4 Pengertian Bahan Tambang Menurut Para Ahli dan 7 Jenisnya

Diposting pada
Bahan Tambang Menurut Para Ahli
Bahan Tambang Menurut Para Ahli

Bahan tambang yang juga dikenal dengan mineral sudah dikenal di Indonesia, bahkan sampai saat ini juga Indonesia manjadi arti negara berkembang yang berpengaruh dan memiliki peran penting demi ketersediaan sumber daya dunia.

Indonesia dikenal dengan Negara yang kaya akan sumberdaya tambangnya dan saat ini Indonesia memproduksi berbagai macam bahan tambang yang berguna bagi kebutuhan dalam negeri dan luar negeri. Sektor pertambangan menjadi sektor yang sangat strategis dalam perekonomian pusat maupun daerah. Sektor ini merupakan penggerak utama (prime mover) pembangunan dan juga memberikan manfaat multiplier effect yang cukup signifikan.

Meskipun demikian tak jarang diantara kita kurang memahami arti atau pengertian bahan tambang. Oleh karena itulah pada ulsan kali ini, indonesiastudents.com akan memberikan penjelasan mengenai pengertian bahan tambang dan jenis bahan tambang.

Bahan Tambang

Barang tambang adalah sumber daya alam yang yang tidak dapat diperbaharui karena proses pembentukan bahan tambang membutuhkan jangka waktu yang lama, bahkan proses pembentukan ini membutuhkan waktu berjuta-juta tahun.

Pengertian Bahan Tambang Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi bahan tambang menurut para ahli, diantaranya;

  1. Latest (1962)

Menurutnya, pengertian bahan tambang adalah Sumber Daya Alam (SDA) yang  tidak dapat diperbaharui, hal ini lantaran proses  pembentukanya memerlukan waktu yang sangat lama.

  1. Sukandarrumidi (1998)

Definisi bahan tambang adalah bahan baku galian yang digunakan perusahaan untuk kpentingan industry atau produksi.

  1. UU  Tahun 1967 Pasal 1, No 11

Mengartiakan bahwa bahan tambang adalah unsur-unsur dalam kimia, baik itu mineral, biji-bijian dan   segala segala sesuatu bahan batuan  mulia yang dihasilkan dari endapan  alam.

  1. Shineout (2017)

Menurutya, bahan tambang adalah bagian daripada Sumber Daya Alam yang terbentuk dari pembusukan selama ribuan tahun.

Jenis Bahan Tambang

Setidaknya ada beberapa jenis bahan tambang di Indonesia, antara lain;

  1. Timah
  2. Nikel
  3. Tembaga
  4. Emas
  5. Perak
  6. Alumina yang dihasilkan dari bauksit
  7. Pasir besi

Dari jenis tersebut, untuk emas merupakan logam yang bersifat lunak dan mudah ditempa, kekerasannya berkisar antara 2,5 – 3 (skala Mohs), serta berat jenisnya tergantung pada jenis dan kandungan logam lain yang berpadu dengannya. Bahan tambang pembawa emas biasanya berasosiasi dengan mineral ikutan (gangue minerals).

Bahan Tambang Emas ikutan tersebut umumnya kuarsa, karbonat, turmalin, flourpar, dan sejumlah kecil mineral non-logam. Mineral atau bahan tambang pembawa emas juga berasosiasi dengan endapan sulfida yang telah teroksidasi.

Demikianlah pembahan mengenai pengertian bahan tambang menurut para ahli dan jenis-jenis bahan tambang. Semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang sedang mencari referensi mengenai “Bahan Tambang atau Mineral”.

2.5/5 - (2 votes)