8 Pengertian Resensi Buku Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

pengertian resensi buku

Secara bahasa atau etimologi, resensi pada dasarnya berasal dari bahasa latin “revidere atau recensere” yang berarti melihat kembali, menimbang atau menilai. Resensi buku banyak dilakukan oleh seseorang baik yang sudah profesional ataupun yang masih pada tahap pembelajar. Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini akan dijelaskan pengertian resensi buku menurut para ahli.

Resensi Buku

Resensi buku banyak dilakukan, karena selain melatih daya ingat yang tajam. Meresensi buku juga menjadi kewajiban bagi seseorang yang sedang mempelajari Bahasa Indonesia. Karena disetiap jenjang pendidikan, baik SD, SMP, SMA, sampai Perguruan Tinggi selalu terdapat sub bab tentang “Resensi Buku”. Oleh karena itulah demi memperdalam pengetahuan, pada kesempatan kali ini akan memberikan penjebaran mengenai pengertian resensi buku menurut para ahli.

Pengertian resensi buku menurut para ahli ada banyak, tapi umumnya para ahli sepakat bahwa resensi buku ialah tindakan yang dilakukan oleh seseorang penulis dan pembaca dalam mengulas kelebihan dan kekurangan buku yang dilakukan.

Pengertian Resensi Buku Menurut Para Ahli

Berikut 8 pengertian resensi buku menurut para ahli;


  1. Eka Budianta, memberikan pengertian bahwa rensesi buuku ialah tulisan dengan bentuk artikel yang paling sederhana.
  2. Kurniawan Djunaedi, memberikan pemahaman bahwa resensi adalah suatu bentuk pendapat subjektif yang lebih merupakan kupasan tentang hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti.
  3. Mukhsin Ahmadi, memberikan pengertian resensi buku adalah suatu bentuk uraian informatif tentang isi serta kualitas buku atau angkaian peristiwa kepada khalayak umum.
  4. Widjono, mengungkapkan bawa resensi ialah ulasan hasil karya orang lain, baik buku, film produk teknologi, dan lain-lain. Sebagai pertimbangan sekaligus gambaran kepada seseorang mengenai hasil karya yang dibuatnya.
  5. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), memberikan pemahaman bahwa resensi buku adalah suatu bentuk pertimbangan atau pembicaraan tentang buku atau ulasan buku yang dilakukan penulisnya atau dilakukan oleh pembaca yang sudah tutas atau menyelesaikan bacaannya.
  6. Panuti Sudjiman, memberikan pemahaman bahwa resnsi buku adalah suatu hasil pembahasan dan penilaian yang singkat tentang karya tulis. Konteks ini secara tindak langsung, tentusaja memberi arti resensi sebagai penilaian, mengungkap sekilas, membahas singkat tentang berbagai bentuk buku.
  7. Saryono, menurutnya resensi buku ialah suatu bentuk tulisan berupa esai atau artikel mengenai sebuah buku. Yang isi resensi buku berupa laporan, ulasan, atau pertimbangan baik-buruk, kuat-lemah, bermanfaat-tidak , benar-salah. Dengan menggunakan bahwa yang argumentative dengan mencantumkan foto buku atau foto copy sampul buku yang diresensi.
  8. WJS. Poerwadarminta, mengemukakan bahwa resensi ialah suatu pertimbangan mengenai buku tertentu yang dinilai kelebihan atau kekurangan sehingga memberikan dorongan kepada khalayak umum tentang buku tersebut dibaca dan dimiliki atau dibeli. Biasanya perbincangan buku yang diresensi tersebut dimuat di surat kabar, baik online ataupun cetak.

Dari 8 pengertian resensi buku menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwasanya resensi buku ialah suatu usaha penulis atau pembaca untuk memberikan gambaran secara keseluruhan tapi singkat tentang hasil karya sastranya, sehingga ulasan tersebut diharapkan mampu mendorong kepada khalayak umum untuk membaca buku yang diserensi.

Artikel Terkait;

  1. Pengertian Editorial atau Tajuk Rencana, Isi, dan Cara Menulisnya
  2. 8 Cara Menulis Novel Bagi Pemula Versi Raditya Dika
  3. Pengertian Kata Ulang, Jenis-Jenis, Makna dan Cara Menulisnya

Demikianlah pengertian resensi buku menurut para ahli, semoga tulisan kali ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi siapapun yang ingin mempelajari dan mengulas lebih dalam tentang resensi buku. Trimakasih,

8 Pengertian Resensi Buku Menurut Para Ahli Lengkap
Rate this post