2 Contoh Penelitian Kausal Komparatif yang Bisa Dipergunakan

Diposting pada

Contoh Penelitian Kausal Komparatif

Penelitian yang mempergunakan metode kausal komparatif pada hakikatnya menjadi salah satu bagian yang seringkali ditemukan dalam beragam topik riset. Misalnya saja untuk tema sosial yang mengangkat terkait adanya perbandingan antara kebijakan satu dengan kebijakan lainnya. Atau dalam penelitian dalam arti pendidikan yang menujukan adanya penerapan kurikulum tahun ini dengan tahun sebelumnya.

Oleh karena alasan itulah, pada artikel ini secara singkat akan memberikan penjelasan sekaligus pengulasan terkait dengan contoh studi yang mempergunakan metodologi penelitian kausal komparatif.

Penelitian Kausal Komparatif

Penelitian kausal komparatif yang dikenal dengan Bahasa Inggris dengan causal cooperative research ialah bentuk penelitian yang dilakukan dengan bertujuan menarik adanya kesimpulan tentang ada ataupun tidaknya hubungan sebab-akibat diantara variabel penelitian yang diteliti.

Sehingga prihal inilah, menujukan adanya kategori variabel independen bersifat dimanipulasi, akan tetapi peserta kelompok tidak ditugaskan secara acak. Sehingga pantas saja, jikalau metode penelitian ini digunakan dalam pengaturan lapangan di mana tugas acak tidak relevan atau tidak diperlukan.

Contoh Penelitian Kausal Komparatif

Adapun untuk contoh riset yang mempergunakan metode dalam penelitian kausal komparatif misalnya saja;

  1. Pendidikan

Topik terkait dengan pendidikan yang bisa diberikan contoh penggunaan metode ini misalnya saja adanya perbandingan yang terjadi di antara pendidikan dengan sistem online (daring) dengan pengajaran dengan sistem offline (luring).

  1. Karya Tulis Ilmiah

Penyusunan dalam karya ilmiah yang biasa dibuat dengan tugas tertentu juga bisa mempergunakan metode penelitian kausal komparatif. Prihal ini bisa saja mengangkat topik terkait dengan Sistem Manajemen Gas Buang Pada Industri dan Pembangkit Listrik dengan penerapan konvensional dengan penerapan mempergunakan inovasi yang dipergunakan.

Biasanya untuk proses penyusuannya sendiri memberikan gambaran perbandingan dengan bentuk tabel yang terperinci. Misalnya saja sistematika penulisan tabel tersebut ialah;

Pembanding Sebelum Penerapan Sesudah Penerapan
Emisi Gas Polutan Sangat tinggi dan mencemari lingkungan Sangat rendah dan ramah lingkungan
Suhu global Terus mengalami peningkatan Stagnan dan berpotensi menurun
Kesehatan masyarkat Berdampak secara tidak langsung bagi
kesehatan sistem pernapasan manusia
Tidak memengaruhi kesehatan
manusia
Regulasi Tidak menentu Didukung oleh banyak pihak
Sumber daya Energi fosil terus dieksploitasi Proses Geosequestration mendorong terbentuknya energi baru

Nah, itulah saja contoh desain metode penelitian kausal komparatif dan penjelasannya. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Rate this post