Contoh Kutipan Langsung dan Cara Menulis Kutipan Langsung

Diposting pada

Contoh Kutipan Langsung

Indonesiastudents.com Penulisan kutipan langsung penting untuk dilakukan, hal ini dikerenakan tanpa menyertakan kutipan dalam karya tulis, baik esai, artikel, opini, tesis, skripsi, atau yang lainnya bisa menjadi masalah. Bahkan masalah yang paling kejam atau besar adalah anggapan bahwa tulisan kita termasuk plagiarisme atau copy paste dari sumber tertentu tanpa menyertakan penulis sebelumnya. Barangkali karena alasan tersebut artikel ini akan contoh kutipan langsung menjelaskan bagimana cara menulis kutipan langsung.

Pengertian Kutipan Langsung

Kutipan langsung adalah kutipan yang dibuat kerana idea atau konsep orang lain yang disalin sesuai dengan aslinya. Tanpa merubah bentuk tulisan dan maknanya, sederhananya idea tau gagasan tersebut ditulisan sama persis sesuai dengan asilinya

Cara Menulis Kutipan Langsung

Cara menulis kutipan langsung hal pertama yang dilakukan dengan terlebih dahulu menyebutkan nama pengarang yang ada disetiap tulisan yang dibuatnya, langkah kedua tahun terbit, dan langkah terkhir ialah menyebutkan halaman kalimat atau teks yang disalin dari tulisan sebelumnya.

Contoh Kutipan Langsung

Berikut inilah beragam jenis-jenis mengenai contoh kutipan langsung yang bersumber dari buku;

Koentjaraningrat (1974) mengatakan nilai budaya adalah faktor mental yang menentukan perbuatan seseorang atau masyarakat.

Jenis Kutipan Langsung

Kutipan langsung dibedakan menjadi dua jenis, pertama adalah kutipan langsung pendek dan yang kedua adalah kutipan langsung panjang. Perbedaan ini bisaa dilakukan oleh penulis dalam menungkan gagasannya melalui jasil penelitian, esai, opini, skripsi, atau yang lainnya.

Kutipan langsung pendek

Kutipan langsung pendek adalah jenis kutipan yang dilakukan dalam mengungkap kalimat yang dikutip oleh seorang penulis yang ktidak lebih dari 40 (empat puluh) kata. Kutipan langsung pendek dituliskan dalam teks dengan memberi tanda petik di awal dan di akhir kutipan.

Contoh Penulisan Kutipan Langsung Jika Nama penulis tidak disebutkan dalam kalimat

She stated, “Students often had difficulty using APA style,” (Jones, 1998, p. 199), but she did not offer an explanation as to why.

Contoh Kutipan Langsung Jika Nama penulis disebutkan dalam kalimat

According to Jones (1998), “Students often had dificulty using APA style, especially when it was their first time” (p. 199).

Jones (1998) found “students often had difficulty using APA style” (p. 199); what implications does this have for teachers?

Kutipan langsung panjang

Kutipan langsung panjang bisa diartikean sebagai kalimat yang dikutip oleh penulis kepada penulis lain, dimana tulisan tersebut lebih dari 40 kata. Kutipan langsung panjang sendiri ditulis dalam paragraf, dengan jarak 5 ketuk atau spasi dari margin kiri, dan tetap dalam jarak 1,5 spasi (seperti teks aslinya).

Contoh Kutipan Langsung Panjang Jika Nama penulis tidak disebutkan dalam kalimat

She stated: Students often had difficulty using APA style,especially when it was their first time citing sources. This difficulty could be attributed to the fact that many students failed to purchase a style manual or to ask their teacher for help. (Jones, 1993, p. 199).

Dari penjelasna mengenai contoh kutipan langsung dan cara membuatnya dengan mudah di atas, sejatinya penulisan kutipan langsung proses penelitian yang tidak terlupakan. Proses penelitian tersebut yang dimaksud adalah membaca dari berbagai sumber sesuai dengan topik yang diteliti untuk menghasilkan idea atau analisis baru yang dipresentasikan dalam sebuah hasil penelitian. Proses ini bisa terjadi karena sebelum menulis karya non fiksi seseorang harus terlebih dahulu menyertakan tulisan lainnya, atau hasil tulisan penelitian orang lain sebagai landasan penguatan karya kita atau sebagai bentuk dukungan dari tulisan yang akan kita buat.

Dalam perjalannya ide atau hasil penelitian orang lain yang telah kita buat tersebut harus dituliskan sebagai kutipan. Adapun untuk contoh kutipan langsung yang dilakukan harus sama dengan format yang dipakai pada penulisan daftar referensi. Berikut ini akan diulas tentang contoh kutipan langsung dan cara menulis kutipan langsung yang sudah sesuai dengan kaedah yang biasa dijadikan standar bagi seluruh penulis di dunia, termasuk di Indonesia dan lembaga yang ada di dalamnya.

Artikel Terkait;

  1. 5 Perbedaan Kutipan Langsung dan Kutipan Tidak Langsung
  2. Contoh Kutipan Tidak Langsung dan Pengertian Kutipan Tidak Langsung
  3. Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

Demikianlah ulasan tentang contoh kutipan langsung dan cara menulis kutipan langsung yang berlaku dan banyak dugunakan di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Biasanya penulisan ini seringkali dilakukan bagi penulis opini, esai, artikel, skrispi, atau yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *