13 Pengertian Bimbingan Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

indonesiastudents.com– Istilah bimbingan barangkali sudah tidak terasa asing lagi bagi kita, dimana setiap manusia sejak lahir sampai sudah dewasa sekalipun  selalu memerlukan bimbingan. Bimbingan bisa diartikan sebagai suatu bantuan seseorang kepada orang lain agar mampu memahami diri dan memahami lingkungan yang ada disekitarnya. Oleh karena itu, pengertian bantuan dalam bimbingan tidak diartikan general atau umum tetapi bermacam-macam, misalnya bantuan uang, barang, sumbangan, solusi, dan lain sebaginya.

Baca: 11 Pengertian Konseling Menurut Para Ahli

Adapun sebagai upaya memahami lebih lanjut mengenai pengertian bimbingan, indonesiastudents.com pada kali ini akan menuliskan bebagai pengertian bimbingan menurut para ahli atau para tokoh. Harpannya dengan adanya pengerian para ahli ini dapat menambah wawasan ataupun pengetahuan seseorang mengenai defenisi bimbingan.

Pengertian Bimbingan Menurut Para Ahli


Berikut ini akan dijabarkan pengertian bimbingan menurut para ahli yang berasal dari berbagai disiplin ilmu.

Winkel (2005)
Memberikan pengertian bimbingan sebagai sutau usaha untuk melengkapi individu dengan pengetahuan, pengalaman, dan informasi tentang dirinya sendiri ataun tentang lingkungannya.

Prayitno dan Erman Amti (1994)
Memberikan pengertian bahwa bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang yang sudah ahli kepada orang lain secara individu atau berkelompok, agar orang-orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.

Sofyan S. Willis (2009)
Memberikan defenisi bimbingan sebagai suatu proses bantuan terhadap seseorang membutuhkannya. Bantaun yang diberikan tersebut harus, berencana dan sistematis yang sehubungan dengan permasalahan yang dialami.

Andi Mappiare (1984)
Memberikan pengertian bimbingan sebagai suatu rangkaian kegiatan dalam membantu konseli atau klien yang bertujuan agar orang yang dibantu tersebut dapat mengambil tanggung jawab sendiri terhadap persoalan yang dialami.

Rochman Natawidjaja (1981)
Memberikan pengertian bahwa bimbingan adalah proses pemberian bantuan seseorang atau kelompok kepada individu yang dilakukan secara ajeg (berkesinambungan).

Moegiadi (1970)
Memberikan pengertian bahwa abimbingan adalah proses pemberian bantuan kepada seseorang untuk dapat memahami diri sendiri.

Peters dan Shertzer (1974)
Memberikan defenisi bimbingan sebagai suatu proses bantuan seseorang terhadap individu lain, agar dapat memahami dirinya dan dunianya, sehingga dengan dengan hal tersebut individu yang dibantu dapat memanfaatkan potensi-potensi yang dimilikinya.

Arthur J. Jones (1970)
Memberikan pengertian bahwa bimbingan adalah suatu proses bimbingan yang dilakukan oleh dua orang yaitu pembimbing dan yang dibimbing. Sehingga pembimbing daoat mengarahkan kepada pilihan-pilihan, menyesuaikan diri, dan memecahkan masalah yang dialami oleh yang dibimbing.

Abu Ahmadi (1991)
Menurutnya yang dimaksud dengan bimbingan adalah suatu bantuan yang diberikan kepada seseorang agar ia dapat mengembangkan potensi yang dimilkinya secara optimal.

Mathewson (1969)
Memberikan pengertian bimbingan sebagai sebagai dperkembanganalam pendidikan yang dilakukan melalui penekankan terhadap proses belajar.

Bernard dan Fullmer (1969)
Memberikan pengertian bahwa yang dimaksud dengan bimbingan adalah segala bentuk kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan realisasi pribadi setiap individu.

Tiedeman (1969)
Memberikan pengertian bahwa bimbingan adalah upaya untuk membantu seseorang agar menjadi berguna.

Arifin (1994)
Memberikan pengertian bahwa bimbingan adalah sesuatu yang menunjukan atau memberi jalan kepada orang lain agar lebih bermanfaat bagi hidupnya di masa datang atau bahkan di masa sekarang.

Dari 13 pengertian bimbingan menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa bimbingan memiliki kata-kata kunci dengan artinya sebagai berikut :

  1. Suatu proses, artinya setiap fenomena yang menunjukkan kontiunitas perubahan melalui waktu atau serangkaian kegiatan dan langkah-langkah menuju ke suatu tujuan.
  2. Suatu usaha bantuan, artinya untuk menambah, mendorong, merangsang, mendukung, menyentuh, menjelaskan agar individu tumbuh dari kekuatannya sendiri.
  3. Konseli atau orang yang mengalami masalah, artnya individu yang normal yang membutuhkan bantuan dalam proses perkembangannya.
  4. Konselor artinya individu yang ahli dan terlatih dan mau memberikan bantuan kepada konseli. Bantuan ini dapat berupa tim spesialis seperti konselor, guru, psikolog, dokter, perawat, dan administrator sekolah.

Demikialnlah pengertian bimbingan menurut para ahli semoga dengan adanya berbagai pengertian ini dapat memberikan penjalasan tentang pentingnya suatu bimbingan yang kita lakukan, baik sebagai klien ataupun sebagai konselor karena ini juga menunjukan bahwa kita memerlukan bantuan orang lain, bukan?. Trimakasih

Baca Juga Artikel Lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *