3 Tujuan Penelitian Terapan dan Manfaatnya

Diposting pada

Tujuan Penelitian Terapan dan Manfaatnya

Penelitian terapan yang dikenal dalam Bahasa Inggris dengan applied research menjadi bagian daripada adanya penyelidikan yang hati-hati, sistematis, dan dijalankan dengan terus menerus terhadap suatu rumusan masalah dengan tujuan untuk digunakan dengan segera untuk keperluan tertentu.

Sehingga dalam telaahnya sendiri applied research memiliki tujuan dan kegunanaan tertentu. Misalnya prihal ini adanya permasalahan sosial terkait dengan kemiskinan maka setidaknya penelitian yang dilakukan ialah dengan membuat sistematika pada proses penjalanan pemberdayaan masyarakat. Sehingga pada akhirnya jalannya pemberdayaan tersebut nantinya bisa menjadi sumber pengetahuan dalam mengatasi permasalahan sosial yang ada.

Penelitian Terapan (Applied Research)

Penelitian terapan adalah metodologi yang biasanya dipergunakan untuk memecahkan masalah praktis dan spesifik yang memengaruhi individu dan kelompok dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga sebagai bagian metode penelitian dan penelitian ilmiah proses penjalanan penelitian bisa digunakan dalam bisnis, kedokteran, dan pendidikan.

Tujuan Penelitian Terapan

Applied research adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk;

  1. Menjadi solusi dari penuntasan permasalahan

Diakui ataupun tidak, tujuan dilakukannya penelitian terapan ialah untuk menemukan solusi yang dapat meningkatkan proses penyelesaian dalam kehidupan, dimana untuk memecahkan masalah ilmiah atau mengembangkan teknologi baru berupa inovasi yang ditemukan.

  1. Menciptakan inovasi

Penelitian terapan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ilmiah dengan suatu tujuan praktis. Hal itu setidaknya berarti bahwa hasil dari penelitian diharapkan segera bisa digunakan untuk keperluan praktis dalam mengatasi permasalahan yang ada. Upayanya sendiri bisa dilakukan dengan penelahaan inovasi.

Manfaat Penelitian Terapan

Sedangkan untuk manfaat yang bisa didapatkan dari adanya proses pelaksanaan penelitian terapan. Yaitu;

  1. Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Adanya pelaksanaan dalam pelitian terapan yang dianggap sebagai bagian daripada adanya penyelidikan bermanfaat untuk mampu mempergunakan pengetahuan ilmiah untuk menyelesaikan masalah. Masalah inilah pada akhirnya menjadi bagian daripada IPTEK. Tentusaja IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) yang ada dapat mengetahui realitas dengan bukti ilmiah.

Contoh Penelitian Terapan

Untuk memberikan penjelasan yag mendalam. Contoh adanya bagian yang menjadi penelitian terapan misalnya saja;

  1. Game Edukasi sebagai Inovasi dalam Memberikan Pengajaran

Riset terkait dengan pemanfaatan game sebagai bahan edukasi menjadi salah satu bentuk contoh adanya penelitian terapan. Alasannya karena game yang dikenal selama ini memiliki dampak buruk bagi proses belajar siswa sejatinya bisa dimanfaatkan dengan positif. Tentusaja haruslah disertai dengan pembuatan game yang khusus untuk pendidikan. Misalnya saja game hitung-hitungan dengan memberikan sejumlah pertanyaan berbentuk gambar.

Nah, demikianlah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya tujuan penelitian terapan, manfaat, dan contohnya. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Rate this post