Arti Vandalisme Dan Contohnya

Diposting pada

indonesiastudents.com– Vandalisme telah menjadi wabah di Indonesia. Sadar atau tidak disadari di setiap harinya prilaku vandalisme selalu kita lakukan. Dari sekedar corat-coret tembok hingga perusakan lingkungan. Adapun sebagai penejasan lebih lanjut menganai vadalisme, berikut indonesiastudents.com akan memberikan arti vandalisme dan contoh vandalisme.

Arti Vandalisme Dan Contoh Vandalisme


Arti Vandalisme


Vandalisme adalah perilaku yang membahayakan karena dapat merusak keindahan alam dan lingkungan. Vandalisme ini tidak hanya mengacu pada suatu bentuk perilaku pelaku, akan tetapi tetapi juga mencakup motivasi dari masing-masing pelaku.

Adapun pengertian vandalisme menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), vandalisme /van-dal-is-me/n adalah perbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya seni dan barang berharga lainnya (keindahan alam dan sebagainya), atau vandalisme diartikan sebagai perusakan dan penghancuran secara kasar dan ganas.

Baca: Bonus Demografi Indonesia dalam Angka

Sedangkan menurut para ahli, Haryadi dan Setiawan (1995), vandalisme adalah segala macam perilaku yang menyebabkan kerusakan atau penghancuran benda pribadi atau publik. Tidak ada definisi yang jelas tentang vandalisme secara khusus. Meskipun sebagian besar ahli melihat bahwa vandalisme pada dasarnya adalah perilaku yang membahayakan, para ahli tidak menemukan kesepakantan dalam mendefinisikan vandalisme secara spesifik. Istilah Vandalisme tidak hanya mengacu mengacu pada perilaku pelaku, tetapi juga mencakup motivasi dari masing-masing pelaku.

Dari pengertian vandalisme diatas, dapat diketahui bahwa contoh vandalisme seperti perilaku seperti membuang sampah sembarangan, mencoret-coret ruang publik, atau mencoret cagar budaya.

Contoh-Contoh Vadalisme


Berikut contoh vandalisme yang terjadi di Indonesia;

Contoh Vandalisme di Cagar Budaya.

Seperti yang terjadi di Museum Lampung. Pemandangan hasil “kreatif” tangan tangan jahil seperti itu bisa ditemui di bangunan sejarah Lamban Pesagi di Kawasan Museum Ruwa Jurai Provinsi Lampung. Beragam coretan memenuhi bangunan rumah adat masyarakat Lampung yang jadi ikon Museum Lampung. Mulai dari tiang pancang bangunan, dinding, tangga, hingga lumbung padi yang berada di bagian belakang, tidak luput dari aksi vandalisme yang mayoritas berisi pesan cinta (Prasetyo, 2014).

Contoh Vandalisme yang Dilakukan Pendaki Gunung.

Para pendaki yang seharusnya menjaga keindahan alam justru melakukan tindakan Vandalisme dengan melakukan aksi corat-coret, seperti yang terjadi di gunung Lawu (Anonim, 2011).


Dampak dari Perilaku Vandalisme

  • Perusakan Terhadap lingkungan
  • Mengganggu Ketertiban
  • Mengganggu Keindahan/Kenyamanan Orang Lain

Demikianlah ulasan mengenai arti vandalisme dan contoh kegiatan vandalisme yang sering dilakukan oleh peserta didik, para remaja, orang-orang dewasa, atau yang lainnya. Oleh karenanya dengan adanya definisi vandalisme ini semoga dapat menjauhkan kita dari prilaku-prilaku vandalisme. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;