6 Daftar Terlengkap Universitas Negri yang ada di Lampung

Diposting pada

indonesiastudents.com Provinsi Lampung adalah provinsi yang banyak memiliki perguruan tinggi. Baik Perguruan tinggi Negri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Perguruan tinggi tersebut ada yang berbentuk Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi atau yang lainnya. Alasan Provinsi Lampung banyak memiliki perguruan tinggi atau universitas dikerenakan letak strategis Provinsi Lampung, yang mana Provinsi Lampung menjadi penghubung  antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatra, maka tak heran jika Lampung memiliki banyak Universitas.

Perguruan Tinggi Negri di Lampung

Adapun dua kota yang paling banyak memiliki perguruan tinggi atau universitas adalah Kota Bandar Lampung dan Kota Metro. Dua kota Madya di Provinsi Lampung ini memiliki sejumlah pilihan bagi para siswa atau siswi yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Meskipun demikian di berbagai Kabupaten yang ada di Lampung juga memiliki sejumlah perguruan tinggi atau Universitas. Baik Kabupaten Tulang Bawang, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Lampung Utara atau kabupaten-kabupaten lainnya. Berikut ini akan dijabarkan Universitas Negri yang ada di Lampung.

Universitas Negri di Lampung

Pertama: Universitas Lampung (Unila)

Universitas Lampung adalah Universitas Negri pertama dan terbesar di Provinsi Lampung. Sebagai Universitas terbesar, yakni Universitas Lampung (Unila) memiliki sejumlah fakultas yang bisa menjadi pilihan, adapun fakultas tersebut jumlahnya ada 8. Untuk alamatnya Universitas Lampung terletak di Kota Bandar Lampung.

Kedua: Universitas Negri Islam (UIN) Raden Intan Lampung

UIN RIL atau Universitas Negri Islam Raden Intan Lampung merupakan Universitas Islam terbesar di Provinsi Lampung, yang sebelumnya UIN ini adalah IAIN. Nama IAIN Raden Intan Lampung berganti menjadi UIN Raden Intan Lampung pada tahun 2016.

Adapun untuk masuk di IAIN Lampung bisa dilalui oleh calon mahasiswa dengan berbagai jalur, misalnya adalah jalur PTAIN (Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri) atau melalui jalur mendiri, alamat UIN Raden Intan Lampung terseletak di Jl. Letnan Kolonel H. Endro Suratmin, Sukarame, Kota Bandar Lampung, Lampung 35131.

Ketiga: Institut Teknologi Sumatra (ITERA)

Institut Teknologi Sumatra atau biasa dikenal dengan ITERA adalah perguruan tinggi Negri yang ada di Provinsi Lampung. Sebagai perguruan tinggi negri,  Institut Teknologi Sumatra merupakan satu-satunya yang digagas oleh Gubernur yang ada di Pulau Sumatra.

Bahkan untuk awal berdirinya, yakni pada tahun 2012 mahasiswa ITERA wajib kuliah di ITB (Intutut Teknologi Bandung) oleh sebab itu bisa dikatan bahwa ITERA ini adalah ITB nya masyarakat yang ada di Provinsi Lampung dan Pulau Sumtra.

Keempat: Politeknik Negri Lampung (Polinela)

Politeknik Negri Lampung atau Polinela adalah perguruan Tinggi Negri di Provinsi Lampung. Polinela terletak tidak jauh dari Universitas Lampung. Adapun sejumlah jurusan yang ada di Polinela kebanyakan adalah Jurusan Diploma, baik diploma pertanian atau di Komputer.

Kelima: Politeknik Kesehatan Lampung (Poltekes Lampung)

Poltekes Lampung adalah perguruan tinggi negri yang ada di Provinsi Lampung atau lebih dikenal sebagai Poltekes Tanjung Karang. Sebagai perguruan tinggi Poltekes telah banyak mengeluarkan alumni yang mumpuni di bidang kesehatan. Adapun jurusan yang ada di Poltekes Lampung diantaranya adalah Keperawatan, Bidan, Ilmu Gizi, dan lain sebaginya.

Meskipun Poltekes Lampung adalah Perguruan Tinggi Negri yang ada di Lampung yang fokus pada jurusan kesehatan, tapi sampai saat ini Poltekes Lampung tidak memiliki Jurusan Kedokteran. Jurusan Kedekteran di Lampung yang ada hanya di Universitas Lampung dan Universitas Malhayati.

Keenam: Intitut Agama Islam Negri (IAIN) Jurai Siwo Metro

Perguruan tinggi negri yang ada di Lampung selanjutnya adalah IAIN Jurai Siwo Metro yang dahulunya bernama STAIN Jurai Siwo Metro. Alamat Perguruan Tinggi Negri ini terletak di Kotamadya Metro. Sebagai perguruan tinggi negri, banyak pilihan yang bisa di ambil di IAIN Jurai Siwo Metro, diantaranya adalah Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Ekonomi Islam, Bahasa Inggris, Hukum Islam, atau lain sebaginya.

Sebagai gambaran umum, daftar Universitas atau Perguruan Tinggi di Lampung tersebut memiliki daya tampung yang berbeda-beda, sesuai dengan kondisi kampusnya. Untuk perguruan tinggi Negri di Lampung yang membuka cabang atau memiliki cabang ada Universitas Lampung, memiliki cabang di Kota Metro tepatnya hanya jurusan PGSD Metro, dan untuk lainnya di Polim, yang hanya dikhususkan bagi Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PGPAUD) Universitas Lampung.

Selain itu juga Perguruan Tinggi Negri yang membuka cabang adalah Poltekes Lampung atau Poltekes Tanjung Karang. Perguruan Tinggi Negri Kesehatan di Lampung ini membuka cabang di Kabupaten Lampung Utara untuk jurusan D3 Kebidanan. Baca: 13 Universitas Swasta di Lampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *