2 Contoh Tahapan Penulisan dalam Penelitian dan Karya Tulis

Diposting pada

Contoh Tahapan Penulisan

Bagian dalam pembuatan tahapan penulisan dalam arti penelitian ataupun karya tulis ilmiah seperti halnya tesis, desertasi, skripsi, ataupun makalah sejatinya penting untuk dicantumkan. Semua ini tidak terlepas daripada bagian BAB 3 yang berisi metode penelitian.

Disisi lainnya, proses penulisan efektif dimulai dengan tahapan awal yang berupa pengumpulan jenis data kemudian disusun dengan sistematika terkait bagimana pengelolaan yang seharusnya dilakukan guna mendapatkan hasil maksimal. Oleh karena itulah, pada artikel ini akan menguraikan tentang contoh pembuatan tahapan penulisan dalam karya tulis ilmiah ataupun penelitian.

Tahapan Penulisan

Tahapan penulisan adalah bagian yang memberi penjelasan terkait bagimana suatu hasil penelitian yang sesuai dengan topik dapat ditemukan hingga akhirnya menjadikan temuan tersebut bisa diterima sekaligus berkategori ilmiah.

Tidak ada aturan sistematis yang harus disusun namun pastinya, semua susunannya secara garis besar memberikan efesiensi atas karya yang telah dibuat.

Contoh Tahapan Penulisan

Agar memberikan penjelasan yang lebih memahamkan. Berikut ini adalah sistematika yang bisa diambil dalam menyusun tahapan penulisan.

  1. Penelitian

Hal pertama ketika membuat maupun menyusun tahapan penelitian tentusaja harus berfokus pada tema yang diangkat. Kemudian dibuat urusan sistematis terkait penjelasannya. Misalnya saja;

Tahapan Penelitian
  1. Observasi Limbah Dan Bahan Yang Digunakan

Dalam pemilihan air limbah laundry dan bahan yang digunakan, kami memilih air limbah laundry kawasan lingkar kampus Universitas Negeri Jakarta. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.82/2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air, sampel air yang masuk kedalam kategori kelas satu atau paling baik dengan baku mutu COD 10 mg/L adalah sampel air tanah di Desa Rumah Tiga dengan konsentrasi COD 7.512 mg/L. Sampel air tanah yang masuk kategori kelas tiga atau paling buruk dengan baku mutu 50 mg/L adalah sampel air tanah Desa Rumah Tiga.

  1. Pembuatan Air Limbah Laundry Menjadi Listrik

Pembuatan air limbah laundry menjadi listrik dengan mengkombinasikan abu gosok dengan air limbah laundry dengan perbandingan 1:4 dengan metode kongulasi.

  1. Uji Daya Hantar Listrik

Uji daya hantar listrik dilahkukan untuk mengetahui potensi listrik air limbah laundry menggunakan abu gosok dengan lokasi perlakuan yang berbeda pasa setiap sampel.Uji tersebut menggunakan metode elektrolisis.

  1. Karya Tulis Ilmiah

Adapun untuk bentuk susunan dalam penulisan untuk tahapan dalam karya ilmiah. Baik skripsi, makalah, atau lainnya tidaklah jauh berbeda. Hanya saja fokusnya lebih pada temuan yang telah dipaparkan. Prihal ini contohnya;

Tahapan Penulisan

Tahapan Penulisan

Penulisan karya tulis ilmiah ini terdapat 7 tahap, yakni:

  1. Mengkaji data tentang permasalahan yang berkaitan dengan meningkatnya polusi udara di Indonesia dalam dua dekade terakhir.
  2.  Mengidentifikasi permasalahan terkait topik yang sedang dikaji.
  3. Membuat rumusan masalah sesuai dengan fokus-fokus permasalahan yang sedang dikaji.
  4. Mengumpulkan data dan materi terkait fokus permasalahan guna mendukung ketajaman analisis permasalahan yang ada.
  5. Menggambarkan desain 4CS menggunakan software Blender (www.blender.org) beserta penjelasannya.
  6. Menganalisis dan membahas bagaimana konsep kerja 4 CS yang diusulkan.
  7. Menarik kesimpulan berdasarkan rumusan masalah yang ada.

Nah, demikianlah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan beragam contoh pembuatan tahapan penulisan dalam penelitian dan karya tulis ilmiah. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi semuanya yang sedang membutuhkannya.

Rate this post