3 Contoh Pembelajaran Blended Learning yang Bisa Dilakukan

Diposting pada

Contoh Blended Learning

Rancangan kegiatan pembelajaran blended learning diakui ataupun tidak menjadi salah satu bentuk metode pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman yang ada. Alasannya karena sistem pendidikan yang menjadi pembelajaran dengan pengembangan kombinasi teknologi ini sendiri bisa menjadi solusi atas beragam permasalahan yang terjadi.

Oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini akan memberikan uraian atas penjelasan adanya model pembelajaran blended learning.

Pembelajaran Blended Learning

Blended learning adalah metode pembelajaran tatap muka (tradisional) yang senantisa disertai dengan pembelajaran online, atau seringkali dimaknai sebagai bagian daripada adanya kombinasi pembelajaran offline dan pembelajaran online.

Sehingga, atas dasar demikianlah blended learning bisa menjadi solusi dari kelemahan-kelemahan dari pembelajaran online karena menggabungkan online dan offline.

Contoh Pembelajaran Blended Learning

Adapun untuk contoh implementasi dalam penggunaan pembelajaran model blended learning. Misalnya saja;

  1. Memanfaatkan Feed Instagram

Instagram adalah salah satu aplikasi media sosial yang biasa digunakan oleh banyak kalangan. Selain digunakan untuk media sosial, Instagram juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran pendukung dalam blended learning, yaitu dengan cara mengupload bahan ajar yang sudah didesain di photoshop ke Instagram, sehingga siswa dapat bermain media sosial sambil belajar. Hal ini dapat mendorong minat belajar matematika siswa, terutama dalam penyesuaian pembelajaran secara blended learning.

  1. Pemanfaatan Pixel Lab

Pixel Lab adalah bagian daripada aplikasi edit foto di android yang bisa digunakan untuk mendesain berbagai hal, salah satunya adalah bahan ajar matematika. Di dalam aplikasi ini terdapat berbagai tools yang bisa digunakan untuk mendesain bahan ajar matematika semenarik mungkin sehingga menarik minat belajar siswa terhadap matematika.

  1. Pemanfaatan Tiktok sebagai Pembelajaran Kesenian

Penggunaan aplikasi titok yang akhir-akhir ini menampilkan beragam visual sejatinya bisa dikatakan sebagai bagian daripada adanya model blended learning jikalau dipergunakan dengan menampilkan kesenian, misalnya saja pelajaran tari menari.

Alasannya selain memiliki fitur yang menarik adanya pembelajaran ini juga bisa bagian solusi atas permasalahan yang terjadi.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan terkait dengan adanya contoh pembelajaran blended learning yang bisa dilakukan. Semoga saja mampu memberi wawasan sekaligus referensi bagi segenap pembaca yang membutuhkannya.

Rate this post