Daftar Isi Makalah yang Baik Beserta Contohnya Terlengkap

Diposting pada

Daftar Isi Makalah yang baik

Menuliskan daftar isi dalam makalah adalah yang sangat penting, sebab daftar isi tersebut akan menunjukan kepada para pembaca tentang apasaja yang terdapat dalam makalah yang telah kita buat. Daftar isi dalam kalah ilmiah biasanya terdiri dari Bab, judul tulisan, dan juga nomor halaman. Sederhannya contoh daftar isi makah dapat diartikan sebagai berikut:

Daftar Isi

Daftar isi dapat diartikan sebagai bagian awal dalam proses pembuatan karya tulis ilmiah, yang berisi rangkaian dari beberapa judul yang berada pada setiap tulisan baik makalah, esai, karya tulis ilmiah, jurnal, skripsi, tesis, atau lainnya yang disertai dengan nomor halaman.

Daftar isi selalu ditemukan dalam setiap makalah, baik dalam makalah ilmiah, makalah tugas, serta jenis makalah lainnya. Alasannya diperlukan daftar isi ini lantaran menjadi bagian daripada bab pendahuluan dalam makalah yang berfungsi memperjelas isi serta analisa dalam makalah.

Fungsi Daftar Isi

Fungi dibuatnya daftar isi dalam sebuah makalah, antara lain adalah sebagai berikut;

Mempermudah Pembaca

Fungsi pertama dalam pembuatan daftar isi ini ialah berfungsi untuk mempermudah pembaca mencari halaman yang diperlukan. Oleh karenannya biasa dalam daftar isi yang mudah di baca pembuat selalu mencantumkan makalah yang sesuai dengan apa yang ada dalam karya ilmiahnya.

Menggambarkan Keseluruhan Isi

Fungsi selanjutnya dalam proses pembuatan dalam daftar isi ini sendiri ialah berfungsi untuk menggambarkan keseluruhan isi makalah. Keseluruhan isi makalah menjadi sub bab yang sangat penting, lantaran dengan keseluruhan isi makalah dapat melihatnya melalui daftar isi.

Memisahkan Bagian Awal dan Akhir

Fungsi selanjutnya dari proses pembuatan daftar isi dalam makalah ialah akan gunannya untuk memisahkan bagian awal makalah, isi makalah, dan penutup makalah. Bagian ini secara jelas dipisahkan dalam daftar isi lantaran biasanya dituliskan dalam bentuk bold.

Perlu juga dipahami kepada pembaca, bawasanya daftar isi dibuat oleh penulis bukan hanya mencantumkan tentang isi tulisan, tetapi juga dibuat tentang tabel yang digunakan dalam makalah, untuk pembuatan daftar isi tabel seharusnya memang dipisahkan halamannya dari daftar isi yang utama atau yang pertama. Daftar isi tabel diletakan halaman dua, setelah daftar isi utama.

Struktur yang terdapat dalam daftar isi makalah harus sistematis agar daftar isi tersebut dianggap baik. Adapun struktur yang benar dalam pembuatan daftar isi makalah akan dicontohkan dalam makalah ini. Makalah ini dibuat untuk tugas perkulihan, sehingga bagi kalian yang sedang mengerjakan tugas makalah, baik untuk pelajar SMP, SMA, ataupun mahasiswa semoga sedikit banyak akan terbantu dengan daftar isi yang akan dicontohkan ini.

Contoh Daftar Isi Makalah

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ……………………………………. i

KATA PENGANTAR…………………….. ii

DAFTAR ISI …………………….. iii

BAB I PENDAHULUAN …………………….. 4

1.1 Latar Belakang …………………… 4

1.2 Rumusan Masalah ………………. 5

1.3 Tujuan ………………………. 5

BAB II PEMBAHASAN …………………… 6

2.1 Pengertian Hukum dan Perubahan Sosial …………….. 7

2.2 Bentuk-bentuk Perubahan Sosial……….. 9

2.3 Aspek-aspek Perubahan Sosial yang Berhubungan dengan Perubahan Hukum …………. 11

2.4 Penegakkan Hukum dan Perubahan Sosial Masyarakat dalam Mencapai Pembangunan ………. 15

2.5 Kaitan Perubahan Sosial dengan Sosiologi Hukum ……….. 18

BAB III PENUTUP …………………………. 21

Kesimpulan ………………… 21

DAFTAR PUSTAKA ………………… 22

Contoh Daftar Isi Makalah Tugas Perkulihan

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ………………………………………. i

KATA PENGANTAR ………………………….. ii

DAFTAR ISI………………….. iii

BAB I PENDAHULUAN………………. 4

1.1 Latar Belakang ……………. 4

1.2 Permasalahan…………………. 5

BAB II PEMBAHASAN ……………. 6

2.1 Bab 2 Falasia (Kesesatan) ……………………………………………………………………….. 5

2.2 Bab 3 Pengertian, Term, Klasifikasi………………. 9

2.3 Bab 4 Putusan, Proposisi, Definisi…….. 15

2.4 Bab 5 Penalaran Induktif dan Deduktif…………. 19

2.5 Bab 6 Penyimpulan Oposisional Dan Konversi…………….. 23

BAB III PENUTUP …………………. 36

3.1 Kesimpulan ………………………………….. 36

3.2 Saran ………………………………………………….. 36

DAFTAR PUSTAKA……………………………………….37

Demikianlah untuk penulisan daftar isi makalah beserta contohnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Pelajar Indonesia (Indonesia student). Sebagai catatan akhir untuk penulisan halaman dalam daftar isi yang baik adalah dengan nubering huruf bukan angka, misalnya adalah i, ii, iii. Alsannya menggunakan numbering huruf karena daftar isi bagian daripada awal makalah bukan isi makala atau penutup makalah. Trimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *