4 Pengertian Pembelajaran Online/Internet Menurut Para Ahli dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Pembelajaran Online Menurut Para Ahli

Bidang pendidikan akhir-akhir ini diakui ataupun tidak menjadi salah satu faktor yang sangat fundamental. Alasannya karena pendidikan dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan, serta merupakan faktor penentu bagi perkembangan sosial dan ekonomi ke arah kondisi yang lebih baik.

Disisi lainnya, pendidikan juga dipandang sebagai sarana paling strategis untuk mengangkat harkat dan martabat suatu bangsa. Mengingat begitu pentingnya peran pendidikan maka kegaiatan atau proses belajar mengajar pada saat ini seringkali dilakukan online, yakni dengan media dan materi pembelajaran yang lengkap dan didukung dengan jaringan internet yang sangat cepat.

Pembejalaran Online

Pembelajaran online adalah suatu jenis konsep belajar mengajar yang dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik, terutama komputer. Istilah lain daripada pembelajaran online sendiri disebut dengan pembejaran elektronik, on line learning, e-Learning, internet-enabled learning, virtual learning, atau web-based learning.

Pengertian Pembelajaran Online Menurut Para Ahli

Adapun definisi sistem pembelajaran online menurut para ahli, antara lain;

  1. Herry Fitriyadi (2013)

Potensi manfaat TIK untuk pendidikan, yaitu: berfungsi sebagai enabler untuk pembelajaran seumur hidup; membawa perubahan peran guru dalam mengajar dan peran siswa dalam belajar; menyediakan akses terbuka terhadap materi dan informasi interaktif melalui jaringan; menghilangkan kendala waktu dan ruang dalam lingkungan belajar; mendukung organisasi dan manajemen pembelajaran dan pendidikan; dan mem buka peluang kolaborasi antar-guru dan antar-siswa.

  1. Patricia & Keith (2007)

Menurutnya sistem belajar online menunjukkan bahwa 88% mahasiswa merasa puas dan termotivasi dengan metode belajar jarak jauh secara online yang diterapkan universitas dan 77% dari mereka akan merekomendasikannya kepada rekan lainya.

Respon terhadap pelaksanaan model ini menunjukkan bahwa 49% termotivasi karena kemudahan dalam mengakses informasi dan materi pembelajaran, 76% karena alasan fleksibilitas dan 22% karena alasan kemudahan beradaptasi.

  1. Misran dan Yunus (2020)

Setidaknya terdapat beberapa kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran online, salah satunya adalah kurang efektifnya pembelajaran tersebut. Kurang efektifnya pembelajaran ini karena beberapa materi sulit untuk dipahami oleh siswa khususnya materi yang berhubungan dengan perhitungan, seperti matematika.

  1. Suryani (2013)

Mengungkapkan bahwa pembelajaran online memiliki kelemahan seperti tidak adanya interaksi langsung antara guru dan siswa. Hilangnya interaksi tatap muka ini menyebabkan unsur-unsur non verbal dalam berinteraksi tidak maksimal.

Contoh Pembelajaran Online

Berkaitan dengan hal tersebut, dengan dimasukannya konten sistem pembelajaran online dalam dunia pendidikan dengan contoh kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Email dan Google Drive

Adanya tugas yang diberikan sekaligus dikirim melalui email atau langsung menggunakan google drive sangatlah diharapkan para peserta didik dapat untuk selalu konkret dengan apa yang mereka hadapi serta dapat mengembangkan kecakapan hidup (life skill) dengan bertumpu pada pemberdayaan keterampilan dan potensi lokal daerahnya dimasing-masing.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian pembelajaran online menurut para ahli dan contohnya yang mudah ditemukan. Semoga dapat bermanfaat bagi senapa pembaca yang sedang mencari tentang pembahasan “Pembelajaran Online”.

4/5 - (1 vote)