4 Pengertian Produksi Menurut Para Ahli

Diposting pada
Pengertian Produksi Menurut Para Ahli
Pengertian Produksi Menurut Para Ahli

Indonesia pada faktanya merupakan salah satu arti negara berkembang dengan jumlah penduduk yang besar dan memiliki wilayah teritorial yang luas. Kondisi tersebut pada dasarnya menjadikan Indonesia memiliki peluang untuk menjadi basis produksi bagi  komoditi global, dan sebaliknya juga menjadi potensi pasar bagi komoditi negara-negara lain.

Oleh karena itu sesungguhnya di arus globalisasi seperti ini menjadikan Indonesia harus mampu melindungi masyarakat, lingkungan hidup, pasar domestik, dan sekaligus memanfaatkan potensi jumlah penduduk serta luas wilayahnya untuk membangun basis produksi yang dapat mendominasi pasar regional maupun global.

Produksi

Diakui ataupun tidak, sistem produksi yang ada dalam sebuah negara akan mampu menggerakkan para pelaku usaha, suatu kawasan dengan pembangunan ekonomi yang merata, kawasan ekonomi yang berdaya saing tinggi serta kawasan yang terintegrasi penuh dengan ekonomi global.

Oleh karena itulah, adanya produksi juga mampu menimbulkah berbagai aliran investasi, penghapusan tarif dan faktor-faktor lain secara progresif, yang dapat dituangkan dalam prosedur, kebijakan, regulasi dan peraturan lainnya di dalam upaya mengurangi hambatan-hambatan demi kemajuan bersama, adanya pemberlakuan sertifikasi dan standardisasi atas produk dan jasa, tidak terkecuali produksi dalam bentuk pangan.

Pengertian Produksi Menurut Para Ahli

Adapun definisi produksi menurut para ahli, antara lain;

  1. Drs. Bambang prishardoyo (2005)

Definisi produksi secara umum adalah suau bentuk agenda yang dilakukan dalam upaya memenuhi kebutuhan manusia, agenda ini lebih disempitkan haruslah agenda yang menghasilkan barang atau menambah nilai guna barang ataupun jasa.

  1. Imamul Arifin

Pengertian produksi secara sempit ia menmabhakan bahwa produski adalah proses akhir dari aktivitas kegiatan perekonomian dengan memanfaatkan atau menciptakan barang/jasa.

  1. Sofjan Assauri (2008)

Ahli ini mengatakan bahwa produksi  adalah  kegiatan  yang  mentransformasikan  semua  konektfitas yang menghasilakn kegiatan / aktivitas  sehingga aouput atau inputnya adalah barang  atau  jasa,  serta kegiatan yang dapat mendukung keberlangsungan manusia.

  1. Vincent Gaspersz (2004)

Ari produksi adalah fungsi  utama dalam berorganisasi, yang di dalamnya mengandung unsur aktivitas meningkatkan nilai jual dalam produk sehingga secara umumnya produksi adalah peningkatkan hasil dari apa yang telah di capai.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian produksi menurut para ahli. Semoga dengan adanya bahasan ini sendiri dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi pembaca yang sedang mencari literasi tentang “Produksi”.

5/5 - (1 vote)