4 Pengertian Pemuda Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Pemuda Menurut Para Ahi

indonesiastudents.com– Secara bahasa pengertian pemuda adalah seorang laki–laki atau perempuan yang sudah mencapai tahap dewasa. Frase paling sering didengar kepada seorang pemuda adalah harapan bangsa. Begitu beratnya tanggungjawab yang harus diemban, dimana seluruh warga Negara menaruh harapan kepada pemuda. Pemuda yang baik tentunya akan senantiasa umbuh dan juga berkembang menjadi pribadi unggul dan mandiri untuk melaksanakan tugas mulia tersebut. Sayangnya, tidak semua pemuda berpikiran demikian. Adapun sebagai penejelasan lebih lanjut dalam tulisan ini, indonesiastudents.com akan memberikan definisi atau pengertian pemuda menurut para ahli;

Pengertian Pemuda


Pemuda adalah individu yang berada pada tahap yang progresif dan dinamis, sehingga kerap kali pada fase ini dikatakan sebagai usia yang produktif untuk melakukan berbagai bentuk kegiatan, baik belajar, bekerja, dan lain sebagainya.

Sedangkan menurut para ahli, arti pemuda atau pengertian pemuda adalah sebagai berikut;

Pengertian Pemuda Menurut Para Ahli


WHO

Pengertian pemuda adalah seseorang yang berusia 10 sampai 24 tahun (young  people), sedangkan untuk usia 10 sampai 19 tahun  disebut WHO menyebutnya dengan adolescenea/ remaja.

Mulyana (2011)

Definisi pemuda adalah individu yang memiliki karakter dinamis, artinya bisa memiliki karakter yang bergejolak, optimis, dan belum mampu mengendalikan  emosi yang stabil.

RUU Kepemudaan

Arti pemuda adalah inidvidu yang berusia 18  sampai dengan 35 tahun.

Koentjaraningrat  (1997)

Pengertian masa muda/kepemudaan/pemuda adalah suatu fase yang berada dalam siklus  kehidupan manusia, dimana fase tersebut bisa kearah perkembangan atau perubahan.

Taufik  Abdullah  (1974)

Pemuda adalah generasi baru dalam sebuah komunitas masyarakat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Artikel Terkait;

  1. 4 Pengertian Agent Of Change Menurut Para Ahli
  2. 4+Pengertian Inovasi dan Contohnya Menurut Para Ahli
  3. 10 Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli dan Contohnya

Dari 4 pengertian pemuda menurut para ahli diatas dapat dikatakan jika pemuda atau kepemudaan memiliki dua visi besar dalam menjalankan perubahan yang lebih baik kepada masyarakat, yaitu visi pendidikan dan pelestarian seni dan budaya lokal. Kedua visi ini terintegrasi dalam sebuah model pengembangan untuk mewujudkan Indonesia yang berkeadilan dan juga mampu bersaing dengan Negara-negara maju.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian pemuda menurut para ahli, semoga dengan adanya pengeratian ini dapat memberikan pengetahuan serta wawasan bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang hakekat pemuda menurut para pakar. Trimakasih,

4 Pengertian Pemuda Menurut Para Ahli Lengkap
4 (80%) 5 vote[s]