Pengertian Das Sollen dan Das Sein Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian das sollen dan das sein Memahami prihal defenisi atau pengertian Das Sollen dan Das Sein sebenarnya sangatlah mudah, bahkan untuk ukuran seorang awam yang tidak mengambil ilmu hukum sejatinya dapat memahaminya secara gamblang ketika ingin mencari intisari daripada defenisi Das Sollen dan Das Sein.

Adapun pengertian Das Sollen dan Das Sein dalam kaedah hukum bisa diartikan sebagai berikut:

Pengertian Das Sollen

Pengertian Das Sollen adalah segala sesuatu yang bisa dikatakan keharusan atau kewajiban untuk berpikir dan bersikap bukan sesuatu yang terjadi secara nyata. Sederhananya agar lebih jelas das sollen adalah prilaku yang sudah sewajarnya dilakukan.

Contoh Das Sollen

Contoh yang bisa dikatakan Das Sollen adalah sebagai berikut:

  1. Ketika memiliki hutang maka wajib bagi seseorang untuk membayarnya
  2. Barangsiapa yang melakukan pencurian harus dihukum
  3. Barangsiapa yang kurupsi harus segera di penjara
  4. Ketika seseorang berbelanja maka harus merasa sama-sama puas, maksudnya antara pembeli dan penjual tidak ada yang dirugikan.

Pengertian Das Sein

Pengertian das sein adalah segala sesuatu yang menjadi pelaksanaan dari segala hal yang diatur das sollen. Artinya das sein adalah rangsangan untuk mengaktifkan kaedah hukum yang berlaku pada das sollen. Diperlukan das sein sebagai upaya penegasan bahwa hukum itu bersifat aktif atau hidup, sehingga untuk menghidupakan hukum agar berlaku atau berjalan sebagaimana mestinya diperlakan kaedah das sein tersebut.

Contoh Das Sein

Contoh yang bisa dikatakan sebagai das sein adalah sebagai berikut:

  1. Proses pekasanaan dalam membayar hutang adalah ketika si penghutang membayar hutangnya kepada seseorang, jika tidak ada tuntutan hukum.
  2. Hukuman yang berlaku pada pencuri barang, sesuai dengan besarnya barang yang dicuri
  3. Hukum yang berlaku pada tukang korupsi yang bisa dijalankan sesuai dengan undang-undang
  4. Proes transaksi jual beli baru bisa dikatakan jual beli jika antara penjual dan pembeli sudah mendapatkan kewajiban masing masing.

Dari dua pengertian das sollen dan das sein beserta contohnya yang telah disebutkan diatas dapat disimpulkan bahwa kedua unsure hukum ini tidak dapat dipsahkan satu sama lain, saling membutuhkan agar hukum tetap berfungsi sebagai kontrol dalam kehidupan masyarakat.

Demikianlah penjelasan atau defenisi antara Das Sollen dan Das Sein semoga dapat membantu pemahaman kepada para pembaca sekalian yang membutuhkan.

Baca Juga:

Pengertian Das Sollen dan Das Sein Beserta Contohnya
5 (100%) 1 vote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *