Manfaat Kritik Sastra

Diposting pada

Manfaat Kritik Sastra

Pada hakekatnya terdapat cabang ilmu sastra yang mengenai analisis teks yang biasa disebut sebagai kritik sastra. Berbagai bentuk karya sastra seperti arti prosa, makna puisi maupun drama dapat dianalisis dengan metode kritik sastra. Dengan adanya kritik sastra tersebut akan membuat karya sastra yang dihasilkan setelahnya akan menjadi berbobot karena kritik sastra menunjukan kekurangan sekaligus juga memberikan perbaikan.

Kritik Sastra

Kritik sastra adalah sumbangan yang diberikan oleh seorang kritikus sastra terhadap dunia sastra dan juga penulis khususnya. Karena secara definisi juga dapat disebutkan bahwa kritik sastra merupakan hasil usaha pembaca dalam mencari serta menentukan paham-paham dan juga nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah karya sastra.

Seseorang yang terlatih kepekaanya serta mencintai dalam bidang sastra akan sangat mudah melakukan kegiatan kritik sastra. Karena dengan kepekaan yang sudah dimiliki akan sangat mudah menemukan nilai khusunya dan juga kekurangan serta kelebihan salam suatu karya sastra.

Sehingga diperlukakan pula kemampuan membeda-bedakan serta kejernihan budi untuk mennetukan nilai dalam suatu karya sastra. Perlu keuletan dan ketelatenan dalam menggeluti bidang kritik sastra. Karena seorang kritikus sastra harus secara sukarela menetralkan pikiran untuk menyelam dalmai sastra sehingga dapat menemukan nilai yang tepat dalam suatu karya sastra.

Manfaat Kritik Sastra

Adapun manfaat adanya kritik sastra, dapat dipisahkan mejadi 3 bagian, yaitu:

Bagi penulis

Bagi penulis, kritik satra bermanfaat untuk;

  1. Sudah disebutkan bahwa kritik sastra memiliki tujuan keakadmeisan. Oleh karena itu tidak heran apabila melakukan kegiatan kritik sastra akan memberikan wawasan tambahan bagi penulis. Karena penulis ataupun seorang kritiku sastra akan mengasah lagi teknik bersastra dengan tema-tema serta tulisan yang berbeda dari setiap karya sastra yang memiliki ciri khas masing-masing.
  2. Kritik sastra dapat menumbuhkan motivasi seseorang untuk menulis. Dari kegiatan menilai serta mengklasifikasikan karya sastra membuat seorang kritikus ssatra ataupun penulis memiliki ide taupun gagasan yang dapat menghasilkan karya sastra yang baru.
  3. Pengalaman dalam menilai karya sastra juga dapat dijadikan pedoman untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Karena dari kegiatan menghasilkan pengalaman yang menjadi pedoman untuk menghasilkan karya sastra yang lebih baik dari sebelumnya.
  4. Kegiatan kritik sastra dapat meningkatkan kualitas tulisan. Dari tulisan sudah mengalami proses penilaian kritik sastra akan diketahui kelebihan serta kekurangan yang ada. Sehingga dapat dihasilkan karya yang lebih berkualitas serta lebih berbobot dari karya sebelumnya.

Bagi pembaca

Sedangkan bagi pembaca, manfaat dalam kritik satra antara lain;

  1. Dengan melakukan kegiatan kritik sastra dapat menjembatani antara pembaca dengan karya sastra. Pembaca yang semula belum paham mengenai intisari dari sebuh karya sastra dengn membaca hasil dati kritik sastra dapat membantu menfasirkan pemahaman dari suatu karya sastra yang ada.
  2. Selain itu kecintaan pembaca akan karya sastra juga akan bertambah. Setelah proses pengikhtisara akan terlihat kelebihan yang ada dalam suatu karya sastra. Nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra akan muncul sehingga pembaca akan dapat lebih menyukai karya sastra.
  3. Kritik sastra juga dapat meningkatkan kemampuan mengapresiasi karya sastra. Tidak semua karya sastra dapt diterima oleh pembacanya oleh karena itu penilaian karya sastra sangat diperlukan. Mengingat akan terlihat kelebihan serta kekurangan dari karya sastra.
  4. Kritik sastra dapat mebantu pembaca menemukan nilai-nilai yang terkanding dalam karya sastra. Tidak semua karya sastra secara eksplisit mencantumkan pemikiran penulisnya. Oleh karena itu tidak jarang pembaca harus bekerja keras menemukan intisari dari sebuha karya sastra.
  5. Melalui proses kritik sastra dapat membantu pembaca dalam menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra yang secara tesembunyi dituliskan oleh penulis atau penyair.

Perkembangan sastra

Sedangkan fungsi adanya kritik satra. Antara alain;

  1. Dengan melakukan kegiatan kritik sastra dapat mendorong pertumbuhan karya sastra dalam hal kualtas maupun kuantitas. Karya sastra yang sebelumnya memiliki kekurangan dapat diperbaiki. Karya sastra yang sebelumnuya jumlahnya masih sedikit dapat ditambah jumlahnya dengan adanya kegiatan kritik sastra.
  2. Dapat memperluas penegtahuan mengenai apa saja permasalahn dalam dunia sastra. Dengan kegiatan kritik sastra seorang kritikus sastra dapat secara legal untuk mengemukakan apa saja permasalahan yang masih terkandung dalam sebuah karya sastra disertai bukti-bukti yang memadahi.

Maka itulah tadi penjelasan lengkap terkait mata pelajaran bahasa Indonesia tentang manfaat kritik satra bagi penulis, pembaca, dan perkembangan sastra itu sendiri. Semoga memberikan pemahaman yang mampu meningkatkan pengetahuan. Trimakasih,