3 Ciri Kebahasaan Berita dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Ciri Kebahasaan Berita dan Contoh Ciri Kebahasaan Berita

indonesiastudents.com– Berita dikatakan sebagai suatu informasi yang baik sekaligus menarik jikalau mengandung unsur-unsur yang sitematis, atau bisa juga dikatakan unsur tersebut salah satunya adalah ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks berita.

Ciri kebahasaan teks berita ini menjadi hal penting takalah dipelajari bagi siapapun yang ingin mengulas lebih dalam tentang berita. Oleh karena itulah pada tulisan selanjutnya indonesiastudents.com akan mengulas lebih dalam tentang kebahasaan berita, yang di dalamnya menjelaskan apasaja ciri kebahasaan berita dan contoh ciri kebahasaan berita.

Ciri Kebahasaan Berita


Ciri kebahasaan dalam teks berita diataranya adalah subjek, predikat, verba pewarta, dan keterangan. Ulasan lebih lanjut sebagai berikut;

Subjek
Subjek adalah bagian kalimat yang menjadi pokok pembicaraan suatu berita. Fungsi subjek lazimnya dalam berita diduduki nomina atau kelompok nomina. Subjek juga bisa dikatakan sebagai jawaban atas pertanyaan apa atau siapa terhadap predikat.

Contoh Subjek dalam Berita

Pengusaha papan atas Repubilk Indonesia Nurhudiman telah menyumbangkan sepertiga lebih dari asset usahanya dalam membantu pendidikan di Indonesia.

Keterangan dalam contoh tersebut terlihat bahwa suatu subjek terdapat dalam kalimat pengusaha papan atas Repubilk Indonesia Nurhudiman, hal ini dikerenakan kalimat tersebut menunjukan kelompok nomina. Kata nomina yang diperluas adalah pengusaha. Subjeknya merupakan klausa, yaitu kelompok kata yang sudah memiliki subjek dan predikat, tetapi belum berintonasi akhir.

Predikat

Predikat adalah bagian yang menerangkan subjek atau bagian kalimat yang menandai apa yang dibicarakan tentang subjek. Predikat sebuah kalimat dapat berupa nomina, verba, adjektiva, preposisi, dan numeral, bisa juga kelompok nomina, kelompok verba, kelompok adjektiva, kelompok kata preposisi, dan kelompok kata numeral. Predikat menjadi jawaban atas pertanyaan Bagaimana subjek? Mengapa Subjek? Sedang apa subjek?

Contoh Predikat dalam Berita

Pada tahun 2005, Nurhudiman mendirikan Rumah Makan Laduni, da sekarang Rumah Makan Laduni menjadi salah satu rumah makan tersbesar di Indonesia.

Keterangan dalam contoh tersebut terlihat dari kalimat yang predikatnya mendirikan.

Verba Pewarta

Verba pewarta bisa diartikan sebagai suatu kata yang dipergunakan untuk mengindikasikan suatu bentuk percakapan.

Contoh Verba Pewarta dalam Berita

Mahasiswa UII meninggal dunia setelah mengkuti pelatihan Mapala, ujar orang tuanya.

Keterangan dalam contoh tersebut terlihat dari adanya kalimat ujar yang menunjukan verba pewarta

Keterangan (Adverbia)

Keterangan adalah suatu fungsi kalimat yang memberikan fungsi, baik informasi tersebut berupa kata, kelompok kata atau anak kalimat.

Contoh Keterangan dalam Berita

Setelah perke ke Jakarta, Jikowi langsung berwamah tamah ke Jogja.

Kalimat dalam contoh tersebut terlihat bahwasanya kata keterangan yang terlihat adalah keterangan tempat, yaitu Jakarta dan Jogja.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai ciri kebahasaan berita beserta dengan contoh daripada ciri kebahasaan berita. Trimakasih, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang akan atau ingin mendalami suatu berita. Baca juga artikel seputar berita lainnya;