Penjelasan Lengkap Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science)

Diposting pada

Model Pembelajaran CLIS- Istilah model pembelajaran CILS barangkali cukup asing bagi mereka yang berasal dari disiplin ilmu pendidikan sosial, seperti pendidikan sosiologi, ekonomi, dan lain sebaginya. Akan tetapi bagi mereka yang berasal dari ilmu eksakta model pembelajaran CILS menjadi suatu kewajiban untuk diketahaui.

Baca: 7 Pengertian Model Pembelajaran Jigsaw Menurut Para Ahli

CILS pada dasarnya singkatan dari Children Learning In Science dimana tujuan model pembelajaran ini ialah membentuk pengetahuan dalam memberi peserta didik agar pengetahuan tersebut mampu masuk dalam ingatan murid. Model pembelajara ini secara sederhana selalu memuat sederetan tahap kegiatan peserta didik dalam  dalam mempelajari pengatahuan yang diajarkan oleh tenaga pendidikan. Adapun pengertian secara model pembejaran CLIS adalah sebagai berikut;

Pengertian Model Pembelajaran CLIS


Model pembelajaran CLIS dapat diartikan sebagai model pembelajaran yang menerapkan suatu bentuk kerangka berpikir kepada peserta didik dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendorong siswa untuk ikut dalam kegiatan pengamatan dan percobaan dalam mata pelajaran yang disampaikan.

Sebagai upaya memperjelas pengertian tersebut, selanjutnya indonesiastudents.com akan memberikan pengertian model pembelajaran CILS menurut para ahli.

Pengertian Model Pembelajaran CILS Menurut Para Ahli


Berikut ini ulasan para ahli dalam mendefenisikan model pembelajaran CILS.

Alfiati Syafrina (2000), Memberikan pengertian bahwa model pembelajaran CLIS ialah suatu model pembelajaran dalam penyampain memilki tahapan-tahapan untuk mondorong perubahan konseptual pada peserta didik.

Nuriman Wijaya (1997), model pembelajaran CLIS ialah model pembelajaran yang mengungkapkan pertukaran gagasan antara peserta didik dengan tenaga pendidik dalam rangka pembukaan situasi, kontruksi gagasan baru serta evaluasi.


Langkah-langkah Penerapan Model Pembelajaran CLIS


Langkah-langkah model pembelajaran CLIS menurut Rosalind Driver, ialah sebagai berikut;

  • Orientasi.
  • Pemunculan gagasan.
  • Penyusunan ulang gagasan.
  • Penerapan gagasan.
  • Mengkaji ulang perubahan gagasan.
Kelebihan Model Pembelajaran CLIS

Ada banyak kelebihan dalam penerapan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) diantaranya adalah ebagai berikut:

1. Gagasan peserta didik lebih mudah dimunculkan
2. Membiasakan peserta didik untuk belajar mandiri
3. Membiasakan peserta didik untuk memecahkan suatu masalah
4. Menciptakan kreativitas peserta didik sehingga  tercipta suasana kelas.

Kelemahan Model Pembelajaran CLIS

Setiap model pembelajaran yang diterapkan tentu memiliki kekuaranga, adapaun kekurangan daripada model pembelajaran CLIS  (Children Learning In Science) adalah sebagai berikut;

  1. Menuntut untuk menyiapkan model pembelajaran dalam setiap topik pelajaran yang diajarkan ,sehingga memerlukan sarana, seperti laboratorium.
  2. Penerapan model pembelajaran ini akan mengalami masalah jika seorang peserta didik belum terbiasa belajar mandiri atapun berkelompok karena hal-hal tertentu yang membut mereka kurang memahami makna pengetahuan yang didapatkannya.

Demikianlah ulasan atas penjelasan mengenai model pembelajaran CLIS yang dilengkapi dengan pengertian, langkah-langkah penerapan model pembelajaran CLIS, kelebihan model pembelajaran CLIS beserta kekuaranganya. Semoga dapat bermanfaat, dan trimakasih.

Jangan Lupa Baca Artikel Lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *