini sejatina berbeda dengan komperasi syariah (baca; pengertian koprasi syariah) perbedaannya bukan hanya dari segi nama, akan tetapi dari segi bagi hasil dan cara pendistribusian dananya juga berbeda. Akan tetapi dari keduanya sama-sama diergunakan untuk mengelola keuangan masyarakat secara bersama agar benilai lebih kontributif.

Pengertian Koperasi Simpan Pinjam Menurut Para Ahli

Sedangkan menurut para ahli “Koperasi” memeberikan pengertian koperasi simpan pinjam sebagai berikut;

Rudianto  (2010)

Koperasi simpan pinjam adalah koperasi  yang  bergerak  dalam  bidang  pemupukan simpanan  dana  dari  anggotanya,  untuk  kemudian dana yang terkumpulkan tersebut dipinjamkan  kembali  kepada para anggota yang memerlukan.

Ninik  Widiyanti Dan Sunindhia  (2009)

Menurutnya, koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang bergerak dalam bantuan modal  melalui  tabungan anggota koperasi, untuk kemudian setelah terkumpul dipinjamkan  kepada  para  anggota  dengan  cara yang mudah, cepat, murah, dan tepat demi kesejahteraan bersama.

UU Nomor. 17 tahun 2012

Memberikan arti koperasi  simpan  pinjam  adalah  suatu bentuk pengoperasian  yang menjalankan usaha simpan pinjam dari anggota untuk anggota sebagai satu-satunya usaha yang ada. Usaha-usaha ini bisa dilakukan di dalam pasar ataupun di dalakukan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Selengkapnya, baca; Pengertian Masyarakat Pasar dan Penjelasannnya

Padamu (2016)

Definisi koperasi simpan pinjam adalah lembaga keuangan akan tetapi bukan bank dengan cirri khas kegiatan usahanya menerima simpanan dan memberikan pinjaman uang dari anggota kepada anggota lain dengan bunga yang terjangkau.

Binus (2012)

Definisi koperasi simpan pinjam adalah usaha yang didirikan  untuk  mendukung kepentingan  bersama dari anggota yang satu kepada anggota yang membutuhkan, tanpa adanya tambahan modal usaha dan kebutuhan finansial yang ada.

Peraturan  Menteri  Negara  Koperasi  dan Usaha  Kecil  dan Menengah

Koperasi simpan pinjam adalah suatu perhitungan terhadap  komponen  yaitu  permodalan,  kualitas  aktiva  produktif,  manajemen, rentabilitas   dan   likuiditas   diperoleh   skor   secara   keseluruhan dari anggota kepada anggota yang lain.

Anonim (2008)

Koperasi simpan pinjam  adalah suatu bentuk koperasi  yang  bergerak  dibidang simpan  pinjam uang  dengan modal  yang  berasal anggota  dan  kemudian dipinjamkan kembali kepada  para anggota yang memerlukan tentunya dengan kesepakan tertentu yang telah dibuatnya.

Dari pengertian koperasi simpan pinjam menurut para ahli tersebut dapat dikatakan jikalau koperasi simpan pinjam ini bertujuan untuk bertujuan untuk memberikan kesempatan sesame anggota koperasi agar memperoleh pinjaman dengan mudah dan bunga yang ringan.

Artikel Terkait;

  1. Artikel Koperasi Pariwisata
  2. Pengertian MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) Menurut Para Ahli
  3. Contoh Artikel Ekonomi

Demikianlah pengertian koperasi simpan pinjam atau defeinisi koperasi simpan pinjam, semoga kumpulan pengertian koperasi yang di dapatkan dari berbagai sumber, baik buku atau yang lainnya ini dapat memberikan wawasan serta pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencarai referensi “Koperasi Simpan Pinjam“. Trimakasih,