16 Pedoman Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Posted on

Pedoman membuat makalah

Menulis makalah pada hakekatnya memang tak semudah mengembalikan telapak tangan, perlu kajian literatur yang dalam dan juga perlu cara-cara tertentu agar makalah yang kita buat dinggap baik dan benar. Meskipun banyak yang sudah mengerti tentang cara membuat makalah ini, tetapi bagi sebagian pelajar masih ada kebingungan dan berusaha mencari tentang bagaimana menulis makalah. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan atau memberikan pedoman burupa cara membuat makalah, semoga podoman cara membuat makalah ini menjadi bahan awal bagi kalian yang sedang kebingungan membuat makalah yang baik dan benar.

Cara Membuat Makalah

Cara membuat makalah yang akan dibagikan pada dasarnya adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, artinya unsur-unsur dalam kepenulisan harus sistematis. Tidak boleh terbalik-balik. Cara membuat makalah, yang harus dipenuhi terdapat tiga unsur, yaitu bagian awal, bagian isi, dan bagian penutup.

Berikut ini untuk pembahasan serta contohnya, agar lebih jelas tentang cara membuat makalah

Bagian awal

Bagian awal dalam membuat makalah berisi tentang, halaman judul, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar atau lampiran, atau lambang, atau singkatan (jika hal ini diperlukan). Bagian awal ini begitu penting untuk dibentuk, lantaran dengan adanya bagian awal proses pembuatan makalah akan menentukan keinginan pembaca makalah.

Bagian Isi

Bagian isi dari makalah yang baik yang baik dan benar seharunya terdiri dari BAB 1 Latar Belakang, yang didalam latar belakang mencangkup Batasan Masalah, Masalah, Tujuan makalah, Manfaat Makalah, dan Metode Penyusunan. BAB 2 Pembahasan, dalam bab ini harus terdiri dari tinjauan atau kajian teoretis, dan Pembahasan. BAB 3 Penutup, yang terdiri dari Kesimpulan, Saran

Bagian Penutup

Bagian penutup dari menulis makalah yang baik harus terdiri dari Daftar Pustaka (Baca: 12 Contoh Penulisan Daftar Pustaka), Lampiran (untuk lampiran ini jika ada, jika tidak ada juga tidak menjadi masalah) bagian lampiran biasanya seperti photo, dan lain sebaginya.

Mengetahui Bagan Membuat Makalah

Gambar di atas, menunjukan beberapa bagan yang diperlukan dalam pembuatan makalah. Bagan ini sendiri begitu penting untuk dilakukan bagi pemula. Apalagi bagi siapa saja yang belum pernah membuat makalah, oleh karenannya sub bab dalam gambar di atas terasa begitu lengkap karena dilakukan steep by steep.

Memenuhi Unsur Makalah

Pembuatan makalah sebagai karya tulis ilmiah, haruslah memenuhi unsur penting, unsur ini sendiri berada didalamnya, diantranya unsur dalam pembuatan makalah ialah cermat, tepat waktu, memahami, jelas, dan sederhana. Unur ini menjai bagian awal dalam pendoman membuat makalah.

Cermat

Cermat dalam mebuat makalah sangatlah diperlukan, misalnya saat tulisan banyak yang typo (salah dalam kepenulisan) itu akan mempengaruhi kecermatan dalam menulis. Oleh karena itulah poin pertama makalah yang baik adalah cermat.

Tepat waktu

Tepat waktu juga dianggap sebagai poin dalam menulisan makalah yang baik, tepat waktu sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pemberi tugasm baik guru atau dosen akan memberikan gambaran bahwa makalah yang kita buat benar-benar dikerjakan secara serius.

Memadai

Memadai artinya adalah makalah yang dibuat harus berisi informasi yang memadai dan juga mengulas secara lengkap mengenai berbagai permasalahan serta pembahasannya. Memadai ini ini sebagai unsur yang terdapat dalam isi makalah.

Sederhana

Maksud sederhana dalam pembuatan makalah yang baik adalah menggunakan  bahasa yang mudah dimengerti, tidak menggunakan bahasa alay apalagi disingkat seperti dsb, dll, atau yang lainnya. Kondisi ini banyak disebabkan dalam pembuatan makalah tidak menggunakan bahasa yang sudah diresmikan, yaitu Bahasa Indonesia.

Jelas

Poin yang terkhir dalam membuat makalah yang baik adalah jelas, artinya sebuah makalah yang dibuat harus mampu menyajikan fakta sehingga pembaca makalah yang kita buat tersebut dapat mudah di pahami oleh siapapun yang membaca.

Jika 16 pedoman cara membuat makalah yang baik dan banar tersebut dilakukan hasilnya seperti yang terdapat pada bagian tabel gambar seperti di atas. Cara membuat makalah ini sudah biasa diterapkan diberbagai sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia, bagi siapun, baik pelajar SMPSMA, atau mahasiswa yang ingin membuat naskah dengan baik semoga artikel ini dapat menambah pengatahuan serta wawasan sehingga makalah yang kita buat menjadi makalah yang terbaik diantara pembuat makalah lainnya.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *