9 Pengertian Primordialisme Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Primordialisme Menurut Para Ahli

Primordialisme pada dasarnya berasal dari Bahasa Latin yaitu primus (pertama) dan ordiri (tenunan atau ikatan). Sehingga prihal inilah primordialisme menjadi salah satu pelajaran penting dalam disiplin arti kebudayaan, seperti sosiologi dan antropologi.

Dalam dua ilmu kebudayaan (sosiologi/antropologi) primordialisme bahkan dipergunakan untuk menggambarkan suatu bentuk ikatan manusia di dalam kehidupan sosial, ikatan tersebut seperti suku bangsa, ikatan klan, ras, kekeluargaan, daerah kelahiran, dan agama. Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut mengenai arti primordialisme tersebut.

Primordialisme

Primordialisme adalah paham yang dimiliki manusia untuk berkelompok yang berdasarkan atas suku-suku bangsa (ethnic group), kesamaan ras, kesamaan budaya, dan juga persamaan lainnya yang bersifat absolut. Pada umumnya primordialisme dapat kita perhatikan dalam kehiudupan bermasayarakat, seperti adanya paguyuban minang kabau, paguyuban sunda, dan kelompk-kelompok lainnya.

Pengertian Primordialisme Menurut Para Ahli

Adapun definisi primordialisme menurut para ahli, diantaranya;

  1. William G. Sumner

Mengartikan bahwa bahwa primodialisme adalah persamaan persaudaraan yang ditunjukkan dengan kerja sama, yang saling membantu dan saling menghormati serta memiliki persamaan solidaritas, kesetian terhadap kelompoknya dan kesedian berkorban demi kelompok.

  1. Charles Horton Cooley

Menurutnya, primordialisme adalah kelompok primer yang menentukan kepribadian manusia dalam menjalani kehidupannya. Kelompok primer cenderung dibawa oleh seseorang sejak lahir sehingga timbul adanya perasaan bersama untuk membebntuk kesatuan (primordial atau primordialisme).

  1. Fadli Iblaze

Memberikan definisi primordialisme sebagai paham yang pertama kali dikenal seseorang ketika mengalami pertumbuhan, sehingga hal tersebut mendorong pola perilaku khas dalam membertuk ikalan kelompok yang sama.

  1. Ilyas Smt

Mengartikan makna primordialisme sebagai ide bersama dari anggota masyarakat yang mempunyai kesamaan untuk berkelompok berasarkan suku bangsa, atau bidang-bidang lainnya, seperti idiologi, agama, dukungan politik, dan kepercayaan.

  1. Wikipedia

Memberikan pemahaman bahwa primordialisme adalah paham yang berausaha untuk memegang teguh kebiasaan/adat yang dibawa sejak kecil, baik hal tersebut mengenai tradisi, kepercayaan, adat-istiadat , atau segala sesuatu yang dibawa sejak lahir.

  1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Memberikan arti primordialisme sebagai perasaan kesukuan yang berlebihan.

  1. Robuskha and Shepsle

Memberikan pengertian primordialisme sebagai loyalitas yang dilakukan seseorang secara berlebihan terhadap budayanya, seperti suku bangsa, agama, ras, kederahan, dan keluarga.

  1. Stephen K. Sanderson

Mengartikan sprimordialisme sebagai pandangan bahwa identitas etnis adalah hal yang melekat pada individu sehingga sulit dihapuskan atau dihilangkan.

  1. Ramlan Surbakti

Menurutnya, primordialisme adalah keterkaitan seseorang untuk berkelompok yang bedasarkan ikatan kekerabatan, suku bangsa, dan adat-istiadat. Sehingga kehidupan berkelompoknya tersebut melahirkan pola perilaku serta sita-cita yang sama.

Kesimpulan

Dari penjelasan menurut para tokoh tersebut dapat dikatakan bahwasanya primordialisme ialah serangkaian bentuk pandangan atau paham yang dibawa seseorang sejak lahir untuk membentuk ikatakan dan kelompok yang sesuai sejak ia lahir, seperti pesamaan suku, budaya, ras, atau golongan.

Primordialisme yang terlalu kuat dapat berdampak positif akan tetapi adanya primordialisme juga berdampak negatif. Dampak positif dari primordialisme yakni dapat mempersatukan tali persaudaraan, sedangkan dampak negatif primordialisme dapat membuat seseorang kurang terbuka (tertutup) terhadap perbdaan yang ada.

Demikianlah pengertian primordialisme menurut para ahli, semoga dengan adanya arti primordialisme ini dapat memberikan wawasan sekaligus pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mengulas lebih dalam tentang “primordialisme”.

Rate this post