2 Contoh Pelaksanaan Proposal Penelitian dan Jadwalnya

Diposting pada

Contoh Pelaksanaan Proposal Penelitian

Penulisan sekaligus pembuatan dalam jadwal pelaksanaan proposal penelitian ataupun karya tulis ilmiah menjadi bagian yang tidak boleh dihilangkan. Baik untuk sistematika skripsi, desertasi, tesis, ataupun lainnya. Alasannya karena dengan adanya jadwal pelaksanaan penelitian ini semua yang diagendakan bisa selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Disisi lainnya, yang harus pula diketahui bahwa penulisan jadwal pelaksanaan ini bisa dalam bentuk tabel yang merinci adanya kegiatan yang berlangsung. Oleh karena itulah, untuk memberikan penjelasan lengkap berikut contoh yang bisa dipergunakan.

Pelaksanaan Penelitian

Bagian pelaksanaan penelitian secara sistematis terletak padaa bagian BAB 3 yang berisi tentang metode penelitian bersamaan dengan langkah penelitian, pemilihan lokasi dan waktu, serta bagian penting lainnya. Untuk sistematikanya dibuat sesuai dengan topik yang diangkat. Sehingga nantinya mampu mendapatkan hasil yang maksimal.

Contoh Pelaksanaan Penelitian

Adapun untuk proses dalam membuat contoh kepenulisan dalam pelaksanaan penelitian. Misalnya saja;

  1. Pelaksanaan Penelitian

Pelaksanaan Penelitian

Persiapan

Kegiatan yang dilakukan dalam proposal penelitian adalah pengumpulan bahan dan alat yang akan dijadikan objek penelitian, serta pengumpulan data kepustakaan yang diperlukan dalam penelitian tersebut.

Langkah Kerja

Adapun prosedur kerja penelitian ini sebagai berikut :

  1. Siapkan alat-alat yang digunakan untuk percobaan.
  2. Ambilah air laundry sampel sebanyak 100 ml.
  3. Selanjutnya tambahkan abu gosok dengan perbandingan 1:4
  4. Aduk dan ratakan sampel dan bahan aktif abu gosok.
  5. Setelah itu, susun elektroda dan rangkaian paralel.
  6. Lakukan uji coba energi listrik menggunakan voltmeter dan lampu LED 0,7volt
  7. Catatlah pengamatan dalam buku pengamatan.

Pengamatan

Teknik pengamatan dilakukan antara lain mengamati besarnya energi listrik yang dihasilkan masing-masing sampel dan dilakukan perbandingan untuk ditarik kesimpulan.

Data yang dikumpulkan

Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah tingginya voltase pada masing-masing air sampel dipengaruhi oleh perlakuan air dilokasi tersebut untuk ditarik kesimpulan

Analisis Data

Setelah data dikumpulkan, selanjutnya dilakukan analisa data dengan memasukkan data tersebut dalam bentuk grafik dan tabel.Pembahasan dilakukan secara deskriptif dengan membandingkan masing-masing berdasarkan energi yang dihasilkan oleh sampel.

  1. Jadwal Pelaksanaan Penelitian

Sedangkan untuk sistematika dalam kepenulisan jadwal pelaksanaan dalam penelitian biasanya dibuat dengan susun tabel dengan keterangan waktu di dalamnya. Pembuatannya misalnya;

Jadwal Pelaksanaan Penelitian

Contoh Jadwal Pelaksanaan Penelitian

Nah, demikianlah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh pelaksanaan dalam proposal penelitian dan jadwalnya. Semoga saja bisa memberikan pemahaman bagi kalian yang sedang membutuhkan referensinya.

Rate this post