9 Aspek Geografi Fisik dan Non Fisik Serta Contohnya Lengkap

Posted on

Aspek Geografi Fisik dan Non Fisik

IndonesiaStudents.Com– Geografi sebagai suatu ilmu pengetahuan yang penting dalam kehidupan manusia tentusaja memiliki sejumlah aspek yang menjadi fokus dalam kajiannya. Aspek yang ada dalam ilmu geografi ini bisa dikatakan sebagai sudut pandang dalam mempelajari fenomena geosfer di muka Bumi. Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut dalam tulisan ini akan memberikan sejumlah penjelasan mengenai bagian daripada aspek geografi fisik dan non fisik serta contohnya.

Geografi

Pengertian geografi adalah imu pengetahuan yang memberikan keterkaitan antara ruang lingkup manusia dan dapak hubungan yang di timbulkan serta hubungan manusia dengan alam. Secara teoritisnya dalam geografi ini diberikan 3 jenis pendekatan. Jenis pendekatan dalam geografi antara lain adalah pendekatan keruangan , kewilayahan, dan pendekatan kelingkungan. Selengkapnya, baca; 3 Pendekatan Geografi, Jenis, dan Contohnya

Pendekatan dalam ilmu geografi ini secara lebih lanjut akan berpengaruh besar terhadap asek kajian dalam ilmu geografi.

Aspek Geografi

Aspek geografi menurut banyak pendapat para ahli, dapat dibedakan menjadi dua yaitu aspek fisik dan aspek nonfisik.  Yang keduanya memiliki keterkaitan satu sama lainnya, bahkan dalam keterkaiatan tersebut dalam bagiannya aspek ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Setidaknya bahkan ada 9 Jenis.

Aspek Geografi Fisik dan Non Fisik

Aspek geografi  dalam ilmu geografi adalah jenis penggunaan pendekatan keruangan dalam bagian aspek geografi yang memerlukan berbagai sudut pandang terhadap fenomena yang terjadi. Solusi terhadap permasalahan berkaitan dengan fenomena geosfer dapat berlangsung secara komprehensif. Penjelasan mengenai aspek fisik dan aspek nonfisik sebagai berikut.

Aspek Fisik

Aspek fisik kajian dalam ilmu geografi meliputi unsur-unsur geosfer yang ada di muka bumi ini. Adapun unsur-unsur tersebut saliang berkaitan lantaran tergolong dalam satu sifat fisik. Contoh kajian dalam aspek fisik ini antara lain adalah kajian mengenai tanah, air, iklim, cuaca, dan perlapisan batuan di Bumi.

Aspek fisik dalam kajian ilmu geografi ini setidainya daoat dibedakan sebagai berikut.

Aspek Topologi

Aspek topologi membahas fenomena berkaitan dengan letak wilayah, bentuk muka Bumi, luas wilayah, dan batas wilayah yang berciri khas tertentu. Aspek topologi ini menjadi bagian daripada asepk fisik, lantaran bentuk dan sifatnya terlihat secara nyata oleh kasap mata ilmu pengetahuan yang ada.

Aspek Biotik

Aspek biotik dalam asepk fisik ilmu geografi ini memberikan serta membahas karakter fisik manusia, hewan, dan tumbuhan dalam lingkup biosfer. Oleh karena inilah dalam aspek ini sangat dekat dalam ilmu biologi, sebagi bagian daripada Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Aspek Nonbiotik

Aspek nonbiotik dalam kajian ilmu geografi ini adalah aspek yang memberikan penjelasan serta pembahasan mengenai berbagai bentuk batuan, tanah, air, dan atmosfer yang ada di muka bumi ini. Dalam Aspek ini juga seringkali geografi dikenal dan dekat dengan kajian dalam ilmu kebumian.

Aspek Non Fisik

Pengertian kajian aspek nonfisik dalam studi ilmu geografi adalah manusia dengan segala hubungan serta dampaknya. Kajian ini seperti kependudukan, aktivitas budaya, ekonomi, budaya, dan bahkan sampai pada aktivitas politiknya. Oleh karena itulah dalam bagian aspek kajian nonfisik ini lebih fokus pada manusia.

Dalam aspek non fisik ini juga, ilmu geografi secara runtun memberikan penjelasan serta pembahasan yang runtun sebagai bagian daripada kajian ilmu sosial. Contoh dalam kajian ini misalnya saja dalah persebaran manusia/penduduk yang memiliki pebedaan antara di Pulau Sumatra dan Pulau Papua.

Selain itu, bagian atu bentuk daripada aspek nonfisik kajian geografi diantaranya adalah sebagai berikut;

Aspek Sosial

Aspek sosial dalam ilmu geografi adalah aspek yang memberikan penjelasan serta pemembahasan mengenai berbagai bentk adat, tradisi, kelompok masyarakat, dan lembaga sosial-lembaga sosial yang ada di dalam kehidupan masyarakat., baik lembaga ekonomi, lembaga agama, ataupu lembaga hukum.

Aspek Ekonomi

Aspek ekonomi sebagai bagian daripada aspek non fisik dalam ilmu geografi adalah aspek yang memberikan pemembahasan mengenai industri, perdagangan, pertanian, transportasi, dan pasar. Sebagi bagian daripada pembangunan dan kebutuhan skunder dalam hidup manusia.

Aspek Budaya

Aspek budaya dalam ilmu geografi sebagai bagian daripada aspek non fisik adalah memberikan pmebahasan mengenai pendidikan, agama yang ada dalam masyarakat, bahasa, dan berbagai jenis alat serta lagu keseniannya secara lengkap.

Aspek Politik

Aspek politik dalam asepk ilmu geografi adalah sep kajian yang memberikan serta membahas kepartaian dan pemerintahan yang ada di dalam suatu negara. Dalam aspek ini erat kaitannya dengan kekuasaan yang ada di dalam pemerintahan.

Artikel Terkait;

  1. 15 Konsep Geografi, Jenis, dan Contohnya
  2. Pengertian Hidrosfer dan Siklusnya Menurut Para Ahli Geografi
  3. Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografi) Dan Manfaatnya

Contoh Aspek Geografi

Contoh sederhannanya dalam kehidupan sehari-hari untuk membedakan antara aspek fisik dan aspek non fisik dalam ilmu geografi misalnya saja adalah pembahan yang nyata atau terlihat nyata dalam kehidupa manusia adalah bagian daripada aspek fisik, seperti bebatuan, struktur bumi, fisik manusia, serta lain sebaginya.

Adapun untuk aspek non fisik dalam kehidupan manusia, adalah aspek ilmu geografi yang dekat dengan ilmu sosial. Seperti sejarah, sosiologi, dan lain sebaginya. Secara sederhannya bahasan contoh mengenai aspek non fisik ini meliputi kebudayaan, adat isiadat, dan lain sebaginya (yang tidak terlihat dalam kasap mata manusia).

Demikialah penjelasan serta pembahasan secara lengkap mengenai aspek geografi fisik dan non fisik serta contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan serta pengetahuan bagi segenap pembaca dalam memahami aspek ilmu geografi. Trimakasih,

9 Aspek Geografi Fisik dan Non Fisik Serta Contohnya Lengkap
5 (100%) 5 votes