7 Pengertian Metode Jigsaw Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Metode Jigsaw– Banyak sekali metode pembelajaran yang harus dipahami oleh seorang guru atau calon guru. Metode pemebalajaran ini sangatlah penting untuk dimengerti, alasanya dengan metode pembelajaran yang baik tentunya akan menjadikan peserta didik (murid) memahami sekaligus mengerti tentang materi yang disampaikan oleh guru (tenaga pendidik). Adapun salah satu metode pembejaran yang karapkali disebutkan adalah metode jigsaw.

Baca: 4 Pengertian Model Pembelajaran CIRC Menurut Para Ahli Lengkap

Pada hakekatnya istilah jigsaw menurut berbagi pedapat berasal dari Bahasa Ingris yang artinya gergaji ukir dan bahkan adapula yang menyebutkan dengan istilah fuzzle. Jigsaw atau fuzzle tersebut ialah sebuah teka teki yang menyususn potongan gambar. Oleh karena itu jika diberikan pengertian metode jigsaw adalah sebagai berikut:

Pengertian Metode Jigsaw


Pengertian metode jigsaw adalah suatu model pembelajaran kooperatif yang mengambil pola sebuah gergaji, dimana seorang peserta didik di instruksikan oleh guru untuk melakukan kegiatan belajar dengan cara bekerja sama antara siswa satu dengan yang lainnya, sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat mencapai tujuan seperti yang diharapkan.

Ulasan pengertian tersebut barangkali perlu untuk indonesiastudents.com perjelas kembali tentang pengertian jigsaw menurut para ahli.

Pengertian Jigsaw Menurut Para Ahli


Berikut ini pengertian jigsaw menurut para ahli;

Husna, dkk (2013)
Memberikan pengertian jigsaw sebagai suatu metode pembelajaran yang menitik beratkan proses belajar kepada kerja kelompok peserta didik yang dibagi dalam dalam bentuk kelompok kecil.

Lie ( 1993)
Menurutnya jigsaw adalah suatu bentuk pembelajaran kooperatif yang diterpakan dengan membentuk peserta didik dalam kelompok kecil, yang biasanya terdiri atas empat dan enam siswa yang dibuat secara heterogen.

Rusman (2008)
Menurutnya model pembelajaran jigsaw adalah pembelajaran yang dilakukan dengan mendorong peserta didik untuk mengemukaan pendapat dan mengelola informasi sehingga siswa secara langsung mampu untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dari materi yang telah dipelajari.

Arends (1997)
Memberikan pemahaman bahwa model pembelajaran jigsaw adalah tipe pembelajaran kooperatif yang membentuk beberapa anggota dalam satu kelompok siswa untuk bisa bertanggung jawab atas materi yang telah disampaikan.

Slavin (2005)
Menurutnya model pembelajaran jigsaw adalah jenis metode-metode kooperatif yang paling fleksibel karena dapat diterapkan dalam jenjang pendidikan apapaun.

Zaini (2008)
Memberikan pengertian jigsaw sebagai strategi pembelajaran yang digunakan jika materi dapat dibagi menjadi beberapa bagian dan dalam menyempaikannya tidak mengharuskan sistematis. Sehingga dapat dikatakan bahwa kelebihan strategi ini ialah dapat melibatkan para siswa untuk belajar dan smengajarkan kepada siswa lain.

Sudrajat (2008)
Memberikan pengertian bahwa tipe pembelajaran kooperatif jigsaw adalah pembelajaran yang dilakukan dengan berkelompok dan mampu mengajarkan materi tersebut kepada kelompok lainya.

Dari 7 pengertian jigsaw menurut para ahli tersebut dapat dikatakan bahwa dalam penerapan metode pembelajaran jigsaw ini seorang guru harus memperhatikan latar belakang peserta didik sehingga mampu menjadi suatu bahan pelajaran yang lebih bermakna. Selain itu, peserta didik juga di instruksikan untuk bisa bekerja sama dalam mengolah informasi dan meningkatkan ketrampilan berkomunikasi yang dimilikinya.

Demikialah pembahasan mengenai pengertian metode jigsaw disertai dengan pengertian jigsaw menurut para ahli, semoga dapat memberikan pencerahan sekaligus pemahaman bagi siapapun yang sedang atau akan melakukan sebuah pengejaran. Trimakasih, baca juga artikel lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *