4 Cara Menentukan Topik Penelitian dan Merumuskan Daftar Pertanyaanya

Diposting pada

Cara Mentukan Topik Penelitian

Salah satu tahapan yang harus dilakukan oleh seseorang dalam melakukan sebuah arti penelitian ilmiah adalah menentukan bagian topik penelitian atau yang diperkecil menjadi judul penelitian. Setelah itu barulah merumuskan daftar pertanyaan yang ingin dilakukan pada penelitian.

Kedua tahapan sistematis tersebut harus dilakukan oleh peneliti pertamakalinya, baik untuk skripsi, tesis, desertasi, atau dalam rangka mengikuti perlombaa. Oleh karenanya seringkali ditanyakan bagimana langkah atau cara menentukan topik penelitian dan merumusakan pertanyaannya.

Topik Penelitian

Pengertian penelitian adalah proses pengembangan atau penguji dalam ilmu pengetahuan. Penelitian ini sebagai syarat bahwasanya ilmu pengetahuan haruslah berkembang dengan hasil-hasil yang bisa dipertanggung jawabkan. Hasil dan cabang dalam metode penelitian ada banyak bentuknya.

Misalnya saja ada yang penelitian tindakan kelas dan ada juga yang menjadi bagian daripada penelitian pengembangan. Setidaknya metode tersebut bisa ditentukan setelah menemukan topik penelitian yang pas.

Cara Menentukan Topik Penelitian

Antara lain;

  1. Topik penelitian harus sesuai dengan minat, biasanya hal ini didapatkan darimana seorang peneliti berasal, baik dalam pendidikannya, lingkungan, atau yang lainnya
  2. Topik harus bisa diteliti, maksudnya adalah bagimana adanya seorang peneliti mampu melakukannya, data tersedia, memiliki kegunaan praktis, dan terakhir ialah menghindari duplikasi penelitian yang teah dilakukan peneliti terdahulu.

Cara Merumuskan Pertanyaan dalam Topik Penelitian

Antara lain;

  1. Pertanyaan masalah dalam penelitian dapat dibuat dalam bentuk kalimat tanya dan menggambarkan variabel yang akan diteliti
  2. Pertanyaan penelitian dibuat dalam bentuk tertulis, sehingga perlu diperhatikan gunakan bahasa yang mudah dipahami, memilihan kata yang mengandung arti sama, dan  pergunakan kalimat pendek.

Demikianlah setidaknya untuk serangkaian penjelasan mengenai cara menentukan topik penelitian dan merumuskan pertanyaanya. Semoga saja dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang atau akan melakukan sebuah penelitian.

Rate this post