6 Contoh Aspek Fisik Geografi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada
Contoh Aspek Fisik Geografi
Contoh Aspek Fisik Geografi

Geografi sebagai bagian daripada ilmu pengetahuan setidaknya memiliki beragam aspek kajian di dalamnya. Namun yang setidaknya yang perlu dipahami dalam ranah fisiknya geografi berfokus pada bagian unsur geosfer yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari dengan terdiri dari kajian lapisan atmosfer, litosfer, geosfer, dan hidrosfer.

Aspek Fisik Geografi

Aspek fisik dalam bentuk konsep geografi diakui ataupun tidak akan senantisa mempengaruhi keberlangsungan hidup manusia. Alasannya karena hal ini biasanya berhubungan dengan apa yang paling dekat sekaligus bisa dirasakan mulai dari temperatur udara, perubahan iklim, dan lainnya.

Contoh Aspek Fisik Geografi

Adapun untuk contoh kajian berhubungan dengan aspek fisik geografi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu;

  1. Iklim

Iklim menjadi bagian yang memberikan penggambaran terkait dengan kajian fisik geografi dengan berfokus pada perumbahan terkait dengan suhu tahunan dalam suatu wilayah dan perwilayahan yang ada. Bagian iklim ini sendiri menjadi representasi spasial menggunakan pendekatan visual, verbal, matematika, digital, dan kognitif.

  1. Cuaca

Cuaca juga merupakan kajian terkait dengan fisik geografi dengan siklus yang pendek. Cuana biasanya dilihat berdasakan kategori wilayah yang ada. Maka tak khayal cara geografi dalam memandangnya bisa dilakukan melalui lensa tempat, ruang, dan skala.

  1. Tsunami

Tsunami diakui ataupun tidak, seringkali merupakan rangkaian gelombang dan gelombang pertama belum tentu memiliki amplitudo terbesar. Di lautan terbuka, bahkan tsunami terbesar pun relatif kecil dengan ketinggian gelombang biasanya puluhan sentimeter atau kurang dari zona awal pembentukan tsunami. Kajian terkait dengan hal ini bagian daripada adanya aspek fisik dalam geografi.

  1. Bentang Perbukitan

Bukit juga memiliki berbagai bentuk seperti bukit padang rumput yang subur dan hijau dengan beberapa bukit juga tidak terlihat terlalu bagus untuk mata manusia seperti bukit tandus di padang pasir. Sejatinya menjadi bagian daripada adanya bentuk kajian dalam aspek fisik geografi.

  1. Asteroid

Pada faktanya tanggal 15 Februari 2013 sebuah asteroid menghantam atmosfer Kota Chelyabinsk di Rusia dengan mampu menciptakan gelombang kejut yang melukai 1.200 orang. Batuan luar angkasa itu diperkirakan berukuran sekitar 20 m saat memasuki atmosfer bumi. Adapun realitas ini menunjukan adanya kajian tentang aspek fisik dalam geografi.

  1. Topografi dan Relief Tanah

Pembagian terkait dengan wilayah yang menggambarkan tentang topografi atau relief sejatinya sangatlah berpengaruh pada ketebalan profil tanah dan sistem drainase atau pengaliran. Hal ini juga setidaknya menujukan adanya aspek fisik dalam geografi.

Nah, demikianlah artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya contoh aspek fisik geografi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

5/5 - (1 vote)