6 Pengertian Bonus Demografi Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Bonus Demografi– Bonus Demografi adalah suatu istilah yang tak asing lagi di Indonesia. Pasalnya bonus demografi ini akan dialami Indonesia pada tahun 2020 sampai 2030. Meskipun begitu  untuk defenisi atau arti bonus demografi banyak orang yang belum memahaminya, oleh karenanya pada ulasan kali ini indonesiastudents.com akan membahas lebih dalam mengenai pengertian bonus demografi.

Baca: Pengertian Demografi dan Contoh Pentingnya Mempelajari Ilmu Demografi

Sebelum membahas bonus demografi tersebut, pada artikel ini indonesiastudents.com terlebih dahulu mengutarakan fungsi seseorang memahami demografi.  Demografi sejatinya berasal dari bahasa Latin, Demos dan Nomos. Demos diberipengertian rakyat, Nomos menulis. Secara singkatnya, demos dan nomos adalah catatan mengenai rakyat atau penduduk. Fungsi seseorang memahmi tentang demogarfi ialah untuk mengembangkan dan mengenalis lebih dalam mengenai hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk dan asek-aspek pembangunan.

Bonus Demografi


Pada dasarnya bonus demografi berasal dari kata “Demographic Dividend” yang digunakan dalam Bahasa Indonesia Bonus Demografi. Alasan penggunaan istilah bonus demografi karena penggunaan kata “bonus” dalam demografi sebagai upaya penyederhanaan istilah. Karena para ahli paham jikalau tidak semua masyarakat Indonesia mengenail dengan istilah demografi, apalagi demographic dividend  yang kerap digunakan oleh para pakar demografi.

Pengertian Bonus Demografi


Bonus Demografi dapat diartikan sebagai sebuah rasio kependudukan yang menggambarkan keuntungan. Hal itu karena melihat perbandingan jumlah penduduk usia nonproduktif (kurang dari 15 tahun dan lebih dari 64 tahun) lebih sedikit dibandingkan dengan penduduk usia produktif (15 hingga 64 tahun).

Setelah kita mendefenisikan tentang pengertian bonus demografi secara sederhana, ulasan selenjutnya akan mencoba memberikan pengertian bonus demografi menurut para ahli, berikut pengertian bonus demografi menurut para ahli.

Pengertian Bonus Demografi Menurut Para Ahli


Ada sekitar 6 pengertian bonus demografi menurut para ahli;

Wongboonsin (2003) memberikan pengertian bahwa bonus demografi (demographic dividen) adalah suatu keuntungan ekonomis yang disebabkan menurunnya rasio ketergantungan jumlah penduduk, sebagai hasil fertilitas jangka panjang.

Tifatul Sembiring (Kominfo, 2014), memberikan pengertian bonus demografi adalah suatu keadaan penduduk yang menguntungkan, karena jumlah penduduk didominasi oleh masyarakat yang masih berusia produktif .

BKKBN (2013), lembaga negara ini mengartikan bahwa bonus demografi adalah keuntungan jumlah penduduk yang dinikmati Negara. Sebagai akibat dari besarnya proporsi penduduk produktif yang ada dalam masyarakat.

Wikipedia (2016) memberikan pengertian bonus demografi sebagai fenomena penting yang di alami Indonesia karena suatu kondisi penduduknya yang lebih besar di usia produktif dibandingkan dengan usia tidak produktif.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (2016), memberikan ulasan bahwa bonus demografi adalah istilah dalam kependudukan yang mengambarkan jumlah usia produktif lebih besar dibandiangkan dengan usia tidak produktif.

Jimmy Ginting (2016), memberikan defenisi bonus demografi sebagai ledakan penduduk usia produktif yang akan terjadi di Indonesia pada tahun 2020 sampai tahun 2030.

Dari 6 pengertian bonus demografi tersebut dapat dikatakan jikalau parameter yang digunakan untuk mengambarkan arti bonus demografi adalah usia produktif dan perbandiangan dari jumlah penduduk yang akan dilami oleh Indonesia pada tahun 2020 sampai 2030.

Demikianlah 6 pengertian bonus demografi menurut para ahli lengkap, semoga makna bonus demografi ini dapat memberikan pencerahan bagi siapapun yang akan atau ingin mempelajari lebih dalam tentang arti bonus demografi. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;