Pengertian Ilmu Grafologi (Tulisan Tangan), Objek Kajian, dan 5 Manfaatnya

Diposting pada
grafologi
Pengertian Ilmu Grafologi

Mengenal dan juga memahami tentang kepribadian pada dasarnya sangatlah penting, alasan penting salah satu penyebabnya kerana memahmi kepribadian akan berpengaruh besar terhadap pergaulan maupun karir pekerjaan yang dialami oleh seseorang.

Disisi lainya, dengan memahmi karakter diri seseorang dapat dengan mudah mekamsimalkan potensi diri, sekaligus melaihat kekuarangan untuk diperbaiki. Salah satu cara termudah untuk mengenal diri adalah dengan menggunakan analisis tulisan tangan, bisa dilakukan dengan ilmu grafologi khususnya grafoterapi. Adapun ulasan lebih lanjut mengenai grafologi, pada tulisan ini indonesiastudents.com akan mengulas panjang lebar menganai pengertian Ilmu grafologi dan manfaat grafologi dalam kehidupan.

Grafologi

Diakui atupun tidak, dalam kehidupan manusia kajian terkait disiplin grafologi seringkali diperlukan untuk proses mencarai tenaga kerja yang berkulitas, sebab dengan adanya grafologi ini kepribadian seseorang pada pendekatan spikologi akan terungkap dengan jelas serta dapat dipertanggung jawabkan secara ke ilmuan.

Pengertian Grafologi

Grafologi adalah jenis karakteristik keilmuan yang menggembarkan serta menjelaskan tentang karakter serta kondisi psikologis manusia yang dilakukan berdasarkan pada bentuk tulisan tangan, bisa dalam tandan tangan, ataupun dalam bentuk tulisan lainnya.

Pengertian Ilmu Grafologi Menurut Para Ahli

Adapun definisi grafologi menurut para ahli, antara lain;

  1. Schultz (1977)

Grafologi adalah ilmu pengertahuan yang berusaha untuk mendeskripsikan kepribadian dengan didasarkan pada hubungan antara pikiran bawah sadar terhadap tulisan tangan yang dibuatnya. Adapaun kepribadian disini menjadi integrasi dari psikologis, sosial, moral, dan karakter yang ditunjukkan seseorang melalui interaksi dengan orang lain.

Objek Kajian Ilmu Grafologi

Adapun yang dipelajari dalam ilmu grafologi, antara lain;

  1. Pola-Pola Tulisan

Pola tulisan dalam struktur grafologi memeberikan penjelasan secara singkat dan padat tentang kondisi seseorang dalam ukuran psikologisnya. Pola ini sendiri memiliki banyak perbedaan antara satu masyarakat dengan masyarakat lainnya.

  1. Tarikan-Tarikan Otot

Pembejalaran tentang tes grafologi yang dilakukan selanjutnya dilakukan dengan memberikan gambaran terhadap tarian otot yang dilakukan seseorang dalam membuat tulisan. Tariakan otot antara kuat serta lemah memiliki karakteristik yang berbeda.

  1. Pola-pola huruf tertentu yang memiliki korelasi

Pola huruf menjadi salah satu bentuk grafologi yang penting untyk diketahui, korelasi ini di dapatkan dari banyaknya masyarakat yang tidak menyadari dari korelasi antara satu huruf dengan hruf lainnya. Oleh karena itulah setiap masyarakat wajib mengetahui tentag pentingnya pola huruf dalam grafologi.

Manfaat Grafologi

Adapun untuk manfaat mempelajari ilmu grafologi. Antara lain;

  1. Grafologi dapat memberikan gambaran mengenai kepribadian seseorang yang digunakan dalam kehidupan manusia.
  2. Grafologi untuk berkomunikasi, maksudnya adalah ketika kita mengenali suatu watak dari lawan komunikasi, maka komunikasi yang terjadi akan lebih efektif
  3. Grafologi bermanfat bagi penempatan pegawai yang ada diperusahaan. Alasan ini dilakukan karena pola tulisan tangan yang ditunjukan oleh seorang kariawan atau calon kariawan akan kita dengan mudah untuk menganalisis pola kerja hingga emosi dalam pekerjaanya.
  4. Grafologi bermanfaat untuk mengungkap kasus kejahatan, hal ini dilakukan oleh penyidik atau kepolisian yang biasanya dilhat dari kebohongan-kebohangan yang dilakukan
  5. Grafologi bermanfaat dalam pendidikan, alasan ini diungkapkan karena pada kenyataannya grafologi dapat dengan mudah mengetahui karakter, sifat, dan minat seseorang sejak awal sehingga hal ini akan mudah bagi orangtua atau peserta didik untuk bisa memberikan materi khusu tentang bidang yang pas atau bidang yang cocok bagi kepribadian seseorang tersebut.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang diberikan, dapatlah dikatakan bahwa grafologi adalah ilmu pengetahuan yang dipergunakan untuk menilai kepribadian, karakter, dan kepiribadian seseorang melalui kebiasan dalam tulisan tangan. Dimana dalam dunia akademik grafologi sendiri dimasukan kedalam bagian ilmu psikologi.

Demikianlah ulasan mengenai ilmu grafologi, yang mengulas lebih dalam tentang pengertian grafologi menurut para ahli, objek studi, dan manfaatnya lengkap. Semoga ulasan ini dapat memberikan pemahaman bagi siapapun yang akan mempelajari grafologi, khususnya mereka yang terjun dan mengambil jurusan psikologi.

5/5 - (1 vote)