3 Contoh Aspek Topologi Geografi di Masyarakat

Diposting pada

Aspek Topologi Geografi

Fenomena aspek topologi yang ada di masyarakat pada hakikatnya menjadi bagian daripada adanya sistem pembangunan wilayah dapat dikaitkan dengan tradisi geografi wilayah sebelumnya, di mana wilayah ini sendiri dipandang sebagai objek dasar geografi khususnya topologi dan upaya utamanya adalah untuk mendeskripsikan  wilayah sebagai entitas, termasuk faktor non ekonomi.

Sehingga atas dasar inilah, adanya beragam contoh fenomena yang menunjukkan topologi termasuk menjadi aspek  fisik.

Aspek Topologi Geografi

Aspek topologi dalam bentuk konsep geografi adalah ragam bagian letak wilayah permukaan planet Bumi yang dilihat berdasakan ciri berbeda dengan kondisi di daerah lainnya. Sehingga adanya fenomena yang dicakupnya menjadi pengembangan wilayah yang sering dikaitkan dengan pertumbuhan dan inovasi bisnis swasta di wilayah tertentu, yang pada gilirannya didefinisikan secara longgar sebagai ‘wadah’ kegiatan sosial ekonomi.

Contoh Aspek Topologi Geografi

Adapun untuk contoh adanya pembahasan tentang contoh aspek topologi geografi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Kota

Kajian terkait dengan arti kota juga merupakan bagian daripada adanya aspek topologi dalam geografi. Yang setidaknya perlu dipahami bahwa ukuran luas kota secara administrasi batas tata letak mayoritas lebih sempit dari kabupaten. Namun ibukota luasnya setara dengan kabupaten.

Dimana untuk setiap kota merupakan suatu tempat dengan tingkan kekompleksan yang relatif khusus sehingga memperlihatkan wujud tersendiri dari adanya masing-masing kota yang ada.

  1. Penduduk

Kepadatan terkait dengan jumlah penduduk dalam strata nasional lebih banyak disumbangkan oleh masyarakat perkotaan daripada masyarakat pedesaan. Hal ini disebabkan oleh daerah kota memiliki kepadatan yang lebih tinggi dari daerah kabupaten.

Dimana, untuk penduduk kota lebih banyak bekerja pada sektor dalam beragam jenis industri meskipun beberapa memiliki pekerjaan pada sektor agraris. Kajian terkait dengan hal ini juga menjadi bagian daripada aspek topologi dalam geografi.

  1. Iklim dan Cuaca

Pembagian yang membedakan daerah ataupun negara satu dengan negara lainnya salah satunya dilihat dari unsur cuaca dan iklim yang ada.

Prihal ini contohnya adanya Indonesia sebagai arti negara berkembang memiliki iklim tropis dengan cuaca panas dan dingin. Adapun di negara Eropa memiliki iklim sub tropis. Perbedaan ini sendiri bisa dikatakan sebagai fenomena topologi dalam geografi.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa pendekatan aspek topologi geografi menjadi komplek wilayah mengkaji bahwa fenomena geografi yang terjadi pada tiap-tiap wilayah berbeda satu sama lain, sehingga perbedaan tersebut membentuk karakteristik wilayah.

Perbedaan itulah yang mengakibatkan adanya interaksi antara satu wilayah dengan wilayah lain untuk saling memenuhi kebutuhan.

Nah, demikianlah saja artikel yang bisa dibagikan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh fenomena aspek topologi geografi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Rate this post