Pengertian Novel dan Strukturnya Lengkap

Posted on

indonesiastudents.com– Novel adalah salah satu karya sastra yang cukup dikenal di Indonesia, bahkan karya sastra ini telah terlebih dahulu dikenal sebelum Indonesia merdeka. Dan sampai saat ini pun, banyak tokoh-tokoh dari Indonesia yang dikenal dengan karyanya berupa Novel.

Baca: 8 Cara Menulis Novel Bagi Pemula Versi Raditya Dika

Tokoh-tokoh tersebut misalnya adalah Adrea Hirata, Donny Dhirgantoro, Habiburrohman El-Sirezi, dan lain segainya. Oleh karena nivel sudah banyak dikenal pada kesempatan kali ini, indonesiastudents.com akan mengulas lebih panjang tentang novel, yang mencangkup pengertian novel dan struktur novel.

Pengertian Novel


Novel dapat diberi pengertian sebagai teks cerita fiksi panjang yang mengisahkan kehidupan tokoh utama pada bagian tertentu: paling penting, menarik, dan mengandung konfik yang mengakibatkan perubahan nasib sang tokoh, dari baik menjadi buruk atau sebaliknya yaitu dari buruk menjadi baik.

Setelah kita mengulas pengertian novel selanjutnya tulisan ini akan menjabarkan tentang struktur teks cerita fiksi dalam novel.

Struktur Teks Cerita Fiksi Novel


Struktur teks cerita fiksi dalam novel, yaitu sebagai berikut;

Struktur Genre Makro Novel


Struktur teks cerita fiksi secara runtut, yakni abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda.

Abstrak
Pada tahapan ini, pengarang memberikan ringkasan atau inti cerita yang akan dikembangkannya menjadi rangkaian peristiwa yang dialami tokoh imajinasinya.

Orientasi
Tahapan ini merupakan pengenalan latar cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa. Latar digunakan pengarang untuk menghidupkan cerita dan meyakinkan pembaca. Latar merupakan sarana pengekspresian watak, baik secara fisik maupun psikis.

Komplikasi
Berisi urutan peristiwa. Setiap peristiwa hanya dihubungkan secara sebab akibat. Peristiwa yang satu menyebabkan terjadinya peristiwa yang lain. Dalam tahapan ini, berbagai kerumitan muncul. Kerumitan itu terdiri dari berbagai konflik yang akhirnya mengarah pada klimaks.

Evaluasi
Pada tahapan ini, konflik yang terjadi diarahkan pada pemecahannya untuk mencapai selesaian atau leraian.

Resolusi
Pada tahap ini, pengarang mengungkapkan jalan keluar dari berbagai konflik yang dialami tokoh. Resolusi berkaitan dengan koda.

Koda
Koda merupakan tahapan akhir, sifatnya opsional boleh ada boleh tidak. Koda merupakan nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca. Genre makro teks novel merupakan keseluruhan struktur besar yang membangun novel, seperti ditunjukkan bagan di bawah ini.

Struktur Genre Mikro Novel


Dalam teks novel terdapat beberapa jenis genre mikro (tunggal) yang mengisi keseluruhan struktur teks novel, misalnya teks deskripsi, teks cerita ulang/rekon, dan teks eksplanasi.

Teks Deskripsi
Teks deskripsi adalah teks yang berisi gambaran sifat-sifat sesuatu (benda atau orang) yang dideskripsikan. Dengan kata lain, teks deksripsi merupakan teks yang melukiskan sesuatu, menyatakan apa yang diindera, melukiskan perasaan, dan perilaku jiwa dalam wujud kalimat.

Struktur Teks Deskripsi dalam Novel

Identifikasi
Identi¬fikasi adalah penentu atau penetap identitas seseorang, benda, atau sebagainya.

Klasifikasi
Klasisifikasi adalah penyusunan bersistem dalam kelompok atau golongan menurut kaidah atau standar yang ditetapkan.

Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian adalah bagian teks yang berisi tentang gambaran-gambaran bagian di dalam teks tersebut.

Teks Cerita Ulang (Rekon)
Teks cerita ulang (rekon) adalah teks yang menceritakan kembali pengalaman masa lalu secara kronologis dengan tujuan untuk memberi informasi atau menghibur pembacanya, atau bisa keduanya. Jenis teks rekon yang terdapat dalam teks novel adalah rekon imajinatif.

Struktur Teks Cerita Ulang dalam Novel

Orientasi
Orientasi adalah pengenalan atau gambaran umum dari teks.

Peristiwa
Peristiwa (event) adalah  urutan-urutan peristiwa.

Reorientasi
Reorientasi (pengenalan kembali) adalah sebuah penutup pada akhir teks  yang bersifat tidak harus ada.

Demikianlah ulasan mengenai novel, yang terdiri dari pengertian novel dan struktunya lengkap. Semoga dapat bermanfaat, bagi siapapun yang akan atau ingin mempelajari novel dan bercita-cita menjadi seorang yang mahir dalam menulis novel. Trimakasih, baca juga artikel lainnya;