4+ Pengertian Seni Ukir dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Seni Ukir dan Contoh Seni Ukir

indonesiastudents.comSeni ukir merupakan istilah yang familir di Indonesia, seni ukir biasanya berupa gambar hiasan dengan bagian cekung/kruwikan, cembung/buledan, yang akhirnya tersusun menjadi gambar yang elegan.

Baca: 4 Pengertian Museum Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian secara sederhana tersebut, akhir berkembang hingga menjadi terkenal dengan sitilah “seni ukir”. Adapun secara bahasanya istilah “Seni Ukir” berasal dari dua kata, yakni ukir dan seni. Ukir iyalah juru atau orang yang pandai-tukang membuat kreatifitas. Sedangkan orang yang berprofesi sebagai seni ukir disebut dengan tukang ukir, yang identik pekerjaan yang dilakukan mengukir, menorah, menggores, memahat, dan lain sebaginya.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, pada tulisan ini indonesiastudents.com akan memberikan jawaban atas pertanyaan Apa itu seni ukir?.

Pengertian Seni Ukir


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ukir berarti bercacah (memahat atau menggores), yaitu mencacah (menoreh, memahat, dan sebagainya) untuk membuat lukisan (gambar dan sebagainya) pada kayu (batu, logam, dan sebagainya). Sedangkan kata seni berarti keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dan lain sebagainya).

Dari dua kata tersebut dapat disimpulkan bahwa seni ukir adalah karya seni yang terbuat dari batang pohon yang dicacah dengan cara dipahat atau digores sehingga menghasilkan sebuah benda yang bernilai seni.

Pengertian Seni Ukir Menurut Para Ahli


Tiara (2017)

Menurutnya, definisi seni ukir adalah suatu bentuk karya seni terbuat dari kayu yang biasanya digunakan untuk aneka hiasan rumah, toko, dan lain sebaginya.

Fun-Fun (2017)

Pengertian seni ukir adalah seni yang dilakukan dan terbuat di atas media kayu

Saat ini, seni ukir, khususunya kayu telah berkembang diberbagai wilayah Indonesia, sampai daerah-daerah terpencil sekalipun. Bahkan, setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri pada hasil ukir.

Missalnya untuk contoh seni ukir, antara lain;

Contoh Seni Ukir


Seni Ukir Kayu dari jepara

contoh seni ukir jepara

Seni ukir dari suku asmat di Papua

contoh seni ukir suku asmat

Seni ukir dari suku toraja di Sulawesi

contoh seni ukir toraja

Demikianlan ulasan mengenai pengertian seni ukir dan contoh seni ukir dari berbegai daerah yang ada di Indonesia, semoga pengertian ini dapat memberikan pemahaman bagi para pembaca yang sedang mencari referensi apa “Seni Ukir” trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. 13 Pengertian Supervisi Pendidikan Menurut Para Ahli
  2. 4 Fungsi Sikap Beserta Penjelasan dan Contohnya Lengkap
  3. Pengertian Sikap Positif Menurut Para Ahli Lengkap
  4. 10 Pengertian Sikap Menurut Para Ahli Lengkap