4 Tujuan Definisi Operasional dan Manfaatnya

Diposting pada

Tujuan Definisi Operasional dan Manfaatnya

Apa yang dimaksud dengan definisi operasional sejatinya tidak terlepas daripada penentuan metode penelitian yang di ambil oleh peneliti.

Prihal inilah setidaknya salah satu kunci keberhasilan penelitian, selain perencanaan yang matang adalah penggunaan definisi konseptual dalam menjelaskan suatu variabel dan definisi operasional dalam mengukur konsep dan variabel yang tersebut. Disisi lainnya, ada sejumlah tujuan dan fungsi kenapa pembuatan definisi operasional penting.

Definisi Operasional

Definisi operasional adalah semjumlah bagian proses perumusan permasalahan dalam arti penelitian dengan di dasarkan pada sifat-sifat atau hal-hal yang dapat diamati secara langsung. Sehingga akhirnya menjelaskan apa yang harus diukur atau diamati terkait variavel tepat tentang bagaimana mengukur atau mengamatinya.

Tujuan Definisi Operasional

Adapun tujuan dari adanya penyusunan dalam definisi operasional antara lain;

  1. Mampu membuat variabel penelitian diukur

Pembuatan definisi opersional bertujuan agar berbagai macam jenis data dapat dikumpulkan dan dilakukan pengukuran. Atau dengan kata lainnya bisa menguraikan definisi operasional suatu variabel dalam penelitian merupakan hal yang esensial karena agar tidak terjadi kesalahan atau kekeliruan dalam pengumpulan data.

Manfaat Definisi Operasional

Kegunaan dari adanya pembuatan definisi operasional antara lain;

  1. Menjadi panduan pengukuran terhadap variabel

Adanya tahapan dalam langkah mengidentifikasi kriteria yang dapat di observasi dalam pembuatan definisi oprasional sejatinya mampu untuk memudahkan observasi atau pengukuran terhadap variabel. Sehingga pada akhirnya proses pembutan hasil penelitian bisa berjalan dengan pedoman yang jelas.

  1. Menghindari kesalahan penelitian

Kesalahan atau kekeliruan yang terjadi biasa terjadi dalam metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yaitu pengelolaan data, sehingga hasilnya akan menjadi bias atau berbelok arah. Kesalahan tersebut dapat terjadi karena penentuan instrumen penelitian yang tidak tepat serta pembuatan pertanyaan penelitian yang tidak konsisten.

Meskipun demikian, perlu kita ketahui bahwa tidak setiap variabel harus memiliki definisi operasional. Hal itu berlaku untuk variabel yang sudah jelas tanpa ada interpretasi, sehingga tidak perlu dijelaskan melalui definisi operasional.

  1. Memastikan reproduktifitas hasil penelitian

Fungsi definisi operasional variabel ialah sebagai bagian daripada adanya interpretasi, maka setidaknya hal ini mampu mendefinisikan variabel secara operasional menjadi penting untuk memberikan kredibilitas pada metodologi dan untuk memastikan reproduktifitas hasil penelitian.

Contoh Definisi Operasional

Adapun contoh adanya definisi operasional misalnya saja;

  1. Penelitian

Objek dan subjek penelitian yang menjadi bagian daripada contoh penggunaan definisi operasional dapat dilihat dari adanya penelitian tentang lulusan terbaik dalam universitas negeri. Pengukuran untuk kriteria dalam definisi operasionalnya dilihat dari lamanya studi, nilai IPK, prestasi yang diperoleh selama menjadi mahasiswa, dan kemampuan bahasa inggrinya.

Nah, demikinalah penjelasan yang bisa ddibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan adanya tujuan definisi operasional, manfaat, dan contohnya dalam penelitian. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Rate this post