3 Contoh Definisi Operasional dan Konseptual dalam Penelitian

Diposting pada

Contoh Definisi Operasional dan Definisi Konseptual

Studi terkait dengan beragam penerapan metode penelitian biasanya memasukkan istilah-istilah yang harus didefinisikan dengan cermat dan tepat. Sehingga setiap peneliti akan tahu persis apa yang telah dilakukan dan tidak menyebabkan ambiguitas. Namun yang pastinya, dua jenis definisi yang harus dicantumkan tersebut adalah definisi konseptual dan definisi operasional.

Tentusaja definisi konseptual dan definisi operasional berhubungan erat dengan variabel penelitian. Khususnya untuk penggunaan metode kualitatif dan kuantitatif. Oleh karena itulah, pada uraian kali ini akan memaparkan beragam contoh definisi operasional dan konseptual.

Definisi Operasional dan Konseptual

Membuat sekaligus menyusun definisi konseptual sejatinya mengacu pada upaya mengartikulasikan apa sebenarnya yang akan diukur atau diamati dalam sebuah arti penelitian, sedangkan membuat atau menyusun definisi operasional mengacu pada upaya menjelaskan cara menangkap dengan adanya tindakan mengidentifikasi, membuat, mengukur, menilai, dan lain-lain.

Contoh Definisi Operasional dan Konseptual

Adapun untuk penjelasan atas adanya contoh definisi operasional dan definisi konseptual misalnya saja;

  1. Penelitian

Gambaran yang menujukan adanya bagan terkait dengan definisi operasional dan definisi konseptual dalam penelitian misalnya saja;

Variabel Penelitian Definisi Operasional Definisi Konseptual
Kepuasan Pelayanan Dinas Sosial
  1. Tanggapan pegawai
  2. Kecepatan pelayanan
  3. Kepuasan masyarakat terhadap kinerja
  4. Laporan akhir kepegawaian
Sikap pegawai dinas sosial dalam pemerintahan
terhadap pelayanan kepada masyarakat
  1. Karya Tulis Ilmiah

Proses penyusunan karya tulis ilmiah baik itu tugas akhir, skripsi, tesis, dan lainnya biasanya terdapat bagian penjelasan atas definisi operasional dan konseptual. Untuk sistematika contohnya yaitu;

Judul Karya Ilmiah Definisi Operasional Definisi Konseptual
Stres pada mahasiswa selama satu semester di universitas Bagaimana ‘stres’ akan diukur yang bisa dibedakan berdasarkan pada jumlah mata kuliah yang daimbil, tugas perkuliahan, dan lainnya. Menjelaskan apa yang dimaksud dengan ‘stres’
  1. Proposal Penelitian

Penyusunan dalam pembuatan proposal penelitian kadangkala memerlukan bagian yang memberikan penjelasan terkait dengan definisi operasional dan konseptual. Tentusaja sistematika peletakannya terdapat di BAB 3 yang berisi Metode Penelitian.

Variabel Penelitian Definisi Operasional Definisi Konseptual
Motivasi Berprestasi
  1. Senantiasa tekun untuk bekerja
  2. Sulit untuk santai
  3. Tidak sabar pada ketidakefektifan sehingga berfikir secara kreatif
  4. Menyukai tantangan
  5. Ingin memperoleh umpan balik atas hasil kerjanya
Motivasi berprestasi adalah dorongan yang dilakukan individu untuk mengerjakan segala sesuatu lebih baik daripada orang lain, guna menggapai seperangkat standar, mencoba dengan sangat keras agar berhasil.

Nah, demikianlah bahasan sekaligus kajian yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh definisi operasional dan konseptual dalam variabel penelitian yang terdapat dalam karya tulis ilmiah ataupun proposal penelitian.

Rate this post