5 Daftar Lomba Mahasiswa Yang Bisa Menjadi Referensi Untuk Lebih Berprestasi

Diposting pada

indonesiastudents.com Menjadi mahasiswa bisa dikatakan sebagai peluang sekaligus kesempatan bagi kita, untuk lebih bisa mengasah kemampuan. Baik kemampuan intelektual ataupun kemampuan spiritual yang ingin di dapatkan. Sehingga harapan besarnya setalah lulus nanti menjadi bekal dikehidupan mendatang. Bukan saatnya lagi, ketika menjadi sosok mahasiswa kamu hobi untuk bermain, menghambur-hamburkan uang, apalagi sampai menyusahkan orang tua. Ingat!, kamu sekarang bukan pelajar SMA yang tiap kali galau karena ditinggal si cinta. Kamu sudah layak dianggap sebagai orang dewasa, sudah seyogyanya  ketika menyandang predikat “Mahasiswa” harus membanggakan orang tua salah satunya dengan mengikuti lomba mahasiswa.

Ada banyak perbedaan ketika menjadi mehasiswa dan menjadi pelajar, baik SD, SMP, SMA atau setaranya. Perbedaan disini tentunya bukan dilihat dari usia, jika dilihat dari usia, tentunya “Mahasiswa” lebih tua #eh maksudnya terlihat dewasa, dan pelajar umumnya adalah remaja yang fikirannya masih rentan dengan delamatis cinta.

Perbedaan paling mencolok ketika menjadi mahasiswa dan pelajar tersebut adalah tentang diaspora pemikiran yang selalu dituntut untuk melestarikan budaya kemandirian di dalam setiap sendi-sendi kehidupan. Kemandirian ketika menjadi mahasiswa salah satunya terealisasi ketika mengikuti Lomba. Lomba yang ada di tingkatan mahasiswa sudah tidak sama dengan lomba ditingkatan pelajar. Tentu kawan!, ketika menjadi mahasiswa mulai dari informasi, biaya sampai pada bimbingan dosen kita yang mencari dan menawarkan diri. Jikalau saat menjadi pelajar ada sosok guru yang membimbing dan membantu sehingga kita tinggal berangkat. Inilah perbedaan yang terasa sangat signifikan dalam khazanah pembahasan lomba mahasiswa dan lomba pelajar.

Pumpung menjadi mahasiswa teruslah berusaha melatih kemandirian itu, agar kelak kehidupanmu bisa lebih terasa gampang. Sebab yang namanya “kemandirian” akan senantiasa menjadi bekal di setiap goresan kita untuk berjuang, harapan besarnya dengan terbiasa hidup mandiri kita mampu menjadi sosok yang penuh inspirasi karena dinilai banyak menorehkan goresan prestasi.

Lomba Untuk Mahasiswa

Upaya banyak menorehkah prestasi, salah satunya adalah mengetahui serta mengikuti banyak perlombaan. Banyak lho perlombaan yang ada ketika kamu menjadi mahasiswa, semuanya bisa menjadi piliahan. Mengingat memang hal ini sangat diperlukan dan umumnya untuk lima perlombaan ini adalah perlombaan besar yang ada disetiap perguruan tinggi di Indonesia.

Singkatnya, berikut lima lomba yang bisa menjadi referensi agar kamu para mahasiswa lebih berprestasi hingga menjadi sosok penuh inpirasi.

Info Lomba Untuk Mahasiswa

Program Kratifitas Mahasiswa, Disini Kamu Belajar Segalanya

Kompetisi atau lomba pertama yang akan membuatmu lebih berprestasi adalah Program Kratifitas Mahasiswa atau lebih dikenal dengan sebutan PKM. PKM selalu di adakan setiap tahun oleh perguruan tinggi di bawah Kemendikbud yang sekarang menjadi Kemenristek Dikti.

PKM mencangkup pada 5 jenis bidang lomba yang diselenggarakan. Diantaranya 5 jenis bidang lomba dalam PKM tersebut adalah PKM-Penelitian, PKM-Teknologi, PKM-Masyarakat atau Pengabdian Masyarakat, PKM-Kewirausahaan, PKM-Karya Cipta dan PKM-Gagasan Tertulis. Umumnya kompetisi PKM ini adalah melatih kratifitas dalam menulis proposal. Nantinya jikalau judul dan gagasan propsalmu menarik sekaligus implemantatif akan mendapatkan dana.

