5 Pengertian Praktikum Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Praktikum Menurut Para Ahli

Istilah praktikum barangkali tak asing, bagi pendidikan di Indonesia. Sebab mulai dari Sekolah Dasar (SD) sampai Perguruan Tinggi (PT) metode pembelajaran dengan praktikum selalu diterpakan. Pembelajaran praktikum ini diterapkapkan umumnya untuk pelajaran-pelajaran eksakta, seperti pelajaran fisika, kimia, matematika, biologi, pertanian, kesehatan, dan lain sebagainya.

Daftar Isi

Praktikum

Jika dilihat dari segi bahasa praktikum berasal dari kata dasar praktik yang memiliki arti pelaksanaan. Meskipun begitu praktik yang menjadi praktikum sering kita lakukan dan menjadi rutinitas sehari-hari tak jarang diantara kita, kurang mengetahui tentang pengertian praktikum.

Pengertian Praktikum

Praktikum adalah serangkaian proses pembelajaran kepada peserta didik dari tenaga pendidik untuk mengamati obyek, menganalisis, membuktikan dan membuat kesimpulan atau laporan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan. Laporan percobaan ilmiah sederhana yang dilakukan dengan bentuk tulisan, baik ditulis tangan ataupun menggunakan mesin ketik.

Pengertian Praktikum Menurut Para Ahli

Adapun definisi praktikum menurut para ahli. Antara lain;

  1. Lunetta

Memberikan pengertian bahwa praktikum adalah pembelajaran yang dilakukan dengan hubungan interaksi melalui sebuah kegiatan mengamati dan memahami dunia alam yang diakukan oleh peserta didik.

  1. Ekabahasa

Memberikan pengertian praktikum sebagai bagian dari pada suatu pengajaran, yang bertujuan agar peserta didik mendapat kesempatan untuk menguji.

  1. Soekarno

Memberikan pengertian praktikum sebagai cara mengajar yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan fakta atau pembuktian fakta yang penting untuk diketahui.

  1. Djamarah dan Zain

Mendefenisikan praktikum sebagai proses pembelajaran tenaga pendidik kepada peserta didik untuk dapat melakukan dan mengalami sendiri tentang materi yang dipelajari.

  1. Winatapura

Memberikan keterangan bahwa praktikum adalah cara penyajian yang disusun oleh peserta didik secara aktif untuk kemudian dapat mengalami dan membuktikan sendiri tentang apa yang telah dipelajari.

Ciri Laporan Praktikum

Ciri-ciri terselenggaranya praktikum. Antara lain;

  1. Laporan ditulis berdasarkan Pengalaman langsung (first-hand experiences)
  2. Laopran dilakukan setelah percobaan
Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapatlah dikatakan bahwa praktikum dilakukan oleh tenaga pendidik untuk peserta didik agar mampu membutikan atau menguji fenomena-fenomena tentang permasalahan tertentu. Pengujian praktikum biasanya dilakukan dengan di laboratorium.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian praktikum yang disertakan pula dengan pengertian praktikum menurut para ahli, semoga bermanfaat dan dapat membantumu dalam mengerjakan tugas tentang apa praktikum, termasuk pengertian laporan praktikum.

4.8/5 - (31 votes)