2 Contoh Penulisan Teknik Pengumpulan dan Analisis Data dalam Penelitian/Karya Ilmiah

Diposting pada

Contoh Teknik Pengumpulan dan Analisis Data

Teknik pengumpulan dan analisis data dalam setiap proposal penelitian ataupun karya tulis ilmiah akan senantisa mudah ditemukan. Alasannya karena bagian ini secara sistematis berada dalam urutan BAB 3 yang berisi metode penelitian.

Oleh karena itulah, sebagai penggabaran sekaligus pengulan lebih lanjutnya dalam artikel ini akan membagikan tentang sistematika penulisan teknik pengumpulan data dan teknik analisis data untuk proposal penelitian maupun karya ilmiah.

Teknik Pengumpulan dan Analisis Data

Teknik dalam proses pengumpulan data dan analisis data untuk setiap penelitian haruslah sesuai dengan metode apa yang dipergunakan. Umumnya setiap bentuk karya tulis seperti skripsi, tesis, dan makalah memiliki beragam metodologi untuk memperoleh hasil penelitian.

Secara pastinya, bagian metode ini bisa memilah penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian campuran.

Contoh Teknik Pengumpulan dan Analisis Data

Adapun untuk contoh penulisan dalam teknik pengumpulan dan analisis data yang bisa kalian pergunakan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja;

  1. Proposal Penelitian

Pembuatannya dijadikan menjadi satu bagian yang saling berurutan. Sistematika kepenulisannya yaitu;

Teknik Pengumpulan dan Analisis Data

Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam proposal penelitian yaitu studi literatur dengan mencari berbagai sumber referensi kredibel, seperti buku, jurnal, dan hasil penelitian lain yang relevan. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan menguatkan serta menajamkan pembahasan yang telah ada karena didukung dengan berbagai sumber dan data yang akurat serta masih memiliki keterkaitan sehingga mampu memudahkan tahap implementasi sistem 4CS.

Teknik Analisis Data

Teknik analisis data dalam proposal penelitian ini meliputi:

  1. Pengumpulan data, data dikumpulkan untuk selanjutnya diambil bagian-bagian yang paling relevan dengan gagasan yang sedang dibahas.
  2. Reduksi data, merupakan analisis yang berfungsi menajamkan, mengelompokkan, mengarahkan, serta mengorganisasikan data hingga diperoleh kesimpulan akhir dari data yang telah diperoleh.
  3. Penarikan kesimpulan, teknik ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah. Penulisan ini diuraikan secara detail mengenai desain dan konsep kerja dari 4CS, mulai dari perancangan hingga perakitan serta teknik implementasinya.
  1. Karya Ilmiah

Sistematika kepenulisan dalam teknik analisis data untuk karya tulis ilmiah bisa dibuat lebih singkat di bandingkan dengan proposal penelitian. Kepenulisannya yaitu;

Teknik Pengolahan Data

Pengolahan Data

Miles dan Huberman (Sugiyono, 2010), mengemukaakn bahwa bagian data yang telah terkumpul kemudian dianalisis terhadap sumber-sumber data yang relevan. Tahapan analisis yang dimaksud diantaranya sebagai berikut:

  1. Reduksi Data

Reduksi data adalah proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyderhanaan, pengabstrakan, dan transportasidata “kasar” yang muncul dari catatan-catatan tertulis di lapangan. Proses reduksi data ini memiliki fungsi untuk mempertegas, mengelompokka, mempersinkat dan memfokuskan data serta membuang data yang tidak penting agar simpulan yang diambil tidak keliru.

  1. Penyajian Data

Penyajian data yang dilakukan dalam karya ilmiah ini adalah dengan menampilkan data-data hasil anailis secara lengkap dan sistematis sesuai dengan permasalahan yang diangkat. Data yang telah tertata dan terorganisasi kemudian dijabarkan secara deskriptifkualitatif dalam bentuk tulisan maupun gambar sehingga tidak hanya menekankan pada angka agar karya ilmiah kami menarik untuk dibaca.

Dalam penyajian data secara deskriptifkualitatif ini didasarkan pada kajian pustaka dan menggunakan sumbersumber data yang relevan dengan topik, sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas terhadap objek kajian.

  1. Penarikan Kesimpulan

Penarikan kesimpulan adalah bagian yang menjadi proses akhir dalam proses pengelolaan data. Penulisannya disesuikan dengan hasil penelitian ataupun temuan yang telah di jabarkan.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh penulisan teknik pengumpulan data dan teknik analisis data dalam karya tulis ilmiah dan proposal penelitian dengan metode kualitatif ataupun kuantitatif.

Rate this post