Setelah mendapatkan dana kamu akan menjalankan project yang telah kamu ajukan. Hingga nantinya ada tahap monitoring atau dikenal dengan tahap monev dari pihak Kemenristek DIKTI. Apabila kamu lolos maka kamu layak menjadi wakil dalam Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) disinilah puncak daripada lomba yang bisa mengoreskan banyak prestasimu. Meski sangat susah untuk bisa tembus sampai pada PIMNAS tapi nggak ada salahnya teruslah mencoba, selagi menjadi mahasiswa.

Pemilihan Mawapres Nasional Sebagai Cikal Bakal Agar Namamu Makin Familiar

Pemilihan Mawapres (Mahasiswa Berpretasi Nasional) merupakan ajang yang takalah seru dan menarik sekali untuk di ikuti. Pemilihan Mawapres ini di lakukan oleh Kemenristek DIKTI yang seleksinya diserahkah langsung ke masing-masing perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu agar kamu bisa menjadi peserta haruslah mengikuti seleksi di tingkat fakultas. Setelah menang di tingkat fakultas akan maju dalam seleksi di tingkat Universitas.

Biasanya untuk ditingkat Universitas akan di ambil 3 peserta terbaik dengan 1 orang mewakili ke tingkat nasional. Menjadi penentuan kemenangan dalam seleksi Mawapres antara lain adalah membuat karya tulis, setelah itu penguasaan bahasa asing dan tak lupa juga nilai prestasi serta organisasi memiliki kedudukan penting dalam proses pemilihan Mawapres.

Untuk ketingkat nasional masih tetep sama penilainnya dengan tingkat universitas. Yang membedakan adalah ketika kamu harus diwajibkan memposting video kegitaanya inspirasimu di youtube. Banyak yang ngelike, komentar itu akan menjadi bahan pertimbangan.

Kompetisi Wirausaha Mandiri Lomba Mahasiswa Kewirausahaan Sejati

Bagi yang memiliki cita-cita untuk menjadi pengusaha barangkali ini adalah salah satu kompetisi yang bisa kamu ikuti. Kompetisi ini diselenggarakan oleh bank ternama. Yap!, benar sekali, kompetisi ini diselenggarakan oleh Bank Mandiri. Dimana Bank Mandiri setiap tahunnya mengadakan lomba demi mendorong pengusaha-pengusaha muda bertalenta.

Jikalau kamu minat untuk ikutan segara sipakan usahamu dari sekarang, mumpung menjadi mahasiswa karena banyak lho

lomba-lomba untuk pengusaha itu sebenarnya, ada lomba bissning plan, lomba Proposal Pengusaha Pemula (PMW) hingga berbagai lomba yang di danai oleh kementrian. Apalagi jikalau bisa menang dalam lomba wirausaha mandiri ini, kamu bukan hanya mendapatkan prestasi akan tetepi kamu juga akan mendapatkan hadiah yang lumayan besar, pas banget untuk memberikan suntikan modal, agar usahamu cepat berkembang.

Olimpiade Nasional Yang Di Adakan Oleh Petamina Hingga Kementrian Untuk Lomba Mahasiswa

Pertamina dan kementrian setiap tahunnya selalu menyelenggarakan olimpiade. Olimpiade tersebut di ikuti oleh mahasiswa yang ada di seluruh Indonesia. Olimpiade paling berngengsi ini yang paling fenomenal adalah Olimpiade Nasional bidang Matematika dan IPA atau disingat menjadi ONMIPA. Selain itu ada juga olimpiade dari pertamina sebagai salah satu perusahaaan milik Negara yang terbesar di dunia. Adapun untuk nama olimpiade dari pertamina ini adalah OSN Pertamina.

Bagi kalian, masih mahasiswa baik baru atau yang lama bisa ikutan kompetisi olimpiade ini. Dan hadianya brooo, gede bangat pialanya juga luar biasa besar. So, ayo mulailah giat belajar dan terus berjuang dalam olipiade bergengsi ini. Semoga bisa menang!.

Lomba Olahraga Yang Dinamakan Pekan Olahraga Mahasiswa

Terahir lima lomba yang bisa kamu coba untuk referensi agar lebih berprestasi adalah Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional atau yang disingkat menjadi POMNas. Dalam POMNas ini terselenggara berbagai cabang lomba mulai dari volley, fusal sampai sepak bola. Bahkan ada juga cabang lomba catur.

So, kalian yang nggak hobi nulis, nggak hobi wirausaha, nggak hobi mata pelajaran bisa berprestasi lewat lomba ini. Dengan demikian tentunya sebagai mahasiswa bisa banyak kesempatan utnuk berpretasi kedepan. Jangan hanya diam, siapkan dirimu dari sekarang, teman!.

Baca Juga:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *