“Taman Bacaan Masyarakat “ Pengertian, Program, dan Kegiatannya Lengkap

Posted on

“Taman Bacaan Masyarakat “ Pengertian, Program, dan Kegiatannya Lengkap

Pengertian Taman Bacaan Masyarakat

indonesiastudents.comTaman Bacaan Masyarakat (TBM) menjadi salah satu unsur penting dalam suatu bangsa. Hal ini dikerenakan taman bacaan masyarakat akan mampu mencerdaskan kehidupan bangsa, dari semua element dan unsur. Apalagi setelah 70 tahun indonesia merdeka, masih ada banyak rakyat yang belum mendapatkan pendidikan secara layak. sehingga diperlukan suatu inovasi yang diharapkan dapat meningkatkan taraf sistem pendidikan, salah satunya ialah menyelenggarakan taman bacaan masyarakat.

Baca: 7 Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli dan Fungsinya Lengkap

Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam artikel ini indonesiastudents.com akan menguraikan tentang pengertian taman bacaan masyarakat, program, dan kegiatannya. Berikut uraian tentang “Taman Bacaan Masyarakat” tersebut;

Pengertian Taman Bacaan Masyarakat


Taman Bacaan Masyarakat adalah suatu bentuk lembaga pendidikan yang mampu menyediakan berbagai bentuk bahan belajar yang dibutuhkan oleh masyarakat itu sendiri. Sebagai tempat pembelajaran, tentusaja taman bacaan masyarakat harus mampu melakukan pembinaan membaca dan belajar, sekaligus  mendapatkan informasi atau pengatahuan (Depdiknas, 2008).

Sedangkan pengertian taman bacaan masyarakat menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

Pengertian Taman Bacaan Masyarakat Menurut Para Ahli


Nyai Edit (dalam Kompasiana, 2015)

Taman bacaan masyarakat adalah suatu bentuk wadah yang bergerak di dalam masyarakat, yang mana menyangkut bidang pendidikan sehingga mampu untuk meningkatkan minat baca tanpa menggolongkan status sosial, budaya, ekonomi, agama, adat istiadat, dan tingkat pendidikan.

Sutarno  NS  (2006)

Menurutnya, arti taman  bacaan  masyarakat  ialah susunan lembaga pendidikan yang memiliki  tanngung  jawab,  wewenang,  dan  berbagai bentuk hak  masyarakat  dalam  mengelola, membangun,  dan mengembangkannya. Dalam pengertian menurut pakar ini, taman bacaan masyarakat perlu untuk rasa untuk ikut memiliki dan bertanggung jawab.

Amrin  (2011)

Taman  bacaan  masyarakat  adalah lembaga  atau  unit  layanan  mengenai berbagai  kebutuhan bacaan  yang harus berguna  bagi   masyarakat di suatu desa ataupun wilayah  dibagunnya TBM.

Dari 3 pengertian taman  bacaan  masyarakat  menurut para ahli diatas, dapatlah dikatakan jikalau penyelenggaraan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sejatinya bukan hanya untuk mengumpulkan atapun menyimpan berbagai bentuk bahan-bahan pustaka, akan tetapi dengan adanya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) ini diharapkan dapat juga membantu warga atau masyarakat untuk dapat belajar dalam menimba ilmu pengetahuan, mewujudkan keterampilan yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam belajar.

Oleh karena itu agar dapat menunjang seluruh element masyarakat dan warga, dengan belajar gemar membaca, maka sudah dapat dipastikan dalam pengadaan atau penyelenggaraan bahan bacaan di TBM harus mempertimbangkan segala seuatu atau selera dan kebutuhan warga untuk belajar.

Program Taman  Bacaan  Masyarakat


Berikut berbagai program yang bisa dijalankan dalam taman  bacaan  masyarakat ;

  1. Meningkatkan budaya membaca, dimana membaca merupakan upaya yang ampuh untuk memperoleh akses langsung guna memperoleh ilmu dan pengetahuan serta penguasaan teknologi. Upaya meningkatkan buadaya membaca ini sangat bergantung pada intensitas minat baca bagi setiap individu.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan kepekaaan terhadap berbagai fenomena sosial atau budaya yang sedang berkembang.
  3. Taman bacaan masyarakat akan mampu untuk meminimalisir buta aksara yang ada di dalam masyarakat.

Sebagai institusi daripada lembaga pendidikan, yang memiliki koleksi terhadap berbagai ilmu pengetahuan maka suatu TBM (Taman  Bacaan  Masyarakat ) perlu untuk mendesain atau berupaya menarik masyarakat untuk berkeunjung di TBM tersebut. Untuk itulah pengelola Taman Bacaan Masyarakat setidaknya perlu membuat kegiatan, diantarnya kegiatan TBM yang dijalankan adalah sebagai berikut;

Kegiatan Taman  Bacaan  Masyarakat Agar Menarik Minat Masyarakat


  • Sosialisasi melalui organisasi-organisasi masyarakat yang ada.

  • Membuat leaflet sebagai alat promosi.
  • Mengupayakan agar selalu terjadi sirkulasi buku.
  • Menyediakan bahan bacaan atau bahan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  • Menyediakan bahan bacaan yang merangsang keingintahuan masyarakat.
  • Mengadakan berbagai jenis lomba bagi pengujung.
  • Memberikan penghargaan kepada pengunjung setia.
  • Mendesain TBM sebagai tempat yang menarik untuk didatangi.
  • Menyediakan tempat yang nyaman dan santai untuk membaca.

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sangatlah penting untuk diterapkan dalam masyarakat, alasan hal ini diungkapkan karena menurut hasil penelitian Hapsari (2009) tentang Analisis Sistemik Penyelenggaraan Taman Bacaan Masyarakat di Kabupaten Semarang, menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya TBM yang ada mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kekurangan dan terutama kritik yang banyak dilontarkan lebih berkaitan dengan keseriusan penyelenggara dalam menyelenggarakan dan mengelola TBM agar lebih profesional.

Kelebihan TBM yang ada terutama bagi TBM yang berlokasi jauh dari perkotaan memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan bahan bacaan.

Sedangkan berdasarkan hasil penelitian Khayatun (2011) tentang Keragaan Taman Bacaan Masyarakat Bogor dan Permasalahannya, menunjukkan bahwa TBM pada umumnya belum dikelola dengan baik, jumlah koleksi sangat sedikit, dan belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian taman bacaan masyarakat, program taman bacaan masyarakat, kegiatan, dan juga berbagai hasil penelitian pentingnya “Taman Bacaan Masyarakat”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. Pengertian Pemberdayaan Masyarakat, Konsep Pemberdayaan dan Contohnya Lengkap
  2. Pengertian Demografi Lengkap dan Contoh Pentingnya Demografi Bagi Masyarakat
  3. 8 Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli, Contoh, dan Cirinya [Lengkap]
  4. 17 Pengertian Masyarakat Multikultural dan Cirinya Menurut Ahli Lengkap
“Taman Bacaan Masyarakat “ Pengertian, Program, dan Kegiatannya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]