6 Pengertian Usia Muda (Remaja) Menurut Para Ahli

Posted on

6 Pengertian Usia Muda (Remaja) Menurut Para Ahli

Pengertian Usia Muda (Remaja) Menurut Para Ahli

indonesiastudents.com– Setiap manusia yang bertumbuh kembang tentusaja mengalami fase remaja atau fase usia muda. Bahkan di usia remaja ini seseorang bisa dikatakan sebagai masa paling gemilang akan tetapi juga dapat menjadi masa paling suram.

Alasan hal terseut diungkapkan karena pada masa inilah seseorang bisa aktif dalam berbagai hal, baik dalam menempuh pendidikan, berorganisasi, ataupun dalam hal negatif, seperti mabuk-mabukan, jual narkoba, dan lain sebaginya.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini indonesiastudents.com akan memberikan ulasan mengenai pengertian usia muda atau pengertian remaja menurut para ahli.

Pengertian Usia Muda


Usia muda adalah usia yang dialami oleh seseorang, baik laki-laki atau perempuan yang menginjak 11 sampai 21 tahun, dengan syarat utamanya belum menikah. Sehingga pengertian ini mengindikasikan bahwa usia muda berada pada masa peralihan dari yang dulunya anak-anak menjadi dewasa

Sedangkan menurut para ahli, pengertian usia muda adalah sebagai berikut;

Pengertian Usia Muda (Remaja) Menurut Para Ahli


Zakia (1997)

Menurutnya, usia muda (remaja) adalah usia yang dialami oleh seseorang yang sudah berumur 13- 21 tahun. Dengan cirri khas fisik berbeda dari masa sebelumnya, baik dalam segi postur badan, sikap atau tindakan, dan tingkah laku.

Baca: 7+Karakteristik Anak SD (Sekolah Dasar) Menurut Para Ahli Lengkap

BKKBN (2005)

Dalam Badan Kordinasi Keluarga Berencana Nasional arti usia muda adalah usia yang dialami oleh seseorang yang berumur 10 sampai 21 tahun.

Hurlock (1994)

Pengertian usia remaja adalah suatu masa peralihan dari kanak-kanak ke dewasa yang dialaminya dalam tiga tingkatan, yaitu usia pra remaja 10 sampai dengan 12 tahun, remaja awal 13 sampai dengan 16 tahun, dan remaja akhir yakni usia 17 sampai 21 tahun.

Konopka (1997)

Menurutnya, usia muda adalah usia yang dialami oleh seseorang dari mulai 12 tahun sampai dengan 15 tahun.

Sarwono (2004)

Menurut ahli dari Indonesia, ini batasan usia muda adalah usia yang dialami oleh seseorang laki-laki dan perempuan, yang berada diantara 11 sampai 24 tahun.

Maya (2014)

Menurutnya, arti usia muda memiliki sifat yang konseptional, karena usia ini memilki 3 kategori utama yang berada di dalamnya, yaitu biologis, psikologis, dan juga kategori sosial ekonomi.

Dari 6 pengertian usia muda menurut para ahli diatas, dapat dikatakan jika usia muda adalah usia yang berada diantara umur sebelasan sampai dengan 20-an. Pengertian ini memiliki syarat utamanya bahwa usia muda harus belum melakukan pernikahan atau perkawainan.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian usia muda (remaja) menurut para ahli, semoga dengan adanya pengertian ini dapat membantu bagi setiap pembaca yang sedang mencarai refrensi tentang “Usia Remaja”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. 7 Kebutuhan Peserta Didik di Sekolah Lengkap
  2. 7 Pengertian Konsumsi Menurut Para Ahli Lengkap
  3. Manfaat Mempelajari Bimbingan Konseling Lengkap
  4. 4 Bidang Bimbingan Konseling Lengkap