Contoh Degradasi Moral di Masyarakat Indonesia

Posted on

Contoh Degradasi Moral di Indonesia

Degradasi moral menjadi salah satu bahasan yang cukup menarik akhir-akhir ini, bahkan secara sepesifik degradasi dalam prilaku ini dapat mengancam Indonesia sebagai sebuah negara, apalagi pada saat sekarang kita sedang mengalami bonus demografi yang tentusaja dibutuhkan kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta. Sebagai tulisan lebih lanjut artikel ini akan mengulas tentang contoh-contoh degradasi moral di masyarakat Indonesia.

Degradasi Moral

Pengertian degradasi moral adalah penurunan atas pemaknaan nilai yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat. Sehingga apa yang seharusnya dilakukan tidak lagi di Indahkan sesuai dengan norma-norma yang berlaku di kalangan masyarakat. Bahkan proses terjadinya keadaan ini dapat menjadi ancaman bagi segenap element, baik sekolah, keluarga, masyarakat, ataupun yang lainnya.

Contoh Degradasi Moral

Berikut ini beberapa contoh-contoh keadaan yang bisa disebut dengan degradasi moral, antara lain sebagai berikut;

Sekolah

Lembaga pendidikan di Indonesia pada saat ini bisa disebutkan sedang mengalami degradasi moral, hal ini sangatlah terlihat ketika banyak para remaja ketika lulus sekolah mencoret-coret bajunya daripada menyumbangkan kepada orang yang membutuhkan. Padahal di dalam sekolahan sejak dari TK sampai tingkat Perguruan Tinggi (PT) tolong menolong selalu menjadi mata pelajaran.

Remaja

Dalam kehidupan remaja pada saat ini juga tidak terlepas dariadapa degradasi moral yang mengakibatkan kenakalan remaja pada umumnya. Keadaan ini menjadi begitu akut ketika melihat banyak pelajar yang mempergunakaan narkoba sebagai bagian daripada dirinya mencari kepuasaan.

Padahal sudahlah sangat jelas sejatinya pengertian narkoba yang dimanfaatkan dengan tidak sesuai porsi dan kebutuhan kesehatan hanya akan merugikan bagi remaja itu sendiri.

Keluarga

Fungsi keluarga pada saat ini juga tidak terlepas daripada bentuk degradasi moral yang melandanya. Prosesi seperti ini sering terlihat ketika keluarga tidak lagi mendidik anak-anaknya dengan pendidikan yang baik. Misalnya dengan mengenyampingkan pendidikan agama, kenegaraan, yang akhirnya kondisi ini memicu adanya ketimpangan dalam pertumbuhan anak itu sendiri.

Masyarakat

Kehidupan bermasyarakat juga kerapkali mengalami degradasi moral, contohnya dalam kondisi ini misalnya saja adanya deskriminasi yang dilakukan seseorang karena beda suku, budaya, ataupun perbedaan lainnya. Hal inilah setianya akan memicu adanya konfik sosial dalam masyarakat itu sendiri.

Pemuda

Contoh lainnya dalam degradasi moral yang dilakukan dalam pengertian pemuda ini misalnya saja ketika seorang mengakses pronografi secara diam-diam, meskipun sejatinya situs tersebut di blokir oleh pemerintah. Kondisi inilah yang kerapkali kali terjadi.

Indonesia

Secara umumnya degradasi moral juga menjadi ancaman bagi masyarakat Indonesia, dalam hal ini misalnya saja beberapa yang umumnya terjadi adalah tidak amanah ketika menjadi pejabat/menjabat akibatnya menjadi korupsi, pada nilai kejujuran sangatlah di pegang teguh bagi kehidupan di Indonesia.

Nah, itulah tadi pembahasan secara lengkapnya atas materi tentang contoh-contoh degradasi moral di masyarakat Indonesia pada umumnya. Semoga melalui tulisan ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan pembaca. Trimakasih,

Contoh Degradasi Moral di Masyarakat Indonesia
Rate this post