Menjawab Apa itu SBMPTN?

Diposting pada

Apa itu SBMPTN dan SNMPTN

indonesiastudents.com– Buat sobat setanah air, khususnya bagi kalian yang sedang duduk di kelas 12 SMK/SMA/MA apa kabar kalian? Apa kabar juga persiapan UN nya? Apakah masih saja santai-santai atau sudah mulai berlari mengejar UN? Pastinya kian sudah sibuk dengan belajar, les atau bimbel, try out, dan mengerjakan soal-soal UN tahun-tahun kemarin.

Baca: 6 Tips Memilih Jurusan SBMPTN Agar Lulus

Mempersiapkan UN dengan sematang-matangnya agar lulus serta mendapatkan nilai terbaik itu yang harus kalian lakukan sekarang tetapi bagi kalian yang akan melanjutkan kejenjang perguruan tinggi sudah mulai harus mengetahui apa saja yang harus kalian lakukan agar bisa diterima pada perguruan tinggi yang akan kalian pilih. Paling tidak kalian harus tahu tentang apa saja jalur masuk perguruantinggi yang saat ini,fokus UN wajib tapi tidak boleh kudet tentang info jalur masuk perguruan tinggi.

Baca: 8 Mitos Seputar SBMPTN Agar Tidak Salah Paham

Bagi kalian lulusan angkatan 2016 pastinya sudah mengerti  tentang apa itu SNMPTN dan SBMPTN karena paling tidak kalian sudah mengalaminya untung masuk perguruan tinggi di tahun 2016 kemarin. Bagi kalian yang akan lulus di tahun 2017 ini jika kalain ingin benar-benar melanjutkan ke perguruan tinggi simak selengkapnya untuk mengetahui apa itu SBMPTN.

Apa Itu SBMPTN


Kesempatan ini akan ada penjelasan tentang Apa itu SBMPTN?  Kalian pastinya sudah mengetahui tentang gambaran SNMPTN karena mulai dari awal februari 2017 ini sekolah tingat menegah atas sudah mulai mengkomandoi siswa-siswanya untuk mengisi borang SNMPTN. Pastinya saat ini kalian akan bosan mendengar kabar UN dan SNMPTN di sekolah kalian sedangkan SBMPTN tidak ada kabar atau baru wacana yang belum serius, mengapa? Karena SBMPTN sudah bukan tanggung jawab sekolah lagi. Jadi dapat disimpulkan SBMPTN adalah hal yangharus kalian gali sendiri mulai dari informasi seputar SBMPTN, cara-cara SBMPTN, dan lain-lain.

Nah, sebenarnya SBMPTN adalah hal yang harus kalian anggap serius melebihi UN dan SNMPTN, mengapa? Coba kalian pikirkan, UN dan SNMPTN yang akan kalian hadapi masih mendapat bimbingan pihak sekolah yang selalu menginformasikan setiap saat dan melatih kalian untuk mampu menghadapi UN. Sedangkan SBMPTN itu sendiri tidak akan di jelaskan secara detail oleh pihak sekolah, tidak akan dibimbing cara menghadapinya, atau pun proses pelaksanaannya. Ibaratnya makan, UN dan SNMPTN adalah makanan yang akan di suapi sedangkan SBMPTN adalah makanan yang harus kalian cari bahan mentahnya, harus kalian mask dulu, dan kalian memakannya sendiri.

SBMPTN adalah tes masuk perguruan tinggi negri yang diadakan setelah UN.  Jika kalian dahulu saat masuk SMA melalui jalur tes tidak jauh berbeda perjalanan proses nya seperti itu yang membedakan,  SBMPTN lebih rumit mulai dari proses registrasi hingga pengadaan tes nya tapi jika kalian banyak membaca infoseputar SBMPTN pastinya tidak akan rumit.

Jalur masuk SBMPTN ini merupakan jalur murni dari nilai yang kalian dapatkan ketika tes berbeda sekali dengan SNMPTN yang menggunakan nilai rapor dan ujian nasional. Perlu kalian ketahui SBMPTN ini baru diadakan sejak tahun 2013 bisa dibilang ini tahun kelima SBMPTN di adakan. SBMPTN ini diadakan oleh seluruh PTN secara serentak dibawah pengawasan panitia khusus SBMPTN.

Pertama sekali yang harus kalian lakukan dan perhatikan untuk mengikuti SBMPTN adalah registrasi di laman resminya kemudian mengisi borang yang disajikan, langak terakhir registrasi adlah ketika kalian sudah memiliki kartu tanda peserta SBMPTN,  kedua kalian harus memperhatikan bagaimana cara mengerjaka soal SBMPTN, ketiga proses TES, dan terakhir pengumuman.

Jadi kesimpulan tentang apa itu SBMPTN adalah sebuah tes yang begitu singkat jika di perhatikan dan begitu rumit bila diabaikan. Semoga penjelasan diatas dapat menjawab mengenai pertanyaan sobat tentang Apa itu SBMPTN?. Jangan Lupba Baca Juga Artikel Lainnya;