Pengertian Dokumentasi Jurnal Visual dan Contohnya

Diposting pada

Dokumentasi Jurnal Visual

Diakui ataupun tidak, konsep dokumentasi jurnal visual akhir-akhir ini menjadi salah satu bagian daripada arti penelitian yang banyak dipergunakan. Sehingga secara umumnya sendiri pemaknaan atas dokumentasi termasuk istilah universal yang dapat diterapkan dalam konteks yang beragam.

Namun yang pastinya, perwujukan atas penerapan dokumentasi jurnal visual merujuk pada adanya kegiatan pengambilan data penelitian yang diambil secara ilustrasi dari karya yang sudah tersedia. Baik buku digital, junal online, dan lainnya.

Dokumentasi Jurnal Visual

Penyebutan istilah dokumentasi berasal dari Bahasa Inggris, yaitu documentation yang setidaknya terdiri dari dua bentuk dengan dibedakan berdasarkan fungsinya, yang terdiri atas dokumentasi dinamis, yaitu dokumen yang dapat digunakan secara langsung dalam penyelesaian pekerjaan. Dan dokumentasi statis, yaitu  dokumen yang tidak dapat digunakan secara langsung dalam penyelesaian pekerjaan.

Terlepas dari beragamnya jenis dokumen yang digunakan, secara umum salah satu peranan dokumentasi adalah membantu perkembangan ilmu pengetahuan. Khususnya dokumentasi jurnal visual yang termask dalam dokumen statis.

Tujuan dan Manfaat Dokumentasi Jurnal Visual

Adapun untuk tujuan sekaligus menjadi manfaat dalam penggunaan dokumentasi jurnal visual. Antara lain;

  1. Tujuannya

Yaitu;

Ketika adanya perubahan proses di dokumentasikan secara rinci, maka tujuan dokumen tersebut dapat berguna untuk keperluan analisis jika dibutuhkan. Hal itu membantu manajemen dalam memahami pengetahuan yang digunakan dalam merancang praktik terbaik yang saat ini diikuti.

Selain itu, juga membantu manajemen memutuskan apakah praktik terbaik yang diikuti memang relevan di lingkungan tempat mereka beroperasi.

  1. Manfaat

Sedangkan manfaat dari adanya dokumentasi jurnal visual. Yaitu; 

Perkiraan menyatakan bahwa pekerja pengetahuan rata-rata menghabiskan sekitar dua setengah jam per hari untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Dokumentasi jurnal visual efektif guna mengumpulkan semua informasi yang harus diketahui tentang tugas, proyek, atau tim (dari login akun hingga petunjuk langkah demi langkah) di tempat yang terpusat dan terorganisir.

Contoh Dokumentasi Jurnal Visual

Adapun untuk contoh penggunaan dalam istilah dokumentasi jurnal visual misalnya saja;

  1. Penjelasan Penggunaan Pixel Lab

Proses penjelasan terkait dengan penggunaan Pixel Lab bisa menjadi bagian daripada dokumentasi jurnal visual yang biasanya dibuat guna memberikan tutorial sekaligus pemahaman bagi pembaca untuk mempergunakannya. Tak jarang dalam bentuk keterangan ataupun dalam bentuk model penggunannya.

Contoh Dokumentasi Jurnal Visual
Contoh Dokumentasi Jurnal Visual

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian dokumentasi jurnal visual, tujuan, manfaat, dan contohnya. Semoga bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Rate this post