3 Pengertian LGBT Menurut Para Ahli dan Penjelasannya Lengkap

Diposting pada

Pengertian LGBT Menurut Para Ahli

LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) menjadi salah satu fenomena yang cukup menarik perahatian pada kehidupan manusia di zaman sekarang, apalagi fenomena LGBT ini menyebar secara luas sejalan dengan perkembangan berbagai Negara-negara maju seperti Amerika Serikat atau Belanda yang telah melagalkan LGBT.  Sebagai penjelasan lebih lanjut, daam tulisan ini indonesiastudents.com akan menguraikan tentang pengertian LGBT Menurut Para Ahli.

Pengertian LGBT

LGBT adalah prilaku mengenai bentuk seksual yang terdiri dari lesbian (hubungan suksual yang dilakukan antar perepuan), gay (hubungan seksual laki dengan laki), biseksual (hubungan bisa dengan laki dan perepuan), dan transgender (orang yang melakukan perpindahan jenis kelamin karena merasa menemukan jati dirinya).

LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) ini pada dasarnya memiliki efek yang sangat rentan dengan penyakit kelamin, kerentanan ini disebabkan karena hubungan seksual yang dilakukan tidak pada tempatnya. Meskpun demikian alasan banyak negara melegalkan adanya LGBT lantaran mereka menjastisnya sebagai dukungan terhadap HAM (Hak Asasi Manusia).

Pengertian LGBT Menurut Para Ahli

Sedangkan pengertian LGBT menurut pendapat yang telah dikemukakan oleh para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut;

Swain, Keith W

Menurutnya, LGBT adalah suatu bentuk kelompok-kelompok seksual yang berhubungan dengan lesbian, gay, biseksual, dan transgender. Kelompok sosial ini mulai menampak diri pada arus globalisasi yang semakin pesan dengan menyebarkan konten dan berita terhadap dukungan terhadap kelompoknya.

Wikipedia

Dalam Wikipedia, istilah LGBT diartikan sebagai suatu bentuk pernyataan terhadap hubungan seksual sebagai pengganti daripada komunitas gay. Pengertian komunitas ini identik pada hubungan kepuasaan yang dilakukan dengan cara seksual tanpa adanya pengeruh dari pihak manapun.

Sinyo (2014)

Menurut ahli ini, definisi yang melakat pada istilah LGBT ialah suatu bentuk gerakan terhadap seksual yang ingin diakui dengan mengatasanakan HAM dalam berbagai perjalannnya. Langkah ini dilakukan guna menghargai perbedaan pandangan dari banyak pihak terhadap LGBT yang terjadi.

Dari berbagai pengertian LGBT menurut para ahli diatas, dapatlah disimpulkan bahwasanya LGBT adalah bentuk singkatakan dari lesbian, gay, biseksual, dan transgender yang intinya identik dengan suksualitas. Atau mengndung unsur seksual yang dianggap sebagai tindakan yang menyimpang.

LGBT di Indonesia

Untuk di Indonesia sendiri, LGBT sangatlah dilarang dalam segi apapun, meskipun banyak komunitas dan juga banyak elemen yang mendorong untuk dilegalkan. Alasan dilarang karena di Indonesia adalah Negara yang menganut asas demokrasi dengan tetap meneguhkan agama sebagai pondasi kehidupan bersama, apalagi Mayoritas orang di Indonesia menganut agama Islam, dimana dalam Islam yang memiliki kitab suci Al-Qur’an sangat melarang keras hubungan seperti LGBT ini.

Perlu setidaknyanya dipahami bahwa LGBT ini memaliki lambang pelangi, lambang ini seringkali dipersepsikan sebagai simbul terhadap keindahan dan juga kebebasan terhadap keanekarangaman jenis kelamin kepada mereka para pro terhadap LGBT.

Jenis-Jenis LGBT

Adapun berbagai macam atau bentuk yang dinamakan dengan LGBT, antara lain adalah sebagai berikut;

Lebian

Jenis yang pertama yang dimaksud dalam bentuk LGBT adalah lesbian yang diberi pengertian sebagai sikap orientasi manusia dengan menykai sesama jenis. Tertutama untuk lesbian ini lebih memiliki daya tarik antara perempun dengan perempuan lainnya. Jenis kelamin berbeda dan suka sesama inilah dimaksudkan dengan lebian.

Gay

Gay adalah salah satu jenis LGBT yang diartikan sebagai bentuk sama-sama suka dengan melakukan hubungan badan antara laki-laki dengan perempuan, hubungan ini dilakukan dengan syarat suka antar sesama dan tidak ada paksaan. Definisi ini menujukan bahawa Gay adalah anonim daripada istilah Lesbian.

Biseksual

Jenis yang kedua adalah Biseksual, yang diartikan sebagai kelainan orinetasi sesksual yang menykai bukan hanya pada sesama jenis akan tetapi juga menyukai pada lawan jenis. Hal ini misalnya saja kelainan menyukai wanita dan pria dengan keduanya ia akan merasa terpuaskan secara seksualnya.

Transgender

Jenis LGBT yang terkahir adalah transgender yang diartikan sebagai perubahan jenis kelamin yang dialami oleh seseorang, misalnya saja dari laki-laki menjadi merepuan atau perempuan menjadi laki-laki, keadaan ini sudah dirasakan sejak ia kecil atau bahkan sejak ia masih remaja dengan melalui proses yang panjang. Selengkapnya, baca; 5 Pengertian Remaja Menurut Para Ahli

Faktor Penyebab LGBT

Ada beberapa faktor yang menjadi salah satu pendorong seseorang melakukan tindakan LGBT ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Mengalami Insiden Buruk

Kejadian buruk yang dialami seseorang ketika ia masih kecil atau belum dewasa menjadi salah satu adanya dorongan untuk melakukan LGBT, kejaidan ini berhubungan erat dengan tindakan di lingkungan sosialnya yang membuatnya merasa tertekan dengan keadaan yang dialami.

Keluarga

Fungsi keluarga yang tidak berjalan dengan baik akan menjadi salah satu pendrongan bagi generasinya untuk melakukan LGBT, dengan melihat situs internet dan dorongan kuat akan perhatian yang tidak di dapatkannya menyebabkan seseorang terjerumus dalam LGBT. Selengkapnya, baca; 6 Pengertian Keluarga dan Fungsi-fungsi Keluarga Menurut Ahli

Pergaulan Yang Tidak Teratur

Faktor lainnya yang menjadi salah satu penyebab timbulnya dorongan LGBT ini sendiri ialah pergaulan yang tidak tertatur dan menjadi salah satu simbul kenakalan remaja. Dengan bergaul tentusaja akan mempengerhui lebih dari 60 persen karakteriristik kehidupan seseorang. Selengkapnya, baca; “Kenakalan Remaja” Pengertian dan Contohnya Lengkap

Demikianlah penjelasan mengenai 3 pengertian LGBT menurut para ahli dan penjelasannya lengkap. Semoga dengan adanya tulisan ini sendiri dapat bermanfaat bagi setia pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Pengertian LGBT”. Trimakasih,