3 Pengertian Pesisir Pantai Menurut Para Ahli dan Contohnya

Diposting pada
Pengertian Pesisir Pantai Menurut Para Ahli
Pengertian Pesisir Pantai Menurut Para Ahli

Indonesia diakui ataupun tidak merupakan arti negara berkembang yang memiliki jumlah kepulauan terbesar di dunia. Bahkan setidaknya terdiri dari 17.508 pulau dengan panjang garis pantai lebih dari 81.000 km serta luas laut 3.1 juta KM. Oleh karena itulah pantas jikalau Indonesia memiliki wilayah pesisir pantai yang begitu luas.

Pesisir Pantai

Wilayah Pesisir pantai adalah suatu wilayah yang memiiki sumber daya alam yang melipah, wilayah ini sendiri memiliki arti penting bagi pembangunan ekonomi suatu bangsa.  Apalagi dengan Indonesia, dengan jumlah pulau sekitar 17.508 dan garis pantai sepanjang 81.000 Km serta luas laut 3.1 juta km2, bahkan Indonesia dikenal sebagai negara megabiodiversity dalam hal keanekaragaman hayati, serta memiliki kawasan pesisir yang sangat potensial untuk berbagai opsi pembangunan

Pengertian Pesisir Pantai Menurut Para Ahli

Adapun definisi pesisir pantai menurut para ahli, antara lain;

  1. Fabianto dalam Beatly (2014), Pesisir pantai adalah pertemuan antaran ekosistem darat, ekosistem laut dan ekosistem udara yang saling bertemu dalam suatu keseimbangan yang rentan
  2. Musaddun (2013), pesisir pantai berkelanjutan (Sustainable Marine Coastal) adalah suatu kegiatan pembangunan harus dapat membuahakan pertumbuhan ekonomi, pemeliharaan capital (capital maintenance) dan penggunaan sumberdaya serta investasi secara efisien.
  3. Nurmalasari (2001), Menurutnya dalam pesisir pantai diperlukan suatu pengelolaan yang harus berbasis masyarakat, artinya sistem pengelolaan tersebut mampu mengangkat masyarakat lokal agar terlibat secara aktif dalam proses pengolaan yang terkandung di dalamnya. Baik dalam pemukiman, perikanan, pelabuhan, obyek wisata, dan lain-lain), dengan begitu diharapka tekanan ekologis terhadap ekosistem dan sumberdaya pesisir pantai semakin meningkat.

Contoh Wilayah Pesisir Pantai

Adapun untuk contoh adanya wilayah pesisir pantai. Antara lain;

  1. Pulau Jawa

Pulau Jawa bisa dikatakan sebagai salah satu wilayah yang memiliki luas perairan terluas di Indonesia yang mencakup lebih dari 60 persen luas lautan dari keseluruhan luas laut Indonesia (5.176.800 Km). Oleh karena itulah adanya wilayah yang luas dengan pesisir pantai tersebut seharunya bisa dimaksimalkan secara maksimal.

Demikinalah definisi atau pengertian pesisir pantai menurut para ahli dan contohnya. Semoga dengan adanya bahasan ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kepada setiap pembaca yang sedang mencari referensi mengenai “Pesisir Pantai”.

5/5 - (1 vote